Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Merosotnya Penjualan

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Merosotnya Penjualan
Brio menjadi tulang punggung Honda saat penjualannya merosot hingga 80 persen. Setengah lebih penjualan Honda selama corona ditopang oleh si mungil Brio.

Para produsen mobil baru merasakan dampak besar dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di sejumlah wilayah Indonesia. Penjualan mobil turun sangat drastis lantaran banyak dealer harus tutup juga kondisi perekonomian di Tanah Air yang sedang melemah.

Setidaknya hal tersebut tengah dialami produsen mobil PT Honda Prospect Motor. Penjualan mobil-mobil Honda pada April turun hingga 82 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Brio Masih Jadi Tulang Punggung

Penjualan Honda Brio

Penjualan HPM turun drastis karena corona

Honda hanya mampu menjual 1.855 unit secara retail (dari dealer ke konsumen) sepanjang April 2020. Padahal bila merujuk pada data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada April tahun 2019, ada 10.260 unit mobil Honda laris ke tangan konsumen Indonesia. 

>>> Peluncuran Dua Model Baru Ferrari Tertunda karena Coronavirus

"Memang berat di bulan April kemarin, jualan kami tuh hanya 18 persen dibandingkan tahun lalu," jelas Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy dalam ngobrol virtual bersama Forum Wartawan Otomotif, Jumat (8/5/2020). 

Penjualan produsen mobil berlogo 'H' tersebut masih diselamatkan Brio. Disebutkan Billy Brio menjadi tulang punggung Honda selama masa pandemi corona. 

Gencar Tawarkan Home Service

Beragam upaya dilakukan Honda agar penjualannya bisa kembali bergairah. Salah satunya melalui media digital. Billy juga menyebut, penjualan Honda dengan cara digital cukup efektif karena tercatat meningkat. 

>>> Penjualan Hyundai Bulan April Merosot 56,9 persen

Honda Andalkan Brio

Brio menyumbang penjualan terbanyak

>>> Kapan Pelanggar PSBB dan Mudik Dikenakan Denda Rp 100 Juta?

"20 persen digital dia browsing, lihat website, sisanya ya loyalis Honda yang dihubungi oleh sales consultant kami. Sales menghubungi database yang dia punya dan menawarkan unit. Lalu offline di daerah yang belum ada PSBB, konsumen bisa melakukan pembelian. Untuk modelnya, paling besar Brio ya itu di retail 966 unit, setengah lebih dari Brio ya," beber Yusak. 

Menyadari penjualan mobil tengah melemah, Honda kini lebih fokus melayani konsumennya di Indonesia. Konsumen yang terhalang saat ingin servis mobil lantaran dealer banyak tutup kini justru lebih dipermudah. 

"Sekarang kan konsumen Honda agak keberatan untuk keluar, jadi kami push lagi untuk home service, kalau kerusakannya lebih berat lagi kami jemput mobilnya. Jadi kami lebih proakfif sekarang. Tetapi sepertinya ini akan menjadi kondisi normal yang baru ke depannya, karena konsumen nggak perlu repot datang ke bengkel," pungkas Billy. 

>>> Berita otomotif terbaru, tips & trik terlengkap, serta pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Harga Honda Freed : Daftar Harga mobil Honda Freed terbaru November

01/11/2020

Honda

Dalam varian Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda juga memiliki produk yang laris manis di pangsa pasar Jepang. Produk tersebut dinamai Honda Freed, yang telah dirilis pertama kali pada tahun 2009 lalu. Di Indonesia, produk ini tidak begitu mendapat banyak peminat karena produk BR-V telah mengisi segmen MPV 7 Seaters. Namun jika berbicara spesifikasi, mobil ini tidak kalah menarik sobat. Berikut Cintamobil.com akan membahas harga Honda Freed, spesifikasi dan hal menarik lainnya.

Lihat juga

Honda Stream 2020: Daftar Harga mobil Honda Stream terbaru November

01/11/2020

Honda

Dalam produk mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda memiliki satu produk dengan bodi unik yang diberi nama Honda Stream. Namun selama perjalannya, mobil ini kurang diminati di pasar internasional dan hingga kini hanya dijual di negara Jepang dan Eropa. Untuk pasar Indonesia sendiri, mobil ini hanya dirilis pada generasi pertamanya saja. Penasaran dengan fitur dan spesifikasi Honda Stream? Berapa harga Honda Stream kini? Mari kita simak liputannya bersama Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Honda Jazz 2013

17/01/2018

Editor rate:

Tahun 2013 lalu, Honda Jazz kembali dirilis ke pasaran. Hatchback yang sudah eksis sejak tahun 2004 ini memang langsung menjadi jagoan Honda untuk urusan penjualan. Dari tahun ke tahun, permintaan konsumen akan mobil ini terus melonjak. Bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari mobil ini? Well, cintamobil.com akan memberikan review Honda Jazz 2013 terlengkap untuk Anda. Selamat membaca!

Lihat juga

Review Honda Odyssey 2016 Indonesia

17/01/2018

Editor rate:

Kalau Honda Mobilio mengusung konsep MPV dengan harga yang terjangkau, maka Honda Odyssey mengusung konsep MPV dengan kualitas premium. Honda memperkenalkan Honda Odyssey terbaru dengan beberapa tambahan atau facelift pada 2014 silam. Mobil ini begitu cocok bagi para konsumen kelas menengah ke atas yang menginginkan mobil MPV dengan desain yang mewah ditambah dengan spesifikasi yang mumpuni dan fitur-fitur yang canggih. Selengkapnya bisa dibaca Review Honda Odyssey 2016 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Honda Tawarkan Servis Mobil Gratis untuk Dokter di Indonesia

05/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Memberikan dukungan terhadap pekerja kesehatan yang berada di garis depan melawan covid-19, Honda tawarkan gratis servis untuk setiap dokter di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top