Blue Bird Rencanakan Penggunaan Armada Taksi Listrik Ramah Lingkungan

07/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Blue Bird Rencanakan Penggunaan Armada Taksi Listrik Ramah Lingkungan
Lewat uji tipe armada taksi listrik, operator taksi Blue Bird berkomitmen menghadirkan pilihan transportasi taksi umum yang ramah lingkungan.

Keberadaan taksi sebagai salah satu pilihan transportasi umum di kawasan urban perkotaan memang saat ini memasuki era stagnasi. Persaingan dengan taksi maupun ojek online membuat masyarakat hanya menggunakan taksi umum tidak sebanyak dan se-intens biasanya. Meski demikian, hal tersebut tidak membuat operator taksi umum seakan ‘mati segan hidup tak mau’.

>>> Baca juga: Ingin Fokus Kendaraan Listrik, Mitsubishi Engelberg Tourer Siap Debut di Geneva

Aplikasi pemesanan taksi MyApps Blue Bird

My Blue Bird menjadi salah satu bentuk inovasi operator taksi Blue Bird di bidang digital

Salah satu contoh, PT Blue Bird Tbk selaku induk dari operator taksi Blue Bird banyak melakukan inovasi yang dirancang untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen. Mulai dari pemesanan melalui apps My Blue Bird, integrasi dengan layanan aplikasi transportasi digital, hingga kemudahan metode pembayaran, pemesanan lebih awal, serta tarif fixed rate melalui pemesanan aplikasi dilakukan di apps ini.

Inovasi yang dilakukan operator taksi biru ini tak berhenti sampai di sini. Blue Bird saat ini sudah mulai melakukan uji coba penggunaan taksi listrik yang ramah lingkungan karena tidak memiliki emisi gas buang sama sekali.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Foto Blue Bird BYD berwarna biru

Mobil BYD E6 yang disinyalir untuk taksi listrik Blue Bird

>>> Armada Taksi Pakai MPV, Pamor Sedan Kian Meredup

Hal ini pun diperkuat oleh adanya informasi foto kendaraan mobil listrik BYD E6 dari China yang menggunakan livery biru menyerupai livery armada taksi Blue Bird. Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang energi listrik juga ikut membenarkan informasi rencana Blue Bird untuk menggunakan mobil listrik sebagai armada taksi terbaru sekaligus mengajukan uji tipe bagi kendaraan tersebut.

"Mereka sudah berencana mau coba taksi listrik mobilnya BYD. Saya dengar-dengar rencana tahap awal 100 unit dulu. Jadi Bluebird pesan (charging station) dengan PLN," jelas Zainal Arifin, Division of Engineering and Procurement Planning PLN, di sela-sela presentasi dalam acara diskusi Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia, di The Breeze, BSD, Tangerang Selatan, Rabu (30/1) lalu.

Saat ini PLN sedang melakukan presentasi showcase alat charging electric station atau Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di beberapa lokasi di Jakarta dan Bali. Salah satu pool Blue Bird terbesar di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, juga menjadi tempat pemasangan SPLU yang diperkirakan menjadi tempat pengisian daya listrik untuk mobil listrik keluaran brand BYD.

>>> Ingin membeli mobil BARU atau BEKAS? Ketik di sini untuk informasi lebih lanjut

Bentuk SPLU yang dibuat oleh PLN

PLN sudah menggalakkan keberadaan fasilitas SPLU

Dalam kesempatan terpisah, pihak PT Blue Bird juga angkat bicara soal informasi seputar Blue Bird yang disinyalir sedang menjalani tahap uji coba penggunaan mobil listrik sebagai transportasi taksi umum.

“Blue bird juga memiliki visi untuk menggunakan energi dengan lebih efisien sehingga mampu memberikan dampak positif untuk kualitas hidup khususnya terhadap lingkungan. Namun yang pasti untuk penggunaan kendaraan listrik, Blue Bird sebagai perusahaan yang taat hukum akan menunggu peraturan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah, dimana saat ini Peraturan Presiden (Perpres) untuk kendaraan berbahan bakar listrik masih dalam tahap penyelesaian terakhir sebelum diterbitkan oleh Kementerian terkait,” jelas Amelia Nasution - Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk.

Sekedar informasi, mobil dari brand BYD yang diperkirakan dipakai sebagai armada taksi listrik mobil ini adalah BYD E6. Mobil Hatchback ini diklaim memiliki daya jelajah 300 km dengan baterai Lithium Iron Phosphate. Tersedia empat pilihan tenaga dari 101 dk sampai 215 dk, serta pengisian daya hingga 100% bisa dilakukan dalam waktu 40 menit menggunakan alat charging mobil listrik dengan kemampuan fast charging.

Share this post:

Berita lain

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Limo Generasi Ke 2, Si Bekas Taksi Yang Tidak Kalah Aksi

10/12/2018

Jual beli

10 menit

Toyota Vios generasi ke-2 bisa dibilang sebagai salah satu Toyota Vios yang paling laris, dan paling sukses di Indonesia, dan hal tersebut ternyata juga berdampak ke penjualan Toyota Limo-nya. Lalu apakah mobil bekas taksi ini layak beli? Apakah mobil bekas taksi itu mudah trouble? Simak tips beli mobil bekas: Toyota Limo Generasi ke-2, si bekas taksi yang tidak kalah aksi.

Lihat juga

Armada Taksi Pakai MPV, Pamor Sedan Kian Meredup

30/07/2018

Pasar mobil

Tak hanya ditinggal konsumen individu, sedan juga makin ditinggal konsumen fleet seperti perusahaan-perusahaan taksi.

Lihat juga

7 Tips Membeli Mobil Bekas Taksi Murah dan Terbaik

17/07/2017

Jual beli

Hampir setiap lima tahun sekali perusahaan Taksi mengganti mobil lama dengan mobil baru. Inilah kesempatan bagi sobat otomotif yang mencari mobil mewah dengan harga murah, karena pada umumnya perusahaan Taksi menjual mobil bekas dengan harga sangat murah. Harganya tergantung dari tipe mobil dan tahun produksinya. Sebelum sobat membeli mobil bekas taksi, silakan simak tips berikut ini.

Lihat juga

Kementerian ESDM Pastikan Regulasi Mobil Listrik Segera Terbit

19/01/2019

Pasar mobil

Lama ditunggu-tunggu regulasi mobil listrik di Indonesia menemukan titik terang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut regulasi tersebut sudah masuk tahap final dan bakal segera terbit tahun 2019 ini.

Lihat juga

Hadapi Perusahaan Cina, Toyota Gandeng Panasonic untuk Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik

26/01/2019

Pasar mobil

Dengan rencana untuk memproduksi kendaraan listrik di masa depan, Toyota merangkul Panasonic untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih jauh.

Lihat juga
 
back to top