Beragam Kronologi Kecelakaan Truk di Jalan Raya

25/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Beragam Kronologi Kecelakaan Truk di Jalan Raya
Truk kerap disalahkan saat terlibat kecelakaan, padahal tidak selalu demikian. Berikut beberapa kronologi kecelakaan truk di jalan raya yang kerap terjadi.

Kecelakaan yang melibatkan truk kerap terjadi di jalanan Indonesia dan selalu mengakibatkan kerugian besar. Dari kerusakan kendaraan, properti, dan infrastruktur hingga korban jiwa yang terluka maupun meninggal dunia.

Beragam kronologi

Dilihat dari runtutan kejadian atau kronologinya penyebab kecelakaan truk beragam dan belum tentu pula truk menjadi penyebab utama. Beberapa kasus kecelakaan terjadi dengan kronologi sebagai berikut:

Menabrak truk yang berhenti di bahu jalan

Foto mobil menabrak truk yang sedang parkir

Waspadai truk parkir di bahu jalan

Yang pertama ini kerap terjadi di jalan tol, dimana kendaraan lain menabrak truk yang sedang berhenti di bahu jalan karena darurat. Kecelakaan seperti ini terjadi karena pengendara kurang disiplin mematuhi aturan larangan menyalip melalui sebelah kiri atau bahu jalan saat berkendara di jalan tol.

Secara teori saat akan menyalip lewat kiri, pandangan ke arah depan tidak sepenuhnya leluasa. Terlebih jika kendaraan yang diikuti berdimensi besar dan tinggi. Karena tidak memiliki area pandang yang baik, pengemudi tidak mengetahui ada truk sedang berhenti. Walhasil saat pengemudi tancap gas untuk menyalip kecelakaan tidak terhindarkan.

>>> Ini Sebabnya Kecelakaan di Jalan Tol Selalu Fatal

Menabrak truk yang berjalan pelan

Foto truk menabrak truk lain karena pengemudi mengantuk

Kurang konsentrasi bisa mencelakakan

Hampir sama dengan kasus di atas, kecelakaan truk dengan kronologi ini sering terjadi karena pengendara kurang waspada dan konsentrasi. Di jalan tol, truk berjalan di lajur kiri karena jalannya pelan. Begitupun kendaraan lain juga harus berjalan di lajur kiri dan memanfaatkan lajur kanan hanya untuk overtake atau menyalip.

Artinya karena berjalan di lajur kiri dimana ada kendaraan berat berjalan pelan seharusnya pengendara lebih waspada dan mengurangi kecepatan. Faktanya banyak pengendara tetap kencang di lajur kiri lalu gugup saat mengetahui tiba-tiba ada kendaraan berat sudah berjarak sangat dekat.

>>> Hati-Hati Lewati Jalan Menanjak di Belakang Truk!

Gagal dikendalikan karena mengalami rem blong

Foto Truk menabrak gardu

Rem blong, truk menabrak gardu

Kecelakaan truk berikutnya karena truk mengalami rem blong. Bisa jadi karena beban muatan terlalu berat melebihi batas (overload) atau karena sistem pengereman kendaraan kurang prima. Seperti kasus kecelakaan Tol Cipularang pada 2 September 2019. Dua truk kelebihan muatan tanah sama-sama gagal dikendalikan karena mengalami rem blong mengakibatkan kecelakaan dahsyat.

Secara truk rem blong hampir pasti mengalami kecelakaan karena tidak ada cara lain untuk berhenti selain dicelakakan, baik itu kecelakaan tunggal maupun melibatkan objek lain.

>>> Tips Berkendara Aman Menghadapi Truk di Jalan

Melorot karena tidak kuat menanjak

Foto Truk terguling setelah tidak kuat menanjak

Lebih baik jaga jarak agar tak jadi korban

Kecelakaan truk lain yang kerap terjadi yaitu disebabkan truk tidak kuat saat di tanjakan dan melorot. Umumnya terjadi karena beban terlalu berat, tanjakan terlalu terjal, atau kondisi kendaraan kurang prima. Saat melorot apapun yang ada di belakang bakal jadi sasaran. Bisa juga  truk terguling atau terjungkal karena tidak ada objek yang mengganjal.

Bagaimanapun kronologinya, para pengendara harus waspada saat bertemu kendaraan berat di jalan raya. Mereka bisa menimbulkan bahaya yang tidak pernah diduga sama sekali.

>>> Tips & trik lainnya dapat Anda lihat di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ini Sebabnya Kecelakaan di Jalan Tol Selalu Fatal

24/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Insiden di jalan raya bukan hal baru, namun kecelakaan di jalan tol hampir selalu berakibat fatal, dari kerusakan parah hingga menimbulkan korban jiwa.

Lihat juga

Sering Lihat Hp, Kecelakaan Ojol Naik 79%

05/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Catatan negatif Ditlantas Polda Jateng, seringnya driver melihat Hp membuat kecelakaan OJOL di tahun 2019 naik hingga 79 persen dan pelanggaran naik 30 persen.

Lihat juga

Waduh, Pengemudi Ini Alami Kecelakaan Akibat Wiper Mobil Tesla Model 3

03/08/2020

Event - Promosi

5 menit

Seorang pengemudi di Jerman harus rela didenda dan tidak moleh nyetir mobil akibat lalai saat mengoperasikan wiper mobil Tesla Model 3. Wah apa penyebabnya?

Lihat juga

Hati-Hati, Mengemudi Terlalu Pelan di Jalan Tol Bisa Picu Kecelakaan

30/07/2020

Pengemudian

3 menit

Wajib diketahui bahwa bukan hanya melebihi kecepatan saja yang berbahaya, mengemudi terlalu pelan di jalan tol juga bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Lihat juga

Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Salah Satu Penyebab Terbesar Kematian di Dunia

25/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengingatkan bahwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) menjadi salah satu penyebab terbesar kematian manusia di dunia.

Lihat juga
 
back to top