Bos Mercedes F1, Toto Wolff Jual Semua Ferrari Koleksinya, Ada Apa Ya?

29/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Kepala tim dan pemilik saham Mercedes-AMG Petronas F1 Team, Toto Wolff memutuskan untuk menjual koleksi Ferrari miliknya. Apa alasan dibalik keputusannya?

Sebelumnya, Sebastian Vettel menjual koleksi mobil Ferrari miliknya di awal tahun setelah memutuskan untuk berpisah dengan pabrikan berlambang kuda jingkrak tersebut. Kini giliran bos Mercedes F1, Toto Wolff yang memutuskan untuk menjual koleksi Ferrari di garasi rumahnya.

Melalui rumah lelang mobil eksotis Tom Hartley Jnr, ia dikabarkan melepas beberapa Ferrari yang cukup langka beserta sebuah mobil AMG yang bahkan Wolff bantu kembangkan sebagai pembalap.

>>> Koleksi Mobil Klasik dari Drummer Neil Peart Dilelang, Berminat?

Gambar Toto Wolff

Bos Mercedes F1, Toto Wolff menjual dua Ferrari langka koleksinya

Ferrari Enzo dan LaFerrari Aperta

Meski menjadi bos dari tim Formula 1 Mercedes, rupanya Wolff memiliki koleksi yang akan membuat kolektor Ferrari gigit jari. Dua di antara mobil yang akan dijual olehnya adalah Ferrari Enzo dan LaFerrari Aperta.

Ferrari Enzo milik Toto Wolff merupakan mobil tahun 2003 dengan jarak tempuh pada odometer hanya mencapai 2378 km! Wolff membeli mobil ini pada tahun 2014. Sedangkan LaFerrari Aperta miliknya merupakan tahun 2018 dengan jarak tempuh dari dealer sampai ke rumah Wolff saja.

Gambar LaFerrari Aperta

LaFerrari Aperta, kolektor Ferrari yang serius sekalipun belum tentu berkesempatan memiliki mobil ini

LaFerrari Aperta hanya diproduksi sebanyak 210 unit dan ia membeli mobil ini saat perayaan ulang tahun sang kuda jingkrak yang ke-70 pada tahun 2019.

Selain kedua Ferrari langka tersebut, Wolff juga menjual Mercedes-Benz SL65 AMG Black Series tahun 2009. Di antara ketiganya, mobil ini punya jarak tempuh paling tinggi dengan odometer di angka 5156 km.

>>> Game Balap F1 2021 Diluncurkan Bulan Depan, Intip Cuplikannya di Sini

Alasan Toto Wolff Menjual Mobilnya

Ketika ditanya di Grand Prix Styria akhir pekan lalu apakah itu ada hubungannya dengan bisnis di Mercedes F1, di mana Wolff memiliki bagian besar dari tim Mercedes, dia berkata,

"Tidak, itu memiliki latar belakang yang lebih sederhana. Saya tidak memiliki banyak kesempatan mengendarai mobil lagi. Saya tidak punya cukup waktu. Saya tidak berpikir itu terlihat sangat bagus jika saya akan berkeliling dengan Ferrari meskipun [mereka] adalah merek yang fantastis."

>>> Parkir Mobil di Trotoar Bisa Didenda Rp 250 Ribu

Gambar mobil listrik Mercedes-Benz

Wolff akan membeli salah satu mobil listrik Mercy

Toto Wolff juga menambahkan bahwa ia akan membeli mobil baru dalam waktu dekat, kemungkinan besar salah satu mobil listrik Mercedes-Benz.

LaFerrari Aperta dibanderol sekitar $4,5 juta atau Rp 65 miliar jika dikonversi ke rupiah. Harga yang besar untuk sesuatu yang hanya diparkir di garasi. Sedangkan Ferrari Enzo dibanderol dengan harga $1,5 juta atau Rp 21 miliar. SL65 terbilang lebih murah dengan harga $319.000 atau Rp 4,6 miliar.

Yang pasti mobil-mobil dengan kilometer rendah dan berasal dari nama besar di dunia otomotif pasti akan dihargai lebih mahal ketika dilelang.

>>> Dapatkan harga mobil Mercedes-Benz dan promo terbaik 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top