Rakit Mobil Dalam Negeri, BMW Harap Juga Bisa Dapat Diskon PPnBM

03/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Diskon PPnBM mobil baru yang diberikan Pemerintah Indonesia yang berlaku sejak Maret hingga Desember 2021 berhasil membuat pemesanan mobil baru membludak.

Pemerintah Republik Indonesia telah membuat aturan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru yang telah berlaku sejak awal Maret hingga Desember 2021. Kebijakan yang dapat menggenjot penjualan mobil baru ini dinilai berhasil, tetapi sayangnya tidak semua produsen mobil bisa memanfaatkannya diskon PPnBM ini.

>>> Baru Meluncur, BMW Seri 5 Langsung Diajak Ngedrift

Gambar menunjukan New Mini Contryman

New Contryman diproduksi secara lokal

BMW Group Masih Dalam Tahap Lobi dengan Pemerintah

Kebijakan diskon PPnBM dari pemerintah ini sendiri hanya berlaku pada mobil yang diproduksi secara lokal dengan kandungan komponen lokal lebih dari 60%. Aturan ini berlaku untuk mobil mesin berkapasitas 1.500 cc hingga hingga 2.500 cc. Daftar mobil yang bisa menikmati pun didominasi merek Jepang dan juga China. Padahal yang merakit mobil di Indonesia bukan hanya merek Jepang dan China. Ada juga beberapa produsen asal Benua Biru yang diketahui merakit mobilnya di Tanah Air. 

BMW misalnya. BMW Group Indonesia diketahui telah banyak memproduksi mobil secara Completely Knock Down (CKD) di dalam negeri. Tercat model BMW yang produksi lokal yakni Seri 3, Seri 5, Seri 7 serta model SUV X1, X3, dan X5. Sementara itu untuk MINI yang terbaru New Countryman juga telah diproduksi lokal.

Namun dari banyaknya model yang diproduksi lokal tersebut, tidak satupun yang mendapatkan diskon  PPnBM dari pemerintah. Hingga saat ini BMW Group Indonesia masih melakukan lobi dengan pemerintah untuk mendapatkan diskon  PPnBM di tahun ini.

“Sampai saat ini pemerintah sangat mendukung sekali untuk BMW dan juga MINI untuk kendaraan premium di Indonesia. Kalau ditanya ingin pasti semua pelaku industri otomotif di Tanah Air ingin mendapatkan diskon PPnBM yang dapat memberikan keuntungan untuk pelanggan itu, pasti kita sangat menginginkannya. Sampai saat ini kita masih dalam proses lobi dan kita juga berharap yang terbaik untuk kendaraan premium khususnya BMW dan MINI,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

“Terlepas apapun keputusannya BMW Group Indonesia memiliki strategi dan juga komitmen untuk terus menambahkan kendaraan yang dirakit secara lokal di Indonesia. Bahkan untuk kendaraan MINI belum lama ini kita sudah melakukan perakitan lokal untuk New Countryman,” tutupnya.

>>> Inilah Sumber Potensi Kerusakan Power Steering Elektrik

Gambar menunjukan Toyota Vios

Toyota Vios mendapatkan diskon  PPnBM tertinggi

Toyota Menjadi Produsen yang Mendapat Diskon PPnBM Terbanyak

Dari daftar produsen mobil di Tanah Air tercatat Toyota yang mendapatkan diskon PPnBM terbanyak dari pemerintah. Tercatat ada 8 model yakni Toyota Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush, Raize dan yang terbaru Innova dan Fortuner.

Lalu apa kata Toyota terkait produsen mobil di Tanah Air yang mendapatkan diskon PPnBM terbanyak? Anton Jimmy Suwandi selaku Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa berkomentar, tetapi ia berpendapat bahwa TAM berkomitmen untuk industri otomotif nasional dan dari dulu telah berfokus pada lokal konten. 

“Jadi bukan karena Toyota dapat yang terbanyak atau tidak. Tetapi karena komitmen kami itu sendiri, pemerintah tidak memilih brand yang mana tetapi produk-produk otomotif domestik dengan lokal konten yang tinggi itulah yang diberikan, kebetulan Toyota dari dulu komitmen kita mengarah kesana,” kata Anton kepada Cintatmobil.com di Jakarta baru-baru ini. 

>>> Mobil MINI Bisa Gratis Coating di Sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top