Berani Merokok Di Mobil Rental Ini, Siap-Siap Didenda Rp 2,7 Juta

11/10/2018

Pasar mobil
Perokok berat sering kali tak peduli dengan situasi dan kondisi. Tidak di rumah, di jalanan, di taman, di perkantoran, di pasar, di stasiun, di dalam kereta api, di dalam mobil hingga dimana pun mereka berada asal tak ada rambu larangan pasti merokok. Khusus yang ini beda, siapapun yang ketahuan merokok di mobil rental ini siap-siap bakal didenda Rp 2,6 juta atau dipolisikan.

Foto seorang merokok sambil mengemudi

Betapa susahnya meninggalkan kebiasaan buruk merokok

Kebiasaan merokok bagi sebagian orang adalah kenikmatan. Mereka tak lagi peduli dengan peringatan bahaya yang tertera dalam kemasan bungkus rokok. Mereka juga tak menggubris saran dokter kalau kesehatan mereka bakal digerogoti oleh racun dalam asap rokok itu. Yang lebih memprihatinkan, para perokok sering tidak punya kepedulian pada orang lain. Dimanapun mereka berada asal bisa merokok pasti akan merokok meski terkadang mengganggu kenyamanan bahkan membahayakan orang lain.

Seperti contoh, kebiasaan merokok saat berkendara baik mobil maupun motor berpotensi mencelakakan pengguna jalan lain di belakang karena percikan apinya bisa mengenai tubuh. Beberapa kasus malah ada yang mengenai mata sampai menimbulkan cidera cukup parah.

Untuk urusan yang satu ini salah satu rental di Jepang punya cara mengatasi. Dilansir dari BestCarWeb.jp, perusahaan rental mobil Nippon Rent a-Car menerapkan aturan baru yang harus dipenuhi konsumen. Selain menyiapkan jaminan berupa tanda pengenal serta membayar biaya sewa seperti yang dicantumkan, konsumen tidak diperbolehkan merokok di dalam mobil yang disewanya. Bahkan kalau sejak awal diketahui calon konsumennya adalah perokok berat perusahaan tidak bakal mengizinkan buat menyewa mobil. Selain banyaknya komplain yang masuk dari para pelanggan kalau mobil yang disewanya benar-benar tidak nyaman karena bau asap rokok, Nippon Rent a-Car memberlakukan aturan baru ini demi mendukung kampanye kesehatan pemerintah dalam rangka menyambut even olah raga terbesar sedunia Olimpiade Tokyo 2020.

>>> Baca juga: Tawarkan Layanan Kelas Wahid, Jasa Carter Mobil Ini Tak Pernah Sepi Meski Tarifnya Super Mahal

Foto pelayanan sewa mobil di Nippon Rent a Car Jepang

Nippon Rent a Car melarang pelanggannya merokok di dalam mobil

BestCarWeb menulis aturan baru ini sebenarnya telah diumumkan sejak April 2018 lalu dan telah diterapkan di kota Hokkaido dan Kyushu. Namun karena semakin banyak komplain yang masuk larangan merokok ini diperluas ke seluruh Jepang mulai Oktober 2018 dan berlaku untuk semua jenis mobil penumpang baik kelas Standard, Luxury, Stationwagon, SUV, Hybrid, Clean Diesel, dan Minivan. Pihak Nippon Rent a-Car mengaku gara-gara bau asap rokok di mobil sewaannya, perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli banyak deodoran dan penghilang bau apek. Itupun tak sepenuhnya berhasil karena aroma rokok yang menempel pada mobil begitu kuat.

Sebagai ancaman agar aturan ini benar-benar dipatuhi, Nippon Rent a-Car mengeluarkan ancaman bagi konsumen yang ketahuan merokok di dalam mobil rental bakal didenda sebesar JPY 20.000 atau setara dengan Rp 2,7 jutaan (Kurs JPY 1 = Rp 135). Bila tidak diindahkan, konsumen bakal dipolisikan dan berurusan dengan hukum.

Wah, cemerlang juga ide Nippon Rent a-Car. Bagaimana jika diterapkan di Indonesia?

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Intip daftar harga dari Cintamobil.com di sini

 

Foto salah satu bus rental di Nippon Rent a Car

Nippon Rent a-Car ingin memastikan semua mobil sewaannya nyaman

>>> Cek berita informasi otomotif terbaru di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top