Berkendara Keluar Kota Wajib Pakai Masker Kain 3 Lapis

28/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Satgas Covid-19 mewajibkan siapapun yang berkendara keluar kota saat PPKM untuk memakai masker kain 3 lapis atau memakai masker medis dengan cara yang benar.

Sejumlah aturan berlaku di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 saat ini, termasuk dalam memakai masker. Selain dilakukan dengan cara yang benar, masker yang dipakai juga harus memenuhi ketentuan.

Masker kain 3 lapis atau masker medis

Berdasarkan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19, pengendara yang melakukan perjalanan atau berkendara keluar kota / wilayah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum wajib memakai masker dengan cara yang benar dan jenis masker yang sesuai ketentuan.

“Pengetatan protokol kesehatan perjalanan orang yang perlu dilakukan berupa : a. Penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut; b. Jenis masker yang digunakan oleh pelaku perjalanan adalah masker kain 3 lapis atau masker medis;” tulis SE yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito tersebut, pada Senin (26/7/2021).

>>> Jangan Lupa Pakai Masker di Dalam Mobil, Ini Alasannya

Foto menunjukkan masker medis

Masker menjadi barang wajib selama pandemi Covid-19

Selain masker aturan lainnya yaitu menghindari saling berbicara antar pengendara selama di perjalanan, baik antar penumpang maupun penumpang dengan pengemudi. Dilarang juga makan dan minum jika perjalanan dilakukan menggunakan penerbangan yang kurang dari 2 jam.

Untuk aturan lainnya mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021. Seperti menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama untuk perjalanan jauh, menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 hasil tes PCR atau hasil Rapid Test Antigen, menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) bagi pekerja formal, serta persyaratan yang lain.

Aturan masker di atas berlaku mulai sejak ditetapkan, yaitu 26 Juli 2021. Adapun waktu berakhirnya belum bisa ditentukan. Satgas akan mengevaluasi dan menyesuaikan perkembangan di lapangan.

Protokol perjalanan diperketat

Seiring perpanjangan PPKM Level 4 dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021, Pemerintah melalui Satgas Covid-19 telah mengetatkan protokol kesehatan.

Berdasarkan SE Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021 individu yang melakukan perjalanan atau berkendara keluar kota wajib mematuhi protokol kesehatan 6M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari makan bersama.

>>> Berikut Ini Pengendara yang Tidak Wajib Menunjukkan Kartu Vaksin

Foto menunjukkan polisi Aceh Utara memasang stiker imbauan memakai masker

Imbauan memakai masker dilakukan dengan beragam cara

>>> Cegah Covid-19, Ini Perlengkapan yang Perlu Dibawa dalam Kendaraan

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top