Belum Meluncur, Kok Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon PPnBM?

04/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Belum Meluncur, Kok Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon PPnBM?
Belum juga diluncurkan, nama Daihatsu Rocky sudah ikut tercantum dalam daftar mobil yang boleh memanfaatkan diskon PPnBM hingga Desember 2021. Kok bisa?

Nama Daihatsu Rocky ikut tercantum dalam 21 mobil yang boleh mendapatkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah. Padahal, seperti diketahui semua Rocky sendiri belum diluncurkan di Indonesia. 

Tentu ini menjadi pertanyaan banyak pihak. Tapi yang jelas, masuknya nama Rocky dalam daftar lampiran Kepmenperin 169 tahun 2021 itu menyiratkan bahwa mobil bakal segera meluncur di Indonesia. PT Astra Daihatsu Motor pun tak menampik hal tersebut. 

pajak mobil baru dari Kementerian Perindustrian Indonesia

Tampak nama Raize-Rocky dengan TKDN lebih dari 70%

>>> Dapat Diskon PPnBM, Daihatsu Rocky-Toyota Raize Bakal Diproduksi Lokal

Daihatsu Rocky Bakal Meluncur Tahun Ini

Mengingat program relaksasi ini berlaku mulai 1 Maret sampai dengan 31 Desember 2021 dan tidak akan ada pengumuman selanjutnya dari pemerintah untuk menambahkan atau merevisi daftar penerima relaksasi pajak, maka Daihatsu memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky. 

Walaupun produk ini belum diluncurkan pada waktu pengumuman, tetapi direncanakan akan diperkenalkan pada periode program relaksasi pajak. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia Tjandra selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM dalam keterangannya yang diterima Cintamobil, Rabu (4/3/2021). 

Belakangan, Daihatsu juga kerap mengupas teknologi yang ada di balik mobil calon pengisi segmen SUV sub-4 meter. Selain itu, munculnya nama Rocky dalam daftar yang berhak menerima diskon PPnBM juga memunculkan spekulasi soal produksinya. 

Dalam aturan itu disebutkan bahwa Penerima program relaksasi pajak harus memenuhi persyaratan berikut ini, yaitu: mesin kendaraan maksimal 1.500 cc, jenis Sedan atau 4x2 atau Station Wagon, kapasitas penumpang dibawah 10 orang, dan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70% sekaligus diproduksi di Indonesia. 

2021 Perodua Ativa SUV launched in Malaysia – X, H, AV specs; 1.0L Turbo CVT; from RM61,500 to RM72k Image #1257564

Sudah meluncur di Malaysia dengan nama Perodua Ativa

>>> Ini Daftar Mobil Baru yang Dapatkan Insentif Pajak, ada Raize–Rocky

Sinyal Diproduksi di Indonesia Makin Kuat

Pakem pada aturan itu sekaligus menjadi sinyal bahwa Rocky juga akan diproduksi di Tanah Air. Rocky tak sendirian. Mobil lainnya yang belum diluncurkan namun bisa memanfaatkan diskon PPnBM adalah Toyota Raize. Toyota Raize merupakan kembaran dari Rocky dan kemungkinan untuk diproduksi lokal juga besar. 

Toyota Raize

Nama Raize juga tercantum

Daihatsu sendiri memang diketahui memproduksi sederet mobil kembar dengan Toyota mulai dari Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan juga Calya-Sigra. Sayang, hingga saat ini kabar kepastian produksi dan peluncuran masih disimpan rapat oleh dua pabrikan Jepang tersebut. 

>>> Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Malaysia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top