Berumur 12 Tahun, Konsep Porsche 550one yang Tak Pernah Diproduksi

07/01/2021

Pasar mobil

2 menit

Bahkan tak banyak penggemar Porsche mengetahui mobil ini; edisi klasik konsep Porsche 550one yang dikembangkan sejak tahun 2008 namun tak pernah diproduksi.

Porsche sebelumnya pernah merilis berbagai konsep yang belum pernah terungkap kamera pada November 2020 silam. Tapi ada satu model yang masih dirahasiakan, yaitu konsep Porsche 550one. Dikembangkan pada tahun 2008, 550one dipesan oleh mantan petinggi Volkswagen Group, Ferdinand Karl Piëch sebagai penghormatan untuk Porsche 550 Spyder James Dean.

Model anyar bergaya klasik

Kemunculan 550one di media sosial diunggah langsung oleh Walter de Silva, desainer yang bertugas mendesain langsung sport car bergaya klasik ini. Mobil yang dirahasiakan selama beberapa tahun ini membawa tampilan layaknya roadster bermesin tengah serta desain intake udara dan knalpot sentral yang mirip dengan model Porsche era 1950-an.

bagian belakang Porsche 550one berwarna abu-abu
Sisi luar menghadirkan kesan klasik dari model Porsche era 1950-an

Dari luar, Porsche mempertahankan edisi klasik sebagai penghargaan untuk 550 Spyder. Sedangkan kesan modern terlihat dari spoiler belakang yang secara otomatis akan menyembul pada kecepatan tertentu. Teknologi yang sama dengan yang digunakan pada Porsche Macan.

>>> Porsche 911 Jadi Mobil Klasik Paling Diburu Kolektor

interior Porsche 550one berwarna abu-abu
Bagian dalam Porsche 550one mendapatkan berbagai teknologi anyar Porsche

Di dalam, ruang kabin lengkap dengan girboks manual 6-percepatan yang diambil dari Audi R8. Interior minimalis memiliki permukaan logam serta pedal alumunium di bagian bawah. Bersama dengan roda kemudi bergaya flat bottom dan tachometer dipasang pada sisi tengah dashboard layaknya model Porsche lainnya.

>>> LeBron James Ternyata Punya Porsche 918 Spyder Hybrid

Kalah dari Porsche Macan

Menurut majalah Italia, Quattroruote, mobil konsep Porsche 550one tidak pernah berhasil karena Volkswagen yang menggawangi Porsche memiliki berbagai proyek lain yang disebut lebih menggiurkan. Daripada berinvestasi dengan produk yang tumpah tindih dengan Porsche Boxster, Porsche menghabiskan uangnya di ranah lain: mendanai pengembangan Porsche Macan untuk mengikuti pasar SUV yang berkembang gila-gilaan.

mobil baru Porsche Macan 2021
Volkswagen lebih memilih untuk mengembangkan Porsche Macan

Sayangnya Karl Piëch meninggal dunia pada tahun 2019 lalu dan pengembangannya terbengkalai hingga saat ini. Sementara Porsche 550one tak pernah berhasil diproduksi, Volkswagen Group menghadirkan model lain yang tak kalah ikoniknya. Audi Quattro dan Bugatti Veyron merupakan yang paling diingat dan berpengaruh hingga saat ini.

Sedangkan VW Group memiliki cara lain untuk mengenang kepergian Karl Piëch. Untuk menghormatinya, Lamborghini menambahkan akhiran “FKP 37” pada nama Lamborghini Sian yang dipasarkan secara daring mulai September 2019. Angka 37 menggambarkan tahun kelahiran sang maestro tersebut.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Menulis bisa dibilang sebagai bagian dari keseharian pemuda ini. Aktif di komunitas teater dan seni selama berkuliah di Sastra Inggris Universitas Andalas hingga tahun 2017, ia sempat membuat beberapa kritik sosial dan budaya yang disebar di media sosialnya. Termasuk bergabung bersama media kritik film di Mariviu.com.
Kuliah di jurusan Sastra, ia tertarik dengan kultur budaya dan kepenulisan. Sampai akhirnya berlabuh di sebuah media online berbahasa Inggris yang menjadi bagian dari salah satu koran lokal di Pekanbaru. Direkrut dari bulan Februari 2017, ia akhirnya melanjutkan perjalanannya hijrah ke Jakarta pada Agustus di tahun yang sama.
Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Terlebih datang ke lingkungan baru yang sama sekali berbeda dengan dunia sastra sebelumnya menjadi rintangan berliku yang ditemuinya. Apalagi mengenal lebih jauh mengenai mesin, teknik berkendara, dan tak ketinggalan istilah-istilah yang jarang didengar oleh khalayak umum.
Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.
Roles
SEO Editor, Cintamobil.com
Experience

  • Februari - Agustus 2017: News24XX.com
  • Oktober 2017 - Desember 2017: Freelance at Cintamobil.com
  • Desember 2017 - Desember 2019: Content Writer at Cintamobil.com
  • Januari 2020 - Sekarang: SEO Editor at Cintamobil.com

 
back to top