Belum Lama Rilis, Ferrari 812 Competizione Ludes Terjual

10/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Belum ada satu minggu setelah peluncuran, Ferrari mengumumkan bahwa line-up Grand Tourer bermesin V12 mereka, 812 Competizione dan Aperta, sudah habis terjual.

Ferrari 812 Competizione hadir dalam jumlah yang sangat terbatas yakni 999 unit untuk versi coupe dan 599 unit model atap terbuka yang diberi nama Competizione Aperta.

Interior Ferrari 812 Competizione

Pemesanan membludak, mobil sudah habis terjual dalam waktu lima hari

Meski kedua model ini dibuat dengan jumlah sangat terbatas, tapi secara mengejutkan 812 Competizione dan Competizione Aperta sudah habis terjual dalam waktu kurang dari lima hari.

>>> Ferrari Rilis 812 Competizione, Penutup Keluarga GT Bermesin V12

Minat membludak, Ferrari jaga ekslusifitas

Hal ini diungkapkan oleh Chief Marketing and Commercial Officer Ferrari, Enrico Galliera, yang mengatakan kepada Top Gear bahwa Ferrari 812 Competizione, yang dibanderol €499.000 (setara Rp 8,6 miliar) dan Aperta yang dihargai €578.000 (setara Rp 9,97 miliar) sudah habis terjual.

“Kami sudah menghubungi beberapa klien, memberi tahu mereka penolakan. Dan tentu saja, reaksinya sangat luar biasa. Banyak klien menanyakan mobil ini, tapi sayangnya kami tidak bisa memuaskan semua permintaan,” terang Galliera kepada Top Gear.

Pengiriman Ferrari 812 Competizione akan dimulai pada perempat awal 2022, dengan Aperta menyusul di kuartal keempat 2022. Dan Galliera menjelaskan kenapa dua model terbaru 812 ini dibuat sangat terbatas.

“Ini menjadi bagian dari tradisi kami, karena setiap versione speciale dari model V12 selalu dibuat terbatas. Alasannya adalah kami ingin menawarkan klien kami sesuatu yang sangat ekslusif,” lanjut Galliera.

“Memang benar, kami memiliki permintaan lebih tinggi untuk mobil ini. Dan salah satu pekerjaan saya adalah untuk menjelaskan kepada anggota penting ‘keluarga’ Ferrari kenapa kami tak bisa memuaskan semua permintaan.

“Kami berpikir hal ini harus tetap menjadi salah satu yang mewakilkan puncak dari penawaran dari Ferrari, dan dari sudut pandang tersebut mobilnya harus dibuat terbatas.”

>>> Mobil Listrik Ferrari Terbaru Bakal Muncul Tahun 2025

Mobil V12 road-legal tercepat Ferrari

Ferrari 812 Competizione merupakan suksesor model Superfast dan GTS sebagai model bermesin V12. Dan dengan beberapa komponen yang diupdate dari teknologi Formula 1, 812 Competizione memiliki tenaga 818 HP, lebih besar 30 HP dari model Superfast.

Ferrari 812 Competizione

812 Competizione dapat mengitari Sirkuit Fiorano lebih cepat 2 detik dari Superfast

Dengan tenaga sebesar itu, pada dasarnya 812 Competizione merupakan salah satu model terkencang dengan mesin F140. Setidaknya untuk model road-legal karena Ferrari FXX-K, yang punya tenaga 848 HP, merupakan sebuah mobil khusus trackday.

Secara performa, 812 Competizione butuh waktu 2,85 detik untuk akselerasi dari 0-100 km/jam, dengan top speed mencapai 340 km/jam. Angka ini mirip 812 Superfast, namun dengan akselerasi 0-200 km/jam lebih cepat 0,4 detik. Hasilnya, mobil dapat mengitari Sirkuit Fiorano lebih cepat dua detik dari 812 Superfast.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top