Begini Cara Produsen Mobil Berjualan Pasca Pandemi Covid-19 di China

05/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Begini Cara Produsen Mobil Berjualan Pasca Pandemi Covid-19 di China
Wabah virus corona telah mengubah pola produsen mobil berjualan memasarkan kendaraan di China. Platform video seperti Weibo dan TikTok jadi andalan.

Banyak hal berubah akibat dampak serius dari pandemi virus corona di Tiongkok. Begitu juga dengan kebiasaan masyarakat membeli sebuah mobil dan produsen mobil berjualan memasarkan produknya.

 >>> Beli Mobil DFSK Tak Perlu Repot Keluar Rumah

Gambar menunjukan mobil berbaris

Cara produsen mobil memasarkan produk pasca pandemi di Tiongkok diyakini akan berubah

Sebagai tanda bagaimana virus corona mengubah cara produsen mobil berjualan di Tiongkok dilaporkan jutaan pelanggan potensial Tesla telah menyaksikan siaran langsung online yang dipimpin selebritas setempat memasarkan keunggulan mobil dari produsen mobil asal AS itu. 

Hampir 4 juta pemirsa dilaporkan telah menyaksikan pertunjukan live streaming selama satu jam di platform belanja Taobao dimana influencer Viya mendemonstrasikan fitur-fitur yang dimiliki Tesla Model S. Selanjutnya jika tertarik penonton diminta memesan test drive melalui situs resmi Tesla, lalu seorang tenaga penjualan akan menelepon kembali dalam waktu 48 jam.

>>> Auto2000 Tawarkan Bunga 0% untuk Tenaga Medis yang Mau Beli Mobil

Gambar menunjukan Virus corona

Virus corona mengubah bagimana aktifitas manusia, termasuk membeli sebuah mobil

Cara Tesla ini diyakini sebagai upaya baru untuk menarik kembali pelanggan guna menghidupkan penjualan yang sempat lambat akibat dampak virus corona di Tiongkok. Pengalaman membeli mobil melalui aplikasi, media sosial dan situs streaming langsung telah menjadi bagian penting dari pengalaman e-commerce di Tiongkok saat ini, menunjukkan bahwa pembuat mobil yang sukses tidak hanya memiliki keahlian manufaktur tetapi juga keahlian dalam pemasaran di internet untuk bisa terus bertahan pasca pandemi covid-19.

"Perilaku dan kebiasaan konsumen telah berubah di tengah pandemi," kata perusahaan konsultan Roland Berger berbasis di Shanghai. “Ini akan menjadi titik balik bagi penjualan mobil online dan platform video." tutupnya.

Nantinya diperkirakan banyak merek dan dealer akan meningkatkan kehadiran mereka di platform video seperti Bilibili, Weibo, Douyin dan TikTok di Tiongkok, untuk meluncurkan model-model baru, memamerkan kendaraan, menyiarkan siaran langsung untuk menstimulasi penjualan. Sementara itu aplikasi dan situs web jika sebelumnya digunakan terutama untuk memikat pembeli agar datang langsung ke dealer, pandemi virus corona yang melanda dunia di tahun ini akan memaksa dealer untuk mengubahnya menjadi saluran penjualan utama mereka.

>>> Jangan lewatkan berita otomotif terbaru lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lemahnya Penjualan Mobil Bensin Membuat Renault Hengkang dari Tiongkok

15/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil Prancis Renault memutuskan meninggalkan bisnis mobil penumpang utamanya di Tiongkok menyusul penjualan yang memburuk akibat dampak virus corona.

Lihat juga

Di Tiongkok, Orang Ogah Beli Mobil pada Musim Corona

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Selain kesehatan virus corona atau COVID-19 berdampak juga pada perekonomian di Tiongkok. Lalu bagaiamana kondisi beli mobil pada musim corona di Tiongkok?

Lihat juga

Virus Corona Mewabah di Tiongkok, DFSK Berikan Bantuan Hingga Rp1 Miliar

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat China akibat persebarannya yang masif. DFSK pun peduli dengan memberi bantuan Rp 1 Miliar

Lihat juga

Wow, Wabah Virus Corona di Tiongkok Justru Bisa Tingkatkan Penjualan Mobil?

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona yang begitu masif, penjualan mobil di Tiongkok malah justru diprediksi dapat meningkat. Bagaimana bisa?

Lihat juga

Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus corona merenggut banyak korban jiwa di Tiongkok. Tetapi kabar baiknya virus ini berhasil membuat udara di Tiongkok jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Lihat juga
 
back to top