Bentley Continental GT Dinobatkan Sebagai Penguasa Baru Pikes Peak

02/07/2019

Pasar mobil

5 menit

Usai mematahkan rekor milik Porsche 911 Turbo S yang bertahan selama empat tahun, Bentley Continental GT kini menjadi mobil produksi tercepat di Pikes Peak.

Awal Juni lalu, Bentley mengumumkan rencananya untuk coba mematahkan rekor mobil produksi tercepat pada Pikes Peak 2019 dengan sebuah Bentley Continental GT. Jujur, itu cukup mengejutkan mengingat pabrikan mobil super mewah asal Britania Raya tidak memiliki reputasi sebagai pemecah rekor kecepatan.

>>> Simak review Bentley Continental GT di sini

Namun, pada akhirnya Bentley Continental GT mengklaim rekor mobil produksi tercepat usai menuntaskan jalur sepanjang 12,42 mil (19,98 kilometer) dalam waktu 10 menit 18,488 detik. Ini lebih cepat 8,4 detik ketimbang rekor Pikes Peak sebelumnya, yang ditorehkan Porsche 911 Turbo S 2014 lalu.

Bentley Continental GT beraksi di Pikes Peak 2019

Bentley Continental GT mematahkan rekor milik Porsce 911 Turbo S yang ditorehkan 2014 lalu

Garis start Pikes Peak International Hill Climb berada di ketinggian 2.835 meter di atas permukaan laut, dan melewati jalur dengan tingkat elevasi 1.524 meter dengan 156 tikungan.

Salah satu tantangan di ajang Pikes Peak adalah tingkat kepadatan udara yang hanya sepertiga dari dataran rendah, yang membuat mesin V12 milik Bentley Continental GT kesulitan mendapatkan udara segar. Pun demikian, mobil ini berhasil melintasi garis finis meski tanpa sedikitpun modifikasi pada mesin W12 bertenaga 626 HP ini.

>>> Temukan mobil baru dan bekas dengan harga terbaik di sini

“Ini adalah finis yang luar biasa untuk balapan yang basah dan bersalju di Pikes Peak,” ujar sang pembalap, Rhys Millen, maestro Hillclimb yang baru saja menambah daftar rekornya di Pikes Peak.

Rhys Millen berpose dengan Bentley Continental GT Pikes Peak

Torehan ini juga menambah daftar rekor Rhys Millen di Pikes Peak

“Kami datang ke sini dengan satu target di benak, yakni menjadi mobil produksi tercepat di Pikes Peak dan mencetak rekor baru. Ini adalah pekan yang sangat luar biasa, hari ini kami mendapatkan kesulitan karena cuaca, namun Bentley Continental GT bertahan hingga garis finis, dan kami saat ini nomor satu.”

>>> Simak berita balap lainnya di sini

Rekor ini merupakan yang kedua bagi Bentley, setelah satu tahun sebelumnya memecahkan rekor SUV produksi tercepat di Pikes Peak dengan Bentley Bentagya, dan Millen di balik kemudi.

“Rekor baru ini kembali membuktikan semangat serta keinginan untuk mendorong batas-batas performa dalam dunia otomotif masih menjadi DNA Bentley. Ini jelas menunjukkan kemampuan Bentley Continental GT yang menakjubkan,” papar Direktur Motorsport Bentley, Brian Gush.

Ingin lihat bagaimana Rhys Millen dan Bentley Continental GT menaklukkan medan ganas Pikes Peak? Simak video berikut ini.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top