Begini Pembagian Segmen GR Toyota dan GRMN

23/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Begini Pembagian Segmen GR Toyota dan GRMN
Setelah mengetahui perbedaan pendekatan antara GR Toyota dan GRMN Toyota, kini saatnya memahami lebih dalam pembagian segmentasi pasar kedua produk ini

Setelah Anda mengetahui mengenai perbedaan pendekatan dua produk bernafas sporty yakni GR Toyota dan GRMN Toyota, kini saatnya bagi Anda untuk memahami lebih dalam pembagian segmentasi pasar kedua mobil tersebut. Apa perbedaannya? Berikut ini tim Cintamobil.com berikan ulasannya. 

Pembagian Segmen GR Toyota

Foto emblem GR Sport dan PHV di Toyota Prius PHV GR Sport 2019

Toyota Indonesia sempat pamerkan Prius PHV GR Sport di Tanah Air

Setiap mobil harian hasil rekayasa Toyota Gazoo Racing (TGR) akan mendapatkan kode GR (GAZOO Racing) di dalam namanya sebagai penegas atmosfer racing yang diembuskan. MisalnyaToyota GR Yaris yang belum lama ini meluncur di Eropa, Jepang serta Malaysia dan gosipnya GR Toyota Yaris sudah tersimpan di 'gudang rahasia' milik Toyota Indonesia. So, secara garis besar nomenklaturnya dibagi dalam 2 segmen, yaitu:

1. Pure GR Toyota

Di sini TGR mendedikasi seluruh waktu, sumber daya manusia, pengetahuan, serta teknologi yang dikuasai untuk membangun sebuah mobil idaman dari kertas kosong. Tentunya dengan tetap berpegang pada keahlian yang dilatih dari trek balap dan fokus pada meraih performa hingga di limit tertinggi. TGR benar-benar berupaya menciptakan kendaraan yang berorientasi pada excitement saat berada di balik kemudi dan menarik perhatian di jalan.

Gambar Akio Toyota alias Morizo

Akio Toyoda turun langsung mengecek mobil GR Toyota

GR Supra merupakan produk global pertama yang menggunakan status tersebut. Supra adalah bagian dari sejarah mobil sport Toyota. Sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1978, Supra sudah menarik perhatian car enthusiast berkat tampilan sporty dan performa yang kuat. Bahkan, Akio Toyoda mengasah keterampilannya sebagai master driver dalam mengemudi mobil sport dengan menggunakan Supra. Tidak heran jika TGR mencurahkan semua ilmu, pengalaman, dan keahlian di dunia balap untuk melahirkan produk Pure GR global pertama ini.

Gambar Toyota Supra

Toyota GR Supra A90 adalah salah satu produk GR Toyota

GR Toyota Supra adalah sportscar coupe yang bertujuan memberikan racing excitement saat berkendara. Terdapat 3 kunci utama saat pengembangan Supra, yaitu lebar trek ban, jarak sumbu roda, dan center of gravity. Ketiga elemen ini bertujuan untuk memberikan excitement in driving melalui handling yang lebih mendebarkan, terutama saat cornering karena mobil terasa begitu melekat ke aspal.

Gambar mesin B58 Toyota Supra

Mesin B58 di GR Supra adalah hasil kerja sama dengan pabrikan Jerman

Pure GR lainnya adalah GR Yaris. Yaris menjadi model pertama yang mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) untuk mobil kompak, dan menampilkan desain bodi yang ringan, rigid, dengan pusat gravitasi rendah. TGR membangun GR Yaris dari awal untuk mencapai desain dengan kekakuan tinggi, keseimbangan yang begitu pas, serta mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

Gambar Toyota GR Yaris dan Toyota Yaris WRC

GR Yaris siap masuk Indonesia? We'll see...

Selain GR Supra dan GR Yaris, Pure GR lainnya adalah GR Super Sport Concept. Meski masih berupa prototipe, turunan langsung dari Toyota TS050 HYBRID ini sudah sempat mengitari sirkuit Le Mans Prancis saat gelaran Le Mans 24 Jam belum lama ini. Artinya, GR Super Sport Concept akan segera masuk jalur produksi. Apalagi tahun ini merupakan tahun terakhir partisipasi TS050 HYBRID karena ditutupnya kelas LMP1 dan akan segera dimulainya kelas LMH (Le Mans Hypercar) yang menjadikan GR Super Sport sebagai basis pengembangan.

>>> Ini bedanya GR Toyota dengan GRMN Toyota

2. GR SPORT

Versi ini merupakan flagship dari model yang sudah ada. Beberapa sentuhan khas TGR diberikan untuk membedakannya dari versi biasa yang tidak hanya membuatnya tampil lebih sporty dan dinamis, namun juga terkesan eksklusif dan menarik perhatian di jalan. Seperti pemberian aksen warna hitam dan merah sebagai trademark TGR serta panel bodi yang dibuat eksklusif sesuai dengan citarasa balap TGR.

Gambar jajaran produk Toyota GRMN atau Toyota GR Sport

Jajaran produk GR Sport

GR SPORT merupakan flagship model Toyota untuk pasar domestik Jepang. Seperti Copen GR SPORT, C-HR GR SPORT, Prius PHV GR SPORT, Aqua GR SPORT, Prius α GR SPORT, Noah GR SPORT, dan Voxy GR SPORT. Sementara di Eropa, tersedia Yaris GR SPORT, Corolla Hatchback GR SPORT, dan Corolla Touring GR SPORT. Sedangkan dari kawasan Amerika Latin terdapat Hilux GR SPORT yang tampil gagah dan sporty berbekal striping body ciri khas TGR di bodi sampingnya.

Gambar Toyota Yaris GRMN alias GR Sport

Tampil sporty dengan part GRMN maupun GR Sport

Yaris GR SPORT mengandalkan mesin 1.500 cc hybrid bertenaga 100 PS. Untuk membuatnya tampil lebih sporty dan meningkatkan pengendalian, model ini menggunakan kit suspensi lansiran Sachs yang membuatnya lebih rendah 11 mm dari model standar. Yaris GR SPORT juga memakai pelek eksklusif hanya untuk GR SPORT ukuran 17-inchi dengan atap hitam, spoiler belakang, grille honeycomb hitam, lampu depan dan belakang smoke, dan decals merah di bibir grille besar.

Gambar Toyota Corolla Sedan GR Sport

Corolla GR Sport tampil sporty

Corolla GR SPORT mewujudkan semangat TGR untuk menyajikan tampilan dinamis dan keandalan berkendara dalam paket penuh performa. Pengaruh TGR ditonjolkan dalam elemen gaya khas Corolla GR SPORT, termasuk grille depan baru dengan lapisan krom gelap, lower skirts dan side sills, serta diffuser belakang. Corolla Hatchback GR SPORT dilengkapi velg alloy 18 inci yang stylish, kaca privasi belakang, fog lamp depan, lampu depan LED, dan warna Ash Grey Bi-tone eksklusif. Pilihan mesinnya adalah 1.800 cc hybrid dan 2.000 cc powerful.

>>> Mau beli Toyota Supra bekas? Klik di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top