Beli Suku Cadang Suzuki Pakai Aplikasi, Harga Sama se-Indonesia

20/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Optimalisasi platform digital untuk servis dan pembelian suku cadang Suzuki menjadi alasan meningkatnya kinerja bengkel dan penjualan Suzuki di tengah pandemi.

Peralihan ke era digital tak ketinggalan berimbas ke dalam servis mobil dan pembelian suku cadang Suzuki. Suzuki menyebut terjadi peningkatan pembelian suku cadang melalui aplikasi MySuzuki. Termasuk pengguna yang memilih untuk melakukan servis di rumah tanpa harus ke bengkel.

Pengiriman sparepart 1 harga

Pembatasan sosial yang dilakukan semenjak gelombang kedua COVID-19 di Indonesia membuat Suzuki mencatatkan peningkatan spareparts mobil dan sepeda motor melalui aplikasi MySuzuki. Suku cadang Suzuki yang dibeli melalui aplikasi ini akan dikirim langsung ke alamat atau diambil ke dealer terdekat.

aplikasi MySuzuki untuk pembelian sparepart Suzuki
Pelanggan bisa membeli suku cadang melalui aplikasi MySuzuki

>>> Selama Corona, Banyak yang Cari Suku Cadang Suzuki di Aplikasi MySuzuki

Dengan aplikasi ini, pemilik kendaraan bisa melakukan transaksi dan membeli suku cadang asli seperti sparepart kelistrikan, suspensi, oli dan chemical Suzuki. Pihak Suzuki sendiri mengumumkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 33% pada penjualan spareparts dari Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine Oil.

“Di tahun 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts dapat tumbuh 5–10% dibandingkan dengan tahun 2021”, ungkap Christiana Yuwantie selaku Spareparts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada hari Jumat, (19/11/2021).

Suzuki mengungkapkan bahwa dealer yang melayani pengiriman suku cadang terdapat di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Timur, Bali, dan Sumatera. Namun sparepart bisa dikirim ke seluruh Indonesia dengan sistem 1 harga, atau tidak ada perbedaan harga dari Sabang hingga Merauke.

>>> Penjualan Suku Cadang Online di Aplikasi Mysuzuki Makin Dilirik

Peningkatan servis

Tahun 2021 mencatatkan peningkatan kinerja servis dan bengkel Suzuki, khususnya dari jangka waktu Januari hingga Oktober lalu. Selain pelayanan ke rumah melalui Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), intensitas masyarakat yang sudah berangsur pulih turut menjadi penyebabnya.

“Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal,” ucap Hariadi selaku Service Assistant to Dept. Head PT SIS.

suku cadang Suzuki pada mobil baru Suzuki
Kinerja bengkel mendapatkan peningkatan paska PPKM di pertengahan tahun

Suzuki menyebutkan selama tahun 2021 ini terjadi peningkatan servis dan perbaikan dibandingkan tahun lalu. Dari total 770.985 unit mobil, 2% merupakan perbaikan berat, 60% perbaikan menengah, dan 38% masuk ke dalam kategori perbaikan ringan.

>>> Begini Cara Perawatan Suzuki New Carry Pick Up yang Tepat

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top