Beda Lalu Lintas 10 Kota Tersibuk di Dunia Sebelum dan Setelah Lockdown

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Beda Lalu Lintas 10 Kota Tersibuk di Dunia Sebelum dan Setelah Lockdown
Lockdown akibat COVID-19 membuat sebagian besar kota mengalami penurunan tingkat kemacetan. Ini dia hasil penelitian lalu lintas di 10 kota tersibuk di dunia.

Lockdown dan pembatasan yang terjadi di berbagai negara selama pandemi COVID-19 memaksa sebagian penduduk berdiam diri di rumah. Hal ini menyebabkan penurunan kepadatan lalu lintas yang sangat signifikan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vanarama menganalisis dampak COVID-19 terhadap data lalu lintas dari 10 kota tersibuk di dunia. Dan inilah hasilnya.

1. Paris

lalu lintas Paris pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Paris

Paris mengalami salah satu penurunan kemacetan paling dramatis dari tahun ke tahun selama awal 2020. Pada bukan April lalu, kemacetan di kota Paris menurun 89% dibandingkan tahun 2019. Namun sejak pembatasan dna lockdown muli dicabut pada bulan Juni, tak butuh waktu lama bagi warga Paris dan pengguna jalan dari luar kota dengan meningkatnya lalu lintas 28% sejak lockdown.

>>> Hasil Studi: Lockdown dan Menurunnya Lalu Lintas Tak Bikin Polusi Udara Berkurang

2. Dew Delhi

lalu lintas New Delhi pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota New Delhi

Salah satu kota terbesar di India ini memiliki jalanan yang padat dengan kemacetan yang menjadikannya sebagai salah satu kota tersibuk di dunia. Namun pandemi COVID-19 pada tahun 2020 membuat New Delhi bisa dibilang sebagai kota mati dengan pengurangan kemacetan 90%. Pada bulan April dan Juni setelah pemerintah India melonggarkan pembatasan, lalu lintas kembali meningkat 25%.

3. London

lalu lintas London pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota London

Ibukota Inggris ini tak jarang mengalami kemacetan dari pagi hingga malam. Sebuah pemandangan aneh ketika melihat jalanan kota London lengang dengan puncak kemacetan turun menjadi 8%, atau 76% lebih rendah dibandingkan 2019 lalu. Namun setelah lockdown dicabut, tak butuh waktu lama terjadi lonjakan lalu lintas sebesar 17% dibandingkan bulan April hingga Juli.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas hanya di sini

4. New York

lalu lintas New Yock pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota New York

Sulit membayangkan The Big Apple terlihat tanpa mobil-mobil sepanjang jalan dan penduduknya yang sibut. Tapi selama April 2020, kemacetan lalu lintas 94% lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Sebagian besar penduduk kota New York lebih memilih berdiam diri di rumah dan membuat lalu lintas terasa sangat lancar.

5. Berlin

lalu lintas Berlin pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Berlin

Berlin memberlakukan lockdown paling ketat dibandingkan kota-kota besar lainnya. Dengan penurunan kemacetan tercatatn 47% dibandingkan April 2019. Hingga saat ini, kondisi lalu lintas masih belum seperti sedia kala dengan kanaikan hanya 12% ketika orang-orang mulai beralih normal hingga bulan Juli lalu.

>>> 10 Gambar Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Sering Muncul di Jalan

6. Tokyo

lalu lintas Tokyo pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Tokyo

Walaupun tidak terkesan padat, namun Tokyo cukup ramai dengan mobil yang memadati jalanan. Tingkat lalu lintas kota Tokyo turun 42% pada April 2020 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Dengan pergeseran kembali ke normalitas, penduduk Tokyo mulai kembali ke jalan dengan peningkatan 10% sejak lockdown diangkat.

7. Beijing

lalu lintas Beijing pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Beijing

Ibukota Republik Rakyat China dan rumah bagi 21 juta penduduk. Sulit membayangkan jalanan kota Beijing tanpa lalu lintas yang padat. Tapi pada April 2020 lalu, terjadi penurunan tingkat kemacetan 61% dibandingkan tahun sebelumnya. Sejak saat itu, China