Berapa Sih Penurunan Harga Mobil Baru Setiap Tahun?

04/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Depresiasi atau penurunan harga mobil baru tak bisa dipungkiri akan terjadi. Berapa ya besaran penurunan harga mobil baru yang terjadi setiap tahunnya?

Tak semua orang memikirkan depresiasi harga saat membeli mobil baru. Tapi ini tak berarti Anda tak bisa menjadikannya salah satu pertimbangan. Depresiasi mobil adalah selisih harga mobil saat Anda membeli dan menjualnya kembali. Penyusutan harga pada mobil sudah dimulai ketika kendaraan itu keluar dari dealer untuk menuju tempat konsumen. 

Penurunan harga mobil baru ini tak bisa disamaratakan karena tergantung beberapa faktor. Misalnya Anda membeli mobil tahun 2021 untuk model A, bisa jadi akan ada perbedaan penyusutan harga dengan model serupa namun tahun berbeda. Adanya fitur, sejumlah pembaruan mempengaruhi hal tersebut. 

penurunan harga mobil

Depresiasi pada mobil baru pada tahun pertama berkisar 23,5%

>>> Kala Pemilik Supercar Mengeluh Harga Bensin Naik

Penurunan Harga Mobil Dipengaruhi Banyak Hal

Membeli mobil pada tahun terkini bukan tak berarti bebas dari penyusutan harga. Depresiasi selalu ada sekalipun mobil yang Anda miliki keluaran terbaru. Hanya saja mungkin depresiasinya tidak besar dibandingkan model terdahulu. Modelnya pun mempengharuhi, mobil mewah misalnya yang punya biaya perawatan tinggi akan terpengaruh ke depresiasi. 

Mengutip Motor Biscuit, penyusutan harga mobil baru biasanya berkisar 23,5% dari harga jualnya pada tahun pertama kepemilikan. Kemudian untuk lima tahun pertama setidaknya penurunan harga mobil mencapai 60%. 

Dengan kata lain bila Anda membeli mobil bekas berusia lima tahun bisa memangkas depresiasi namun tetap mendapatkan kendaraan terkini dengan fitur dan teknologi yang tak ketinggalan. Selain depresiasi, saat membeli mobil baru ada sederet hal yang patut Anda pertimbangkan seperti pajak, asuransi, biaya cicilan jika dibeli secara kredit hingga biaya registrasi kendaraan. 

Tapi pertimbangan tentu bukan hanya depresiasi dan segala biaya yang mengikutinya. Saat membeli mobil baru tentu Anda mendapatkan garansi setidaknya selama lima tahun yang bisa meminimalisir biaya perawatan. Ini tentu faktor penting bagi mereka yang ogah ambil pusing memikirkan ekstra biaya untuk perawatan mobil. 

penurunan harga mobil

Membeli mobil baru meminimalisir kekhawatiran akan biaya perawatan

>>> Tanpa Diskon PPnBM, Simak Harga Mobil LCGC Saat Ini

Depresiasi Mobil Bekas Cenderung Lebih Kecil

Beda halnya dengan mobil bekas, Anda memang mendapat mobil dengan harga lebih murah dan fitur tak kalah canggih tetapi untuk perawatan tentu lain lagi. Melansir laman Daihatsu Indonesia, penyusutan harga mobil bekas cenderung lebih kecil yakni berkisar 10-15%. 

Kemudian di tahun kedua, penyusutan harganya ada di kisaran 8-10 persen. Semakin tua mobil justru depresiasinya makin kecil. Potensi depresiasi yang kecil ini menjadi keunggulan tersendiri bagi. Dengan membeli mobil bekas, berarti Anda memiliki kendaraan yang depresiasinya tidak terlalu besar.

>>> Cintamobil TV: Pilihan Mobil Baru Terbaik Harga Rp 250 Juta

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top