Beralih Fokus Menjadi Alasan Ford Hentikan Penjualan Sedan di Amerika Utara

02/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Beralih Fokus Menjadi Alasan Ford Hentikan Penjualan Sedan di Amerika Utara
Melihat penurunan permintaan konsumen dan profitabilitas produk, Ford telah mengumumkan untuk menghentikan sebagian besar penjualan mobilnya di Amerika Utara. Nantinya, Ford diprediksi tidak akan berinvestasi pada generasi sedan berikutnya.

Dalam rilisan terbaru, raksasa otomotif ini akan ‘bertransisi ke dua kendaraan’ Mustang yang masih belum dipastikan namanya dan Ford Active, menjadi satu-satunya mobil tradisional yang akan dijual di wilayah tersebut.

Pengurangan mobil tradisional ini memang sudah lama terdengar. Konsumen Amerika Utara semakin beralih pada crossover, truk dan SUV dibandingkan sedan dan mobil kecil. Dengan faktor-faktor seperti efesiensi bahan bakar yang dimiliki SUV dan truk, hingga peringkat keselamatan dan kualitas berkendara semakin membuat konsumen jatuh cinta.

Gambar yang menunjukan mobil baru Ford Active berwarna putih

Bersama Mustang, Ford Active dipertahankan untuk pasar Amerika Utara

Karena itu, dalam keterangan resminya, perusahaan multinasional Amerika yang berbasis di Dearborn, Michigan ini akan mengembangkan kendaraan baru dengan kilasan crossover. Ford Edge dengan aksen putih ini akan diprediksi “menggabungkan atribut terbaik dari mobil dan ultilitas, seperti ketinggian berkendara, uang, dan fleksibilitas”.

>>> Baca juga Ford Focus mendapatkan facelift untuk ulang tahun ke 20-nya

Pengumuman ini muncul setelah beberapa saat lalu Ford mengungkapkan antusiasmenya pada segmen SUV dan truk sampai memprediksi bahwa segmen SUV akan mencapai separuh dari seluruh pasar ritel industri di AS pada 2020. Itulah sebabnya Ford mengubah investasi sebesar $ 7 Milliar ke segmen SUV.

Gambar yang menunjukan mobil Ford Edge berwarna putih yang sedang melaju di jalan

Ford diprediksi akan berinvestasi pada Ford Edge

Pada 2020, Ford bertujuan untuk memiliki SUV berperforma tinggi di pasaran, dengan lima powertrains hibrida dan satu mobil berbaterai listrik sepenuhnya. Dengan dorongan besar hibrida di sisi SUV ini, Ford mengharapkan penjualan melebihi Toyota pada 2021 yang saat ini masih menjadi pemimpin dalam segmen ini.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Saat ini, Ford menawarkan enam sedan dan coupe di Amerika Utara, yaitu Fiesta, Focus, Fusion, Mustang, C-Max, dan Taurus. Line up ini awalnya cukup laris di beberapa segmen, dengan Fiesta kompak ke Focus ukuran menengah, C-Max dan Fusion ke Taurus unuk ukuran penuh, serta Mustang yang berdiri sendiri sebagai satu-satunya Coupe.

Gambar yang menunjukan mobil baru Ford Lincoln berwarna biru dari Ford

Ford Lincoln akan menjadi salah satu andalan Ford yang ditarik

Kemungkinan, sedan Lincoln akan hilang dari peredaran. Lincoln saat ini menjual MKZ berukuran sedang dan Continental berukuran penuh. Jika Ford menghentikan pembanguan platform sedan, bukan tak mungkin Lincoln akan menderita akhirnya.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top