BMW Ucapkan Selamat Tinggal Transmisi Manual Seri 3

06/10/2018
BMW mengumumkan pada hari Selasa lalu bahwa mereka akan menurunkan transmisi manual Seri 3 dari platform bertenaga gas pada line up BMW Seri 3 terbaru.

Penghilangan transmisi manual Seri 3 diungkapkan pada sesi konferensi pers BMW dalam Paris Motor Show 2018. Menggantikan girbok enam kecepatan tradisional adalah transmisi otomatis delapan kecepatan yang “lebih mudah digunakan”, sebagaimana dijelaskan dalam pernyataan resmi perusahaan.

Gambar yang menunjukan mobil baru BMW Seri 3 di Paris Motor Show

Seri 3 terbaru siap dipamerkan di Paris Motor Show 2018

Generasi terbaru Seri 3 yang dijuluki G20 memulai debutnya di Paris Motor Show tahun ini dengan pengumuman mengejutkan. Mesin penggerak utama akan kehilangan transmisi manual pada kebanyakan model. 318d dan 320d keduanya memiliki mesin diesel 2.0 liter akan menjadi satu-satunya model yang menerima pijakan tiga pedal.

>>> Paris Motor Show 2018: Suzuki Jimny Bersanding Ramah dengan Sang Kakek

Bagi pelanggan yang memiliki versi diesel all-wheel-drive sepertinya harus mengorbankan transmisi manual. seri 320i, 330i, 330d, dan M3401 semuanya akan mendapatkan transmisi otomatis sport standar delapan kecepatan dari BMW.

"Gearbox manual enam kecepatan yang dipasang sebagai standar di BMW 318d dan BMW 320d model telah mengoptimalkan karakteristik akustik dan juga lebih mudah digunakan," kata BMW dalam sebuah pernyataan. "Semua varian model lain dari BMW Seri 3 Sedan dilengkapi dengan transmisi Steptronic delapan kecepatan sebagai standar."

>>> Dapatkan semua berita event mobil terbaru internasional hanya di sini

Gambar yang menunjukan mobil baru BMW Seri 3 320d di Paris Motor Show

320d masih menggunakan girbok manual enam kecepatan

Seorang juru bicara BMW mengkonfirmasi kepada Cnet bahwa perusahaan asal Jerman ini telah membuat keputusan dalam skala global. Artinya bahwa pasar lain tidak akan menerima transmisi manual pada BMW bertenaga bensin.

Generasi Seri 3 dan Seri 4 saat ini menawarkan opsi transmisi manual dalam beberapa trim. Berarti keputusan G20 untuk menghilangkan girbok manual pada mesin non-diesel adalah yang pertama kali dari jenisnya dan menjadi perubahan besar untuk strategi pemasaran BMW yang mencoba menjual aspek kenyamanan berkendara daripada pengalaman berkendara.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi terbaru? Intip daftar harga Cintamobil.com di sini

Keputusan BMW sejalan dengan keputusan serupa produsen mewah Jerman lainnya yang dibuat awal tahun ini. BMW akan bergabung dengan Audi dalam rencana untuk menguasai pasar mobil AS. Mercedes-Benz juga menggunakan strategi serupa untuk C-Class, pesaing langsung BMW Seri 3.

Gambar yang menunjukan mobil baru BMW Seri 3

Generasi Seri 3 tanpa girbok manual akan meluncur awal 2019 nanti

Pelanggan yang ingin membeli BMW seri 3 generasi terbaru tanpa transmisi manual sepertinya akan mengunjungi diler BMW di seluruh dunia awal 2019 nanti. Saatnya ucapkan selamat tinggal pada pedal ketiga Seri 3, auf wiedersehen.

>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0