Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30

17/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30
Meski truk maupun bus modern lansiran Mercedes-Benz telah mengusung beragam teknologi canggih, tapi ternyata produk mereka sudah siap pakai bahan bakar B30

Komitmen Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dalam mendukung program pemerintah Republik Indonesia melalui kesiapan lini produk kendaraan niaga Mercedes-Benz misal Arocs dan bus chassisnya dalam menggunakan bahan bakar Biodiesel-30 (B30) benar-benar siap direalisasi. Karena, meskipun produk-produk kendaraan niaga lansiran Mercedes-Benz telah mengusung beragam teknologi canggih di dieselnya, ternyata masih bisa 'nenggak' bahan bakar B30 alias Solar B30.

Gambar menunjukkan mesin truk Mercedes-Benz

Meski canggih dan modern, tapi mesin truk dan bus Mercedes-Benz siap "minum" bahan bakar B30

Tentunya kesiapan PT DCVI ini patut diacungi jempol, sebab kini sudah tak tersedia lagi solar "biasa". "Saat ini untuk solar B30 sudah jual besar-besaran, tepatnya sejak tanggal 1 Januari 2020. Bahkan sejak November lalu memang sudah kita distribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Jadi ketika Januari, diharapkan semua SPBU sudah siap jual B30," tukas Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina seperti dikutip pada artikel di website Cintamobil.com beberapa waktu yang lalu.

Gambar menunjukkan Mercedes-Benz Arocs Truck

Salah satu produk yang telah siap minum solar B30 adalah Mercedes-Benz Arocs 2019

Menyambut kebijakan pemerintah Republik Indonesia terkait Biodiesel-30, PT DCVI menyatakan kesiapan seluruh lini produk kendaraan niaga Mercedes-Benz dalam penggunaan solar B30. Baik itu truk maupun bus chassis. Tentunya kesiapan ini dapat diwujudkan dengan melakukan tahap sosialisasi informasi kepada user kendaraan niaga Mercedes-Benz. Yang harus diperhatikan oleh para pengguna kendaraan niaga Mercedes-Benz adalah:

1. Isilah bahan bakar di pompa pengisian resmi

Hal ini perlu dilakukan agar memastikan kendaraan niaga Mercedes-Benz selalu terisi bahan bakar B30 dengan standar kualitas B30. Usahakan mengisi ulang bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar berkode 31 yang dikelola langsung oleh Pertamina. Ini akan meminimalisir kendaraan niaga Mercedes-Benz Anda terisi bahan bakar solar yang "kotor".

2. Monitor secara berkala sistem penyaring bahan bakar

Dengan menggunakan solar B30 maka Anda perlu melakukan monitoring secara berkala sistem penyaring bahan bakar. Itu termasuk saringan pemisah air/water separator pada kendaraan niaga Mercedes-Benz Anda. Lakukan ini di awal penggunaan solar B30, dan segera ganti apabila diperlukan. Jangan menunda, karena berpotensi membuat kendaraan niaga Mercedes-Benz Anda mogok.

>>> Pilihan mobil terlengkap ada di sini

3. Bersihkan tangki bahan bakar secara berkala

Penggunaan BBM berbasis B30 tentunya akan membuat efek samping pada mesin diesel modern. Hal itu lantaran petro-diesel atau solar biasa dengan bio-diesel 30% atau B30 terdapat sedikit perbedaan spesifikasi bahan bakar. Bio-diesel 30% atau bahan bakar B30 punya efek sedikit buruk terhadap mesin, output power-nya sedikit lebih rendah dibandingkan petro-diesel. Maka kuras tangki BBM secara berkala atau paling telat setiap 6 bulan sekali.

4. Interval perawatan harus disesuaikan

Begitu juga dengan interval perawatan alias servis berkala, harus disesuaikan berdasarkan kualitas pelumas yang digunakan, kondisi filter, dan kondisi pengoperasian. Perlu beberapa penyesuaian jika kendaraan niaga Mercedes-Benz Anda menggunakan solar B30. Untuk informasi lebih lanjut tentang B30 terkait dengan pelayanan purna jual, interval perawatan dan rekomendasi lainnya, silakan hubungi dealer resmi DCVI terdekat.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Mesin Diesel Modern "Dipaksa" Minum B100, Apa Efeknya?

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas apa yang dimaksud dengan solar B20, atau B100. Lalu bagaimana efeknya jika digunakan pada mobil dengan mesin diesel yang modern?

Lihat juga

BBN B30 Baru Diluncurkan, Pemerintah Sudah Targetkan B40 dan B50

25/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Bahan Bakar Nabati Biodiesel 30 persen atau BBN B30 baru saja diluncurkan. Meski demikian pemerintah siap melanjutkan ke B40 tahun depan dan B50 di 2021.

Lihat juga

Pertamina Biodiesel B30 Mulai Tersedia, Harga Lebih Murah dari Solar

23/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Pertamina sudah siap untuk memasrkan bahan bakar solar jenis baru, yaitu Biodiesel B30. Bahkan harga bahan bakar ini diklaim lebih murah dari solar biasa.

Lihat juga

DFSK Turut Andil Dalam Uji Coba Dan Perkenalan Solar B30

17/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Program pengembangan bahan bakar alternatif menjadi perhatian serius pemerintah dengan melakukan uji coba dan perkenalan bahan bakar Solar B30. DFSK menjadi salah satu APM yang mendukung penuh program pemerintah dalam menghadirkan solar B30 kepada masyarakat.

Lihat juga

B30 Dimulai 2020, Tahun Ini Pemerintah Mulai Uji Coba

23/05/2019

Pasar mobil

3 menit

Agenda Pemerintah Indonesia terkait Biodiesel nyatanya mulai dikembangkan baru-baru ini. Terbukti pemerintah mengajak kendaraan komersial untuk menguji campuran Biodiesel 30 persen (B30), mengamati dampak yang dihasilkan.

Lihat juga