BMW Kekeuh Pertahankan Desain Baru Walau Dihujani Kritikan

03/02/2021

Pasar mobil

4 menit

BMW Kekeuh Pertahankan Desain Baru Walau Dihujani Kritikan
Desain baru BMW di 4 Series G22 cukup kontroversial dan menjadi sumber kritik. Pun demikian, brand Bavaria itu akan tetap memakai wajah tersebut sebagai identitas.

Desain baru BMW yang perdana disematkan saat peluncuran 4 Series tahun lalu menuai banyak kritikan. Khususnya untuk tampilan kidney grille yang sangat kontroversial. Tidak sedikit orang yang menganggap desain tersebut terkesan nyeleneh dan terasa kurang proporsional.

BMW M4 dan BMW M3

Selain 4 Series, desain baru dengan kidney grille besar juga diadopsi BMW M3 dan M4

Seperti kita ketahui, desain baru BMW tersebut juga diaplikasikan ke BMW M3, M4, dan BMW iX3 yang meluncur akhir tahun lalu, dan juga ada di prototype BMW i4 yang naik produksi tahun ini.

>>> Prior Design Buat BMW M3 dan M4 Terbaru dengan Gril Kecil

BMW tidak kaget, lakukan analisis mendalam

Mengomentari hujan kritikan yang ditujukan terhadap desain baru BMW, Head of BMW Design, Domagoj Dukec mengatakan bahwa pihaknya tidak terkejut. Pun demikian, brand Bavaria itu langsung menjadikan feedback tersebut sebagai bahan evaluasi dan analisis dengan tim desain.

“Untuk beberapa pelanggan, jika Anda ingin menggapai mereka maka harus menonjol. Namun, Anda tidak bisa membuat desain yang disenangi seluruh orang,” ujar Dukec kepada AutoExpress.

“Jika Anda berada di bisnis ini, Anda tahu bagaimana menjadi seorang desainer. Setiap hari Anda berbicara dengan orang di dalam dan luar perusahaan, dan setiap orang memiliki opini dan rasa masing-masing. Jika Anda ingin membuat sesuatu yang sangat menonjol, maka itu harus dibedakan dan berbeda.

Hal serupa juga diungkapkan Adrian van Hooydonk, Vice President of Design BMW. “Media sosial, kita menyukai dan membencinya untuk alasan serupa, itu instant, cepat, namun bisa brutal. Kami coba menanganinya dengan cara sama seperti kritik pelanggan, kami memasukannya ke dalam proses desain.

“Saya menunggu evaluasi dan feedback final dari global, dan kami melakukanya dengan sosial media. Kami coba melihat dan menganalisa data, dari mana itu datang, dari pasar mana itu datang? Kami juga menganalisa sosial media, tapi saya tidak tahu apakah ada customer sungguhan di balik komentar tersebut. Namun, saya mengetahui itu adalah opini sungguhan jadi akan kami dengar.”

>>> BMW M3 dan M4 Dapatkan M Performance Parts dengan Knalpot Tengah

Jadi bagian identitas baru BMW

Meski kritikan yang ditujukan pada desain baru BMW cukup deras akhir-akhir ini, Dukec mengatakan mereka tidak akan mengubah arah dari desain brand Bavaria. Dukec juga menegaskan bahasa desain tersebut sudah menjadi identitas brand.

Prototype BMW iX

Desain kidney grille besar ini juga akan diaplikasikan ke BMW i

“Kami akan menunjukan BMW sebagai brand yang progresif dan jadi perintis yang selalu mengkombinasikan beberapa paradigma, seperti sporty dan elegan,” lanjut Dukec.

“Kedepannya sedikit berbeda, mungkin kemewahan dan keberlanjutan. Tidak ada satupun solusi atau resep, namun kami selalu mencoba untuk membuat mobil terlihat menarik serta menonjol.

“Karena jika tidak membuat perbedaan, maka tidak ada gunanya membuat sebuah BMW karena BMW pantas mendapat mobil yang berkarakter dan berbeda.”

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top