BMW i8 Bakal Berakhir, Benarkah BMW i3s Juga Bakal Disuntik Mati?

14/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
BMW i8 Bakal Berakhir, Benarkah BMW i3s Juga Bakal Disuntik Mati?
Menyusul bakal dihentikannya produksi BMW i8 usai edisi Ultimate Sophisto, rumor beredar kalau BMW i3s juga bakal disuntik mati pelan-pelan dan tidak akan diproduksi lagi di kemudian hari. Benarkah demikian?

BMW meluncurkan edisi terbaru i8 Ultimate Sophisto Limited Edition dan i3s Edition Roadstyle pada awal September 2019 lalu. i8 Ultimate Sophisto Limited Edition hanya diproduksi sebanyak 200 unit untuk pasar global (coupe dan roadster). Sementara BMW i3s Edition Roadstyle hanya diproduksi 900 unit.

Foto BMW i8 Ultimate Sophisto & BMW i3 Edition Roadstyle tampak dari depan

BMW Luncurkan i8 Ultimate Sophisto Limited Edition dan i3s Edition

Selayaknya mobil edisi terbatas, i8 Ultimate Sophisto sangat spesial sebab menampilkan cat metalik Sophisto Grey dengan aksen e-Copper yang diterapkan pada pelek alloy 20 inchi, grill kidney khasnya serta side skirt yang melengkung ke bawah. Kemudian di bagian interior juga menampilkan beragam fitur seperti navigasi yang terintegrasi dengan Apple CarPlay, sistem audio Harman-Kardon, dan yang lain. Semua produk dilengkapi emblem Ultimate Sophisto dengan nomor 1-200 sebagai penanda seri produk.

BMW i3s Edition Roadstyle juga menampilkan desain spesial dengan warna bodi Fluid Black dan aksen e-Copper di grill depan, deflektor udara bumper depan serta di bagian samping bodi sebagai side skirt. Kemudian untuk ban digunakan ukuran 20 inchi Style 431 warna Jet Black. Melengkapi tampilan sportinya, bagian interior mobil ini juga tampil baru. Bagian kabinnya dilengkapi kulit alami Dalbergia Brown dengan trim kayu gelap Dark Oak dan headrests eksklusif bersulam "Edition RoadStyle".

Sayang, kabar 'menyedihkan' juga harus diterima para penggemar sebab i8 Ultimate Sophisto Limited Edition adalah edisi terakhir yang akan menutup seluruh produksi dan penjualan BMW i8. Setelah itu tidak akan ada lagi penerus PHEV BMW paling laris ini.

"The i8 Ultimate Sophisto Edition will be available in a very limited 200 units globally, first-come, first-serve and will mark the end of production for the most successful plug-in hybrid sports car in the world." tulis BMW dalam keterangan resminya, (2/9/2019).

>>> BMW Seri 1 EV Hadir di Tahun 2021, Bagaimana Bentuknya?

Foto menunjukkan BMW i3s saat tampil di GIIAS 2019

BMW i3s resmi diluncurkan di Indonesia

Sedangkan untuk BMW i3s Edition Roadstyle, tidak ada keterangan lain seperti di atas. Direktur Pemasaran BMW, Pieter Nota kepada Fiancial Times menuturkan "Tidak ada rencana khusus untuk i3, kami akan membawa elektrifikasi ke model yang lebih mainstream," kata Pieter seperti dikutip dari Financial Times (15/9/2019).

Hal tersebut memicu beredarnya rumor kalau BMW i3s bakal bernasib sama dengan i8 yang dinyatakan tidak akan ada produksi lagi setelahnya. Benarkah i3s bakal disuntik mati?

>>> Ingin membeli mobil BMW terbaru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Meski tidak menyatakan secara spesifik terkait suksesor i3s, Peter Nota memastikan mobil ini bakal terus diproduksi dan dipasarkan. “Pada tahun keenam, BMW i3 sepenuhnya-listrik masih berkinerja sangat baik dan karenanya akan terus menjadi bagian dari line-up kami di tahun-tahun mendatang. Kami akan meluncurkan kendaraan listrik murni lainnya, MINI Electric, menjelang akhir tahun. ”

Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, juga menenjelaskan tidak ada kabar seperti itu dari prinsipal. "Untuk BMW tidak ada istilah suntik mati, dan itu (pernyataan Pieter) hanya berdasarkan dari sebuah interview yang dilakukan. Untuk saat ini belum ada informasi resmi yang kita dapatkan soal itu," kata Jodie seperti dikutip dari Kompas, (13/20/2019).

