Bidik Pasar Eropa, Hyundai Jajal Bus Listrik Di Jerman

29/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Hyundai Motor melakukan uji coba bus listrik berbahan bakar hidrogen di Kota Munich Jerman dalam rangka memperkenalkan bus tanpa emisi ke pasar Eropa.

Hyundai Motor mulai memperkenalkan mobil komersial ramah lingkungan ke Eropa. Dalam rilisnya akhir pekan lalu, pabrikan otomotif Korea itu mengumumkan tengah melakukan uji coba Elec City Fuel Cell, yaitu bus listrik berbahan bakar hidrogen di Kota Munich Jerman.

“Dalam beberapa minggu mendatang, Hyundai Motor Company akan bekerja dengan operator bus di Jerman untuk menjalankan uji coba layanan  bus Elec City Fuel Cell bertenaga hidrogen saat perusahaan mengeksplorasi peluang untuk memperkenalkan bus nol-emisi ke pasar Eropa.” tulis Hyundai di laman resminya, (26/6/2021).

Kerjasama dengan operator lokal

Hyundai menjelaskan, tahap uji coba kali ini Hyundai menggandeng dua operator bus lokal, yaitu Busbetrieb Josef Ettenhuber GmbH (Ettenhuber) dan Geldhauser Linien- und Reiseverkehr GmbH & Co. KG (Geldhauser). Adapun penyerahan dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen OMV di Wendling, Irschenberg, Bavaria.

Foto bus listrik Hyundai Elec City Fuel Cell

Jalan bus listrik, Hyundai gandeng 2 operator bus Kota Munich Jerman

>>> Kolaborasi Hyundai Dan Grab Percepat Adopsi Armada Mobil Listrik di ASEAN

Kedua operator bakal secara bergantian menjalankan bus, membawa penumpang, dan menempuh perjalanan sesuai rute yang telah ada. Rencananya, Hyundai bakal menggandeng 4 operator bus lagi tahun ini sehingga bus lebih sering berjalan dan lebih banyak penumpang yang diangkut.

“Menjalankan uji coba dalam layanan ini akan membantu kami mengembangkan lebih lanjut kendaraan kami untuk memenuhi persyaratan pelanggan Eropa.” kata Martin Zeilinger, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Unit Teknologi Pengembangan Kendaraan Komersial Hyundai.

Hyundai Elec City Fuel Cell

Bus listrik Hyundai Elec City Fuel Cell bukanlah produk yang benar-benar baru. Di Korea bus ramah lingkungan ini telah tersedia sejak 2019 dengan total bus beroperasi sebanyak 108 unit.

Hyundai Elec City dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar hidrogen berkapasitas tinggi 180 kW, yang terdiri dari dua sel bahan bakar hidrogen 90 kW, dilengkapi dengan lapisan difusi hidrogen yang tahan lama dan membran elektrolit.

>>> Cintamobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Kona Electric

Foto Interior bus Hyundai Elec City Fuel Cell

Bus Hyundai Elec City Fuel Cell mengutamakan kenyamanan dan ramah lingkungan

Tenaga maksimumnya mencapai 241 Hp memberikan banyak tenaga penggerak bahkan dalam kondisi jalan berbukit. Ada lima tangki hidrogen di atap, menyimpan total 34 kg hidrogen untuk jangkauan lebih dari 500 km dengan membawa penumpang penuh.

Hyundai punya peluang besar mengeksplorasi pasar Eropa jika uji coba bus listrik ini berhasil mengumpulkan umpan balik positif dari operator maupun dari para pengemudi.

>>> Tertarik mobil Hyundai, Cek harga dan promo terbarunya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top