Bersama Geely, Toyota Bakal Lakukan Ekspansi Besar ke Daratan China

10/09/2018
Menggandeng produsen otomotif paling terkenal di China Geely, Toyota bersiap menghadirkan banyak model mobil masa depan berteknologi ramah lingkungan.

Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,39 miliar (berdasarkan data statistik kependudukan), China dipandang sangat potensial untuk memasarkan produk otomotif. Toyota misalnya, sebagaimana dikutip dari Autonews, Sabtu (8/9/2018) saat ini tengah merencanakan ekpansi besar dengan menghadirkan banyak model mobil hybrid. Produsen otomotif asal Jepang itu tidak akan melakukannya sendirian, tapi  menggandeng produsen otomotif paling terkenal di China, Geely.

Foto logo Geely di bagian depan mobil

Produsen otomotif asal China, Geely menaungi banyak merek otomotif terkenal di dunia (foto: global.geely.com)

Meski belum ada keputusan resmi, tapi pembicaraan soal teknologi kendaraan bensin hybrid sudah dimulai antara dua merek besar tersebut, bahkan melibatkan perusahaan lain yang memasok teknologi baterai listrik di China.

Dan bukan rahasia pembicaraan ini merupakan salah satu strategi Toyota dalam mengembangkan teknologi mobil masa depan dan meningkatkan penjualan di China. Tapi secara spesifik, Toyota masih enggan membuka diri dengan hasil pembicaraan yang tengah dilakukan bersama Geely. Sumber terpercaya yang merupakan orang dalam Toyota hanya mengatakan kerjasama yang hendak dilakukan terfokus pada teknologi elektrifikasi.

"Toyota telah melakukan bisnis dengan kebijakan terbuka, yang juga berlaku untuk bidang teknologi elektrifikasi. Hubungan dengan Geely juga didasarkan pada kebijakan terbuka ini," tutur sumber Toyota yang namanya menolak disebut.

Toyota sendiri saat ini sudah memasarkan model hybrid konvensional di China yaitu Corolla dan Levin yang diluncurkan tahun 2015. Nah, kabarnya Toyota juga bakal menjual dua model tersebut yang bermesin plug-in hybrid mulai tahun depan. Akan sangat menguntungkan bila ini jadi kenyataan. Penjualan Corolla dan Levin bakal mengalami peningkatan sebab pemerintah China sangat mendukung dengan keberadaan mobil-mobil ramah lingkungan.

>>> Kerjasama Berlanjut, Geely Dorong Ekspansi Proton ke Pasar Global

Foto Toyota Levin Hybrid tampak dari depan

Toyota Levin Hybrid sudah dipasarkan di China sejak 2015 (foto: Toyota Global)

Begitu pula dengan Geely, produsen otomotif di China ini bakal makin meningkat pamornya dengan adanya hubungan kerjasama ini. Saat ini Geely telah menaungi banyak merek otomotif ternama di dunia seperti Lynk & Co, Lotus, Proton, Volvo, Polestar dan yang lain. Untuk model kendaraan listrik, Geely punya produk unggulan yang telah dipasarkan di China, yaitu Emgrand EV.

>>> Ingin membeli mobil Nissan terbaru? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Foto Interior mewah Emgrand EV

Interior mewah Geely Emgrand EV dihias aksen biru khas mobil listrik (foto: global.geely.com)

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0