Bentley Pilih SUV Sebagai Mobil Listrik Pertamanya

04/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Bentley Pilih SUV Sebagai Mobil Listrik Pertamanya
Siap menjadi brand premium elektrik tahun 2030, Bentley menyiapkan langkah pertama menuju elektrifikasi dengan sebuah SUV sebagai mobil listrik pertamanya.

Bentley diberitakan akan mengganti seluruh line-up mobilnya menjadi EV pada tahun 2030. Sebagai langkah awal, brand premium Inggris itu menyiapkan sebuah SUV sebagai mobil listrik pertamanya.

>>> Jurus Berkendara Menyenangkan ala Bentley Continental GT Speed Convertible

Menggunakan platform SSP, launching tahun 2025

Dilansir Car Magazine, mobil listrik Bentley akan menggunakan platform SSP yang dipakai proyek Artemis Audi, yang dialokasikan untuk penggunaan di seluruh lini Volkswagen Group.

Mobil konsep Bentley EXP 100 GT Concept

Mobil listrik Bentley  akan dibangun di atas platform SSP dengan bantuan Audi

“Dengan mobil kami saat ini, kami harus masuk ke ranah teknis setelah platform selesai dibangun. Perbedaanya yakni dengan Artemis, kami ada di sana sejak awal, dan membantu mendefinisikannya. Kami tidak mempeloporinya, tapi kami akan menerima manfaatnya,” ujar CEO Bentley, Adrian Hallmark.

Pengembangan platform mobil listrik Bentley ini akan dikepalai oleh Audi, dengan Hallmark menekankan sinergi antara Audi dan Bentley dalam hal elektrifikasi. Lebih jauh, ia juga menekankan bahwa EV pertama Bentley akan berbentuk SUV, dan dirumorkan hadir tahun 2025.

>>> Lalui Tiga Generasi, Bentley Produksi Continental GT Ke-80 Ribu

Plug-in hyrbid jadi langkah pertama

Langkah awal menuju mobil listrik Bentley sudah dimulai tahun ini, brand mewah Inggris itu sudah meluncurkan Bentayga PHEV, yang memadukan mesin V6 3.0L Turbo yang menghasilkan 443 HP dan torsi 700 Nm, yang bisa menempuh jarak 50 km dengan mode EV.

Bentley Bentayga Hybrid

Kemungkinan Bentayga akan menjadi EV pertama Bentley

Sebelum kemunculan EV pertama Bentley, kemungkinan akan hadir dua PHEV lagi, yakni Flying Spur dan Continental GT.

Menghadirkan EV juga akan mengubah cara Bentley membuat mobil, seperti dijelaskan oleh Hallmark. Karena sebagian besar pabrikan cednerung memulai dengan desain mentah, dan kemudian mencari cara membuatnya.

“Dengan EV, Anda perlu membangun mobil dengan cara lain, contohnya Jaguar I-Pace,yang dibangun dengan baterai sebagai inti. Hal itu memberikan wheelbase, dan tinggi untuk memudahkan penumpang masuk.”

“Setelahnya, aerodinamika menjadi faktor penting berikutnya, dan desain berada di urutan terakhir,” lanjut Hallmark. “Meski beralih ke EV, kami tak bisa mengabaikan DNA kami, tapi kami harus menafsirkannya kembali jadi sedikit lebih progresif.

Melibatkan Audi dalam pengembangannya, menarik untuk melihat bagaimana Bentayga, yang sepertinya akan jadi mobil listrik pertama Bentley, didesain ulang. Khususnya dengan Audi yang sudah memiliki SUV listrik seperti e-Tron atau e-Tron Sportback.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top