Babak Baru Transaksi Non Tunai Nirsentuh Jalan Tol

19/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Babak Baru Transaksi Non Tunai Nirsentuh Jalan Tol
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Roatex Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama untuk sistem transaksi non tunai nirsentuh jalan tol berbasis MLFF.

Rencana besar transaksi non tunai nirsentuh jalan tol memasuki babak baru. Perjanjian kerjasama transaksi berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) ini resmi ditandatangani antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku badan usaha proyek tersebut. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BPJT dengan Direktur Utama PT RITS, Peter Ong di Kantor BPJT Jakarta pada Senin, (15/2/2021)..

Awal yang baik

Dalam keterangannya Kepala BPJT berharap penandatanganan kerjasama ini menjadi awal yang baik dan proyek berjalan dengan lancar.

"Melalui dukungan Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hari ini bisa berjalan dengan lancar pelaksanaan penandatanganan kerjasama. Yang terpenting, milestone pelaksanaan kerjasama ini adalah mulai dari kerja keras kita semua, karena ini merupakan awal dari kerja keras kita untuk selanjutnya dari setiap komitmen dan manajemen kerja yang kuat untuk membuat proyek MLFF ini dapat berjalan sukses," kata Danang, dikutip dari BPJT (17/3/2021).

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Peter Ong juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan antusiasme berbagai pihak.

"Sehingga ini merupakan satu batu loncatan dengan penerapan teknologi serta sistem baru untuk Jalan Tol di Indonesia yang efisien, up to date, dan semakin menguntungkan," kata Peter.

>>> Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet

Foto Penandatanganan kerjasama proyek MLFF di Kantor BPJT Jakarta, (15/3/2021)

Proyek MLFF memasuki babak baru berupa perjanjian kerjasama antara BPJT dengan badan usaha PT RITS

Sistem pembayaran MLFF

Transaksi tol non tunai nirsentuh MLFF adalah sistem pembayaran tarif tol secara otomatis. Sistem ini mengandalkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), menggunakan alat dan aplikasi yang terpasang pada kendaraan. Kendaraan yang melewati jalan tol bakal teridentifikasi untuk kemudian saldo akun pengguna akan terpotong secara otomatis sesuai yang ditentukan.

Sistem ini sudah diterapkan di sejumlah negara di Eropa, seperti Slovakia, Cekoslowakia, Rusia, Belgia dan Hungaria. Di Indonesia, proyek dilakukan Roatex Ltd. Zrt. Perusahaan teknologi asal Hungaria ini ditetapkan pemenang lelang proyek berdasarkan Surat Menteri PUPR Nomor : PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021 Perihal Penetapan Pemenang Pelelangan Pengusahaan Badan Usaha Pelaksana Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha untuk Sistem Transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow.

Roatex Ltd. Zrt. melalui Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Berbasis MLFF bernama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) bakal mengelola  proyek ini selama 10 tahun ke depan. Termasuk tahap persiapan / konstruksi yang ditargetkan rampung dalam setahun.

Pada 2022 implementasi tahap pertama teknologi MLFF bakal di terapkan di 40 ruas tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali, untuk kemudian diterapkan pada jaringan tol lain di seluruh Indonesia. Transaksi non tunai nirsentuh ini bakal mempersingkat waktu perjalanan pengendara karena memangkas waktu pembayaran menjadi 0 detik, dari sebelumnya 4-10 detik. Selain itu juga bakal menghilangkan waktu antrean kendaraan seperti yang biasa terjadi jika lalu lintas sedang padat.

>>> 41 Ruas Tol Dipersiapkan Untuk Transaksi Non Tunai Nirsentuh

Foto membayar tol di Gerbang Tol Kalikangkung

Dengan transaksi non tunai nirsentuh pengendara tidak perlu berhenti di gardu tol untuk melakukan tapping kartu tol

>>> Simak berita mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top