BMW Tes Mobil Baru Berbahan Bakar Air dengan Granat Asli

25/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Untuk memastikan keamanan dari tangki bahan bakar hidrogen yang digunakan, BMW melakukan pengetesan mobil baru mereka menggunakan ledakan dari granat asli.

Berbeda dengan pengujian mobil pada umumnya, BMW bahkan menggunakan granat tangan asli untuk menguji kekuatan bodi dan sasis prototipe mobil baru mereka. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam SUV BMW X5 bertenaga air atau hidrogen yang sedang dikembangkan BMW.

Prototipe sasis baru

Pabrikan asal Jerman baru-baru ini membangun prototipe dari mobil berbahan bakar air untuk SUV BMW X5 lapis baja. Demi mengetahui ketangguhan mobil ini, mereka mengujinya secara eksplosif untuk memastikan tangka hydrogen tetap utuh ketika terjadi serangan.

sasis dari prototipe mobil baru BMW
Hidrogen memiliki tangki yang memanjang

>>> BMW iX dan i4 Unjuk Gigi di Pameran IAA Mobility 2021

BMW menghadirkan berbagai teknologi baru yang ditawarkan pada prototipe ini, termasuk pada sasis, bodi, dan berbagai komponen kendaraan untuk melindungi X5. Sedangkan SUV ini memiliki bagian yang ditinggikan untuk mengakomodasi tangki hydrogen yang lebih panjang dibandingkan dengan tangki bahan bakar bensin maupun diesel standar.

Bagi yang belum tahu, hydrogen merupakan salah satu material yang sangat eksplosif. Volatilitas inilah yang membuatnya bekerja sebagai bahan bakar karena sifatnya yang reaktif. Karena itu, sangat penting untuk memastikan benda-benda berbahaya tidak mampu menembus sasis, apalagi masuk ke dalam tangki.

>>> BMW X7 Milik Tom Cruise Dicuri saat Syuting, Langsung Diganti Baru

Pengujian di area tertutup

Untuk menguji kekokohan komponen lapis baja, BMW bekerja sama dengan militer Jerman untuk membawa prototipe ini ke Pegunungan Alpen. Sasis X5 dilengkapi dengan tangki H2 panjang tanpa hidrogen dan pelat dasar titanium untuk kendaraan lapis baja X5.

uji sasis BMW menggunakan ledakan granat
Hasil ledakan pada pelat sasis mobil baru BMW

Pengujiannya dilakukan secara tertutup. Di fasilitas rahasia dan di bawah pengawasan militer, BMW mengklaim telah meledakkan granat tangan di bagian bawah sasis. Hasilnya pelat dasar mengalami kerusakan yang sama seperti jika terkena pecahan peluru. Tampilannya bisa terlihat pada gambar di atas.

Kepada The Drive, BMW menjelaskan bahwa tangki bahan bakar mampu bekerja dengan baik melalui percobaan tersebut. Setelah mendapatkan pemindaian untuk memeriksa jika ada terjadi kebocoran, mereka mengklaim bahwa tangki penyimpanan hidrogen masih tetap aman selama dan setelah terjadi ledakan.

>>> Dapatkan harga mobil baru BMW dan promo menarik lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top