Berkat Insentif Pajak, Penjualan Mobil Bekas Malaysia Melonjak Tajam

12/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Berkat Insentif Pajak, Penjualan Mobil Bekas Malaysia Melonjak Tajam
Adanya insentif pajak rupanya turut mempengaruhi penjualan mobil bekas Malaysia. Penjualannya meningkat tajam bahkan sudah hampir pencapaian tahun lalu.

Tak cuma mobil baru, penjualan mobil bekas juga turut menjadi korban dari penyebaran wabah virus corona. Seperti di Malaysia yang melaporkan adanya penurunan penjualan mobil bekas saat pandemi mulai menyebar luas. 

Namun tak mau berlarut-larut, pemerintah Malaysia kemudian mengambil langkah agar penjualan mobil bekas bisa kembali bergairah yakni dengan memberikan insentif. Insentif tersebut diberikan pemerintah negeri jiran saat Malaysia menerapkan Movement Control Order (MCO) atau kalau di dunia lebih dikenal dengan lockdown. 

Terbukti, langkah ini diklaim berhasil dan dalam meningkatkan penjualan mobil bekas Malaysia.

penjualan mobil bekas

Penjualan mobil bekas di Malaysia terbantu insentif pajak

>>> Penduduk Banyak, Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Kalah dari Malaysia

Berhasil Meningkatkan Penjualan Dibanding Tahun Lalu 

Dilansir Bernama, Senin (12/10/2020), penjualan mobil bekas terlihat meningkat tajam pada kuartal tiga tahun 2020. Dealer-dealer mobil bekas di Malaysia pun melaporkan bahwa mereka perlahan-lahan sudah mulai pulih. 

Presiden Federation of Motor and Credit Companies Association of Malaysia (FMCCAM), Datuk Tony Khor menyebut pada Juli sudah terlihat adanya peningkatan sebesar 25 persen menjadi 37.800 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Kemudian pada periode Agustus dan September juga terjadi peningkatan sebesar 17 persen. 

"Insentif dari pemerintah selama penerapan MCO, terutama soal pembebasan pajak membuat penjualan mobil sangat meningkat. Dalam tiga bulan terakhir kami mencatat penjualan mencapai 112.400 unit," ungkap Khor. 

Kemudian pada kuartal ketiga penjualan telah mencapai 280.000 unit dan hampir menyamai penjualan tahunan karena permintaan terus tinggi lantaran adanya pembebasan pajak yang masih berlangsung," jelas Khor lagi. 

>>> Diskon Pajak Ampuh Tingkatkan Penjualan Mobil di Malaysia

Diprediksi Hanya Sementara

Tak bisa dipungkiri, adanya pandemi Covid-19 membuat banyak pihak harus pintar mengatur keuangannya termasuk saat harus membeli mobil. Pada kesempatan ini, mobil bekas justru menjadi 'barang panas' karena harganya yang lebih murah ketimbang membeli model baru.

penjualan mobil bekas

Diprediksi hanya berlangsung sementara

Tidak sedikit juga warga Malaysia yang meminang mobil bekas untuk menghindari kerumunan di transportasi umum. 

"Permintaan akan mobil bekas saat MCO rata-rata mobil yang memiliki harga 30.000-40.000 ringgit," tutur Khor. 

"Untuk modelnya juga yang tengah laris di segmen mobil baru seperti Perodua Myvi. Myvi itu pilihan nomor satu, kemudian ada Toyota Vios, Honda City, dan juga Proton Saga serta Persona," kata Khor.

Khor juga menegaskan fenomena melonjaknya penjualan mobil bekas Malaysia mungkin hanya terjadi untuk sementara waktu. Ia memprediksi bahwa jika nantinya moratorium insentif pajak tak lagi berlaku, maka permintaan mobil bekas tidak akan sekuat sekarang. 

"Mungkin 'mood' untuk membeli akan mulai melambat pada Oktober. Kami berharap pemerintah bisa memperpanjang kebijakan dalam tiga bulan ke depan hingga 31 Desember untuk mendukung industri ini semasa pandemi," pungkas Khor.  

>>> Simak Fitur Honda CR-V Facelift yang Sudah Open Inden di Malaysia 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019, Love At The Sight?

29/03/2019

Editor rate:

Toyota C-HR merupakan salah satu mobil yang paling sensasional dari Toyota. Meskipun tidak terlalu bergema di negeri kita karena harganya yang mahal, namun Toyota C-HR cukup diminati di negara lain, salah satunya negara tetangga kita Malaysia. Inilah ulasan dari kami mengenai review Toyota C-HR 1.8L Malaysia 2019

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2019 Malaysia

30/11/2018

Editor rate:

Hanya di Cintamobil.com, kami mendapatkan kesempatan istimewa mengetes mobil yang tidak dijual bebas di Indonesia. Berikut ini kami persembahkan review Daihatsu Sirion Malaysian Domestic Market atau di Malaysia akrab disapa dengan Perodua Myvi 1.5L AV 2019

Lihat juga

Di Malaysia, Sepeda Masuk Tol Bisa Didenda Rp 7 Juta!

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Malaysia juga melakukan pelarangan sepeda masuk tol. BIla ada warganya yang kedapatan naik sepeda di jalan tol sanksi denda hingga Rp 7 juta sudah menanti.

Lihat juga

Mitsubishi Xpander di Malaysia Pakai Suspensi Mirip Lancer Evo X?

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Santer beredar kabar bahwa Mitsubishi Xpander di Malaysia bakal mengusung komponen suspensi yang mirip dengan sedan Lancer Evolution X, benarkah demikian?

Lihat juga

Mercedes-Benz GLB 2020 Debut di Malaysia, Indonesia Menyusul

23/09/2020

Mobil baru

3 menit

Malaysia menjadi salah satu negara ASEAN yang menerima generasi kedua Mercedes-Benz GLB 2020. Nantinya, SUV kompak ini juga akan diperkenalkan di Indonesia.

Lihat juga