Bos Nissan Ungkap Alasan Jebloknya Penjualan Nissan Terra di Indonesia

27/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Bos Nissan Ungkap Alasan Jebloknya Penjualan Nissan Terra di Indonesia
Sudah setahun mengaspal di Indonesia, Nissan Terra tak juga menunjukkan kontribusi signifikan. Bos Nissan Motor Indonesia (NMI) mengakui jika penjualan Nissa Terra belum sesuai ekspektasi karena satu alasan yang sangat krusial. Ini dia!

Peluncuran Nissan Terra di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 BSD City Tangerang membawa harapan besar bangkitnya besar Nissan di Indonesia. Maklum, dalam beberapa tahun terakhir Nissan bagai tenggelam keluar dari deretan 10 merek mobil terlaris di Indonesia. Bahkan Nissan juga tak bisa membendung laju merek China Wuling yang dimulai pertengahan 2017.

Tapi, meski sudah hampir setahun mengaspal mobil yang digadang menjadi pesaing berat Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport juga belum menunjukkan 'taringnya'. Penjualan Nissan Terra sangat sedikit, sepanjang Januari-April 2019 hanya sebanyak 254 unit. Jauh di bawah Fortuner dan Pajero Sport yang masing-masing sudah terjual ribuan unit.

>>> Penjualan Nissan Terra Belum Segagah Penampilannya

Foto Nissan Terra, tampak gagah dari arah samping depan

Nissan Terra berusaha menggoda konsumen Indonesia dengan tampilannya yang gagah

Nissan Motor Indonesia (NMI) mengakui kondisi ini. Menurut Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi, Terra belum bisa bersaing dengan dua kompetitornya tersebut bukan lantaran produknya yang kurang berkualitas. Tapi lebih karena mobil ini belum terlalu dikenal dan dipandang sebelah mata.

"Saya pikir orang-orang belum memahami apa itu Terra. Jadi, saat kami mengatakan ini mirip Fortuner dan Pajero Sport, barulah konsumen menyadari Terra satu segmen dengan mobil-mobil tersebut," tutur Sekiguchi di sela-sela media test drive Livina di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Selasa (25/6/2019).

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Terkait upaya yang akan dilakukan NMI untuk mendongkrak penjualan Nissan Terra, NMI masih melakukan evaluasi dan mempelajari pasar, terutama agar mobil ini lebih dikenal sehingga masyarakat tak lagi bimbang untuk memilih. "Masih banyak yang harus kami lakukan, salah satunya membangun awareness dan mendapatkan konsumen. Kompetitor sudah ada di pasar cukup lama, orang sudah paham. Tapi Terra masih belum populer. Kami masih mempelajari pasarnya," ujar Sekiguchi.

Foto bagian Interior Nissan Terra yang terlihat mewah dan berkualitas

Tak hanya eksteriornya yang menarik, Interior Nissan Terra juga tak kalah menggoda

Seperti diketahui Nissan Terra merupakan mobil SUV murni dengan dimensi bongsor dan gagah. Mobil ini dibekali mesin yang sama seperti Toyota Fortuner dan Pajero Sport yaitu diesel turbo berkapasitas 2.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimum Maximum Power 187 Hp (190PS)@3600 rpm dan torsi maksimum 450 Nm @2000 rpm. Tersedia dalam empat tipe, Nissan Terra dijual mulai RP 467 juta untuk tipe 2.5L MT (4X2) hingga RP 665 juta untuk tipe 2.5L VL AT (4X4) on the road Jabodetabek (Juni 2019).

>>> Baca secara lengkap Review Nissan Terra 2018 di sini!

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top