BMW Tetap Akan Jual Mobil Bermesin Bakar

20/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Walaupun berniat menghadirkan lini produk kendaraan listrik yang lebih banyak dari tahun ke tahun, BMW berkomitmen tetap akan menjual model bermesin bakar.

Disaat produsen otomotif lain akan beralih ke elektrifikasi dan menghentikan penjualan mesin bakar, maka BMW malah memutuskan hal sebaliknya. BMW memastikan belum terpikir untuk mengakhiri penjualan model dengan mesin bakar konvensional.

Berbeda dengan Audi yang memutuskan akan beralih sepenuhnya ke model lsitrik, maka BMW memastikan jika mereka akan tetap manual model bermesin bakar. Sebab menurut pabrikan Jerman ini, kendaraan ICE tetap akan memiliki banyak peminat sampai beberapa tahun ke depan, demikian ditegaskan Oliver Zipse selaku Chairman BMW.

>>> MINI Hanya Akan Menjual Mobil Bertenaga Listrik di Tahun 2030

BMW Akan Tawarkan Model Hybrid

BMW M CS

Peminat mobil bermesin bakar diyakini akan tetap ada

Menurt Zipse, peminat kendarana bermesin bakar akan tetap kuat selama beberapa tahun yang akan datang. Namun ia tidak menampik jika elektrifikasi akan tetap terjadi di industri otomotif khususnya akibat kebijakan standar emisi Euro 7 yang bakal berlaku di Eropa mulai tahun 2025.

Untuk itulah, kata Zipse akan menwarkan teknolgi hybrid dan plug-in hybrid. Mereka pun akan menyederhanakan model bermesin bakar, bahkan mengurangi jumlahnya setengah dari protofolio kendaran mereka.

>>> Harga 7 Mobil Sport BMW Yang Dijual di Indonesia

Berkomitmen Hadirkan Lebih Banyak Kendaraan Listrik

BMW sebelumnya pernah menegaskan jika mereka akan fokus untuk jualan mobil listrik mulai tahun 2025. Bahkan BMW sudah menargetkan jika setengah dari penjualan global mereka di tahun 2030 akan diisi oleh model EV (Electric Vehicle).

"Pada akhir 2025 kami akan mengirimkan sekitar 2 juta kendaraan listrik kepada seluruh pelanggan kami. Kami juga akan meningkatkan penjualan model full electric lebih dari 50 persen setiap tahun atau 10 kali lipat lebih banyak dari penjualan tahun 2020," jelas Zipse dikutip dari Carbuzz, Jumat (19/03/2021).

BMW i4

Tiap tahun jumlah mobil listrik yang ditawarkan BMW akan semakin banyak

Sementara MINI yang juga satu payung dengan BMW Group, akan menyetop penjualan model bermesin bakar di tahun 2025. Begitu pun dengan Rolls-Royce yang akan masuk ke segmen kendaraan listrik.

Zipse juga menjelaskan jika mulai tahun 2025 akan menawarkan Neue Klasse. Program yang terinspirasi dari apa yang di lakukan perusahaan Jerman ini di tahun 1960-an tersebut bakal memberikan serangkaian asitektur perangkat lunak yang sama sekali beru, rangkaian motor listrik baru, serta teknologi baterai yang juga baru.

>>> Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Penyegaran Baru Berteknologi Hybrid

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top