Tesla Model 3 Terobos Banjir Setinggi Kaca Mobil, Gimana Caranya?

27/07/2021

Pasar mobil

2 menit

Sebuah video dari mobil listrik Tesla Model 3 memperlihatkan kehebatannya ketika harus mengarungi rendaman banjir setinggi kaca mobil yang terjadi di Cina.

Banjir bukan hanya menjadi masalah Jakarta. Dalam beberapa hari ini, banyak laporan yang menyebutkan banjir bandang yang menyapu Arizona, Amerika, maupun banjir dahsyat di Jerman yang menenggelamkan dealer Porsche. Namun satu kabar terbaru dari China terlihat bagaimana sebuah mobil listrik Tesla Model 3 menghadapi banjir setinggi jendela mobil.

Terobos banjir di China

Banjir memang menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi pemilik kendaraan ketika sedang berada di jalanan. Mencoba melewati banjir, terutama bagi mobil sedan, dapat menyebabkan kerusakan serius di bawah kap mesin dan di dalam kabin. Namun sebuah sedan listrik Model 3 siap menerobos banjir yang cukup tinggi.

>>> Ini Cara Baru Mercedes-Benz Perangi Tesla di Era Mobil Listrik

Sebuah rekaman terbaru yang dibagikan di media sosial memperlihatkan mobil listrik Tesla melewati jalanan yang terendam banjir. Bahkan video lainnya yang diambil dari bagian dalam kabin memperlihatkan bagaimana banjir merendam mobil hingga sampai bagian kaca depan dan merendam kap mesin.

Hebatnya lagi, sedan listrik ini mampu melintasi jalanan yang tergenang air tanpa macet. Model 3 ini lolos dari rendaman air dan berlayar melewati kendaraan lain yang terdampar. Sayangnya, tak jelas apakah mobil ini masih tetap tangguh atau mengalami kerusakan setelah percobaan ini.

>>> Mobil Listrik Terendam Banjir? Anda Tak Perlu Khawatir

Ada Mode Perahu?

Video yang diunggah ini membuat banyak orang yang bercanda tentang “mode perahu” atau “boat mode” yang mungkin diberikan kepada Tesla Model 3. Pasalnya beberapa waktu lalu Elon Musk telah mengisyaratkan bahwa Tesla bisa digunakan sebagai kapal untuk waktu yang singkat.

Tesla Cybertruck yang disebut bisa mengarungi air
Tesla Cybertruck disebut memiliki ‘Mode Perahu’ untuk berlayar

Tesla Model 3 yang saat ini sudah bisa Anda temukan di Indonesia dengan harga Rp 1,5 miliar ini memang cukup tangguh jika harus dibawa mengarungi genangan atau banjir. Mengingat mobil listrik tidak memiliki knalpot yang bisa memblokir air yang masuk ke dalam motor, baterai, dan sistem elektronik mobil akibat banjir maupun genangan air.

Bahkan, Musk juga pernah mengatakan bahwa Cybertruk bisa mengapung ketika melintasi air dan berfungsi sebagai perahu untuk sementara waktu. Namun sayangnya klaim ini belum pernah diuji coba, sehingga banyak laporan yang meragukan pernyataan Musk tersebut.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top