>>> Review BMW i3s 2019: Pionir Mobil Urban Berjiwa Energik dan Ramah Lingkungan

Jika menilik dari data penjualan yang telah diraih, BMW i3 memang laris manis. Tapi belum bisa dibilang 'meledak' selayaknya Tesla Model 3 atau Nissan LEAF. Sebagai misal di pasar Amerika Serikat, sebagaimana ditulis InsideEV.com, dari Januari hingga September BMW i3s telah terjual sebanyak 3.363 unit. Angka ini jauh di bawah Nissan LEAF yang telah terjual sebanyak 9.111 unit pada periode yang sama, atau lebih jauh lagi di bawah Tesla Model 3 yang telah terjual sebanyak 111.650 unit. Untuk pasar global penjualan Nissan LEAF dan Tesla Model 3 lebih besar lagi.

Penjualan BMW i3s tiap tahun juga terus mengalami peningkatan, namun masih jauh untuk sampai di angka 50.000 unit dimana angkat tersebut adalah margin paling masuk akal untuk mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Berikut data penjualan BMW i3s tahunan seperti dikutip dari InsideEV:

2013 311 unit
2014 16.052 unit
2015 24.057 unit
2016 25.528 unit
 2017 31.482 unit
2018 36.829 unit
2019 hampir 25.000 setelah 8 bulan
(perkiraan bakal lebih dari 37.000 unit hingga akhir 2019)

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah Jual i3s, BMW Indonesia Tetap Pilih Mobil Plug in Hybrid

05/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan mobil listrik murni di Indonesia, BMW Group Indonesia ternyata lebih memilih mobil plug in hybrid untuk produksinya nanti.

Lihat juga

BMW Indonesia Perkenalkan Teknologi Virtual Product Presentation 2.0, Experience Baru untuk Pelanggan!

10/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Program ini memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengalaman real-time terhadap kendaraan yang diminati, khususnya pada saat model kendaraan yang diinginkan tidak ada di showroom BMW/MINI.

Lihat juga

BMW Seri 1 EV Hadir di Tahun 2021, Bagaimana Bentuknya?

08/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Elektrifikasi sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan. Begitu juga dengan mobil-mobil masa depan milik BMW.

Lihat juga

Bocoran Mesin V8 BMW Terbaru, Lebih Kuat Tapi Hemat Bahan Bakar

07/10/2019

Mobil baru

5 menit

Mesin V8 BMW terbaru kabarnya sedang dalam proses pengembangan. Mesin penerus S63 dan N63 ini, diprediksi akan memiliki tenaga lebih kuat namun efisiensi dalam penggunaan bahan bakar serta emisi gas buang yang rendah.

Lihat juga

Komparasi BMW M2 Competition VS Porsche 718 Cayman GTS: Sportscar Kompak Siap Goda Para Penikmat Kecepatan

01/10/2019

Mobil baru

4 menit

Di kancah pengguna mobil sportscar di Indonesia saat ini, ada dua mobil yang dianggap sangat asyik dan sangat proper untuk dipilih sebagai mobil sport untuk para penikmat performa tinggi dan handling presisi. Pilihannya adalah BMW M2 Competition, dan pilihan satu lagi adalah Porsche 718 Cayman GTS. Dari dua mobil ini, manakah yang paling tepat untuk diajak sebagai mobil trackday dan tetap bisa nyaman dipakai daily? Simak ulasannya dalam komparasi berikut ini

Lihat juga

BMW Indonesia selenggarakan Customer Safety Driving Class Untuk Konsumen Mobil Baru BMW

01/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Gelar Customer Safety Driving Experience, BMW Group Indonesia berikan edukasi dan prioritaskan keselamatan pemilik BMW dengan memaksimalkan fitur-fitur yang ada

Lihat juga