BMW iDrive 8 Tawarkan Peningkatan Sistem dan Teknologi Baru

16/03/2021

Pasar mobil

3 menit

BMW memperkenalkan sistem infotainment BMW iDrive 8 dengan sistem antarmuka yang baru, mencakup layar lengkung hingga pengenalan suara yang disempurnakan.

BMW membawa perkembangan teknologi terbarunya dalam BMW iDrive 8. Sistem infotainment BMW ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada iDrive 7. Peningkatan ini terlihat dari perangkat lunak dari pengenalan suara yang disempurnakan, layar sentuh yang lebih besar, tapi tetap menghadirkan rotary controller khas BMW.

Sistem AI yang lebih pintar

Meskipun sistem infotainment iDrive 8 akan dipasangkan pada beragam portfolio BMW lainnya, sistem ini akan diluncurkan pertama kali pada SUV BMW iX listrik dan sedan BMW i4 terbaru. Perubahan tampilannya terasa dari sistem interface baru melalui layar lengkung besar di dashboard. Panel instrumen digital 12,3 inci menyatu dengan layar sentuh pusat 14,9 inci yang sangat besar.

layar BMW iDrive 8 yang baru disempurnakan
Ada layar yang besar di tengah dashboard

>>> Mobil Listrik BMW iX1 Tertangkap Kamera untuk Pertama Kalinya

BMW menekankan interaksi berbasis dialog dan pengenalan suara alami dengan iDrive 8. Sistem kecerdasan buatan yang disebut BMW intelligent Assistant menghadirkan visual yang lebih menawan, bahkan bisa membedakan penumpang mana yang sedang berbicara.

AI di model baru BMW bisa diberi nama, seperti J.A.R.V.I.S yang merupakan nama AI milik Tony Stark. Bukan hanya sistem pengendaraan, tapi juga mengaktifkan berbagai macam fungsi di dalam kendaraan, termasuk sistem HVAC. Jadi ketika Anda berkata “Kakiku dingin!”, maka sistem akan meningkatkan suhu di rongga kaki.

>>> Grill Super Besar BMW Seri 4 2021 Kerap Dicemooh, Ini Kata Sang Desainer

Fungsi dan teknologi baru

Penambahan penting lainnya pada iDrive 8 termasuk peningkatan opsi personalisasi melalui BMW ID dan My Modes yang baru. BMW menyebutkan bahwa BMW ID akan memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai pengaturan kendaraan menggantikan BMW ConnectedDrive.

My Mode adalah fitur baru yang serupa dari iDrive 8 untuk menggantikan Driving Experience Control pada model masa depan BMW. Versi awal hanya tersedia pada BMW iX dan i4, memungkinkan hingga 10 pengakuran kustom. Bukan hanya warna pencahayaan ambient atau desain tampilan dashboard, tapi juga karakteristik mode berkendara hingga respons throttle.

tampilan konsol tengah rotary BMW iDrive baru
Switchgear rotary masih dipertahankan pada iDrive 8

Meski banyak pabrikan yang membuang switchgear fisik untuk sistem kontrol sentuh, BMW mengungkapkan bahwa mereka akan terus menawarkan fitur rotary gear yang dipasang di konsol tengah. Meski iDrive 8 memiliki tombol dan sakelar setengah dari pendahulunya, pengguna bisa memiliki preferensi antara kontrol fisik, layar sentuh, hingga perintah suara.

Setiap sistem infotainment BMW iDrive 8 juga menaungi berbagai sistem populer, seperti Apple CarPlay dan kemampuan Android Auto. Begitu juga dengan kompatibilitas teknologi 5G yang baru. BMW menyebutkan terus menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk komunikasi dan streaming musik yang tersedia dalam sistem ini.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil BMW baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top