Berita Mobil Hari Ini: Toyota Yaris Terbakar dan Kepergian Chevrolet dari Indonesia

29/10/2019

Pasar mobil

2 menit

Berita Mobil Hari Ini: Toyota Yaris Terbakar dan Kepergian Chevrolet dari Indonesia
Berita mobil terbaru di Tanah Air dipenuhi oleh kabar tentang General Motor yang menghentikan penjualan mobil mereka di Indonesia serta kebakaran yang terjadi pada sebuah Toyota Yaris di Cengkareng, Jakarta Barat.

Berita mobil terbaru hari ini dipenuhi oleh kabar tak mengenakan dari pabrikan asal Chevrolet. Pabrikan dengan sejarah lebih dari 90 tahun di Indonesia menyetop penjualan mobil di Indonesia per Maret 2020 mendatang. Selain itu, Toyota Yaris yang terbakar di daerah Cengkareng, Jakarta Barat pun menjadi menghiasi berita mobil hari ini.

Berita mobil terbaru: Toyota Yaris terbakar

Terbakarnya satu unik Toyota Yaris di depan Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Jalan Kemal Raya, Jakarta Barat pada Senin (28/10) sore kemarin diduga akibat konsleting listrik pada mesin mobil. Dilansir dari berbagai sumber, estimasi kerugian diprediksi kurang lebih Rp50 juta. Beruntungnya, insiden tersebut tidak menelan korban jiwa.

Toyota Yaris berwarna putih yang terbakar
Kebakaran Toyota Yaris terjadi di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat

>>> Mencari mobil Toyota baru atau bekas? Dapatkan daftarnya di sini

Video Yaris terbakar di kawasan Cengkareng Barat tersebut menjadi viral di media sosial pada Senin malam. Untuk menanggulangi api membesar, satu unit pemadam kebakaran dikerahkan. Terlihat beberapa percikan api keluar dari mobil ketika dipadamkan. Setelah api berhasil dipadamkan, sebagian besar bodi mobil tampak gosong, meskipun bagian kap mobil masih terlihat putih.

Dalam keterangannya, Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Rompis Romli menyebutkan, "Kami terima laporan (pukul) 18.04 WIB, pemdaman berlangsung 25 menit."

>>> Review Chevrolet Spin Activ 2014: Digdaya Chevrolet di Tanah Air

Kepergian Chevrolet hiasi berita mobil hari ini

Kepergian Chevrolet menjadi sorotan media otomotif Tanah Air. Mempertimbangkan kondisi pasar yang tidak menguntungkan, General Motors memastikan menghentikan penjualan Chevrolet di Indonesia mulai akhir Maret 2020. Dalam sepuluh tahun terakhir, penjualan terbesar Chevrolet berada pada angka 15.643 unit pada 2013.

diler Chevrolet berwarna putih di Indonesia
Penjualan Chevrolet di Indonesia terus mengalami kemerosotan

Perolehan penjualan Chevrolet di Indonesia pun mengalami penurunan. Melihat data penjualan tahun 2018, Chevrolet mencatatkan angka wholesales 2.509 unit. Tapi sejak awal tahun hingga September, catatan penjualan wholesale Chevrolet baru menyentuh 970 unit berdasarkan data yang dirilis oleh Gaikindo.

>>> General Motors Menyerah, Ini Data Penjualan Chevrolet di Indonesia

Kepergian Chevrolet menambah daftar pabrikan Amerika di Indonesia yang angkat kaki dari persaingan otomotif Tanah Air. Sebelumnya, Ford dan Chrysler lebih dulu keluar dikarenakan catatan penjualan yang kurang mengesankan.

Chevrolet Spin berwarna hitam diperkenalkan di Indonesia 
Chevrolet Spin, model terakhir Chevrolet yang diperkenalkan di Indonesia

Praktis, saat ini hanya Jeep yang menjadi pabrikan Amerika terakhir yang masih berjualan di Indonesia. Berada di bawah naungan Hascar Group, Ari Utama selaku Chief Executive Officer Hascar Group menyebutkan akan menata ulang strategi untuk memastikan Jeep mampu hadir lebih lama di industri otomotif Tanah Air.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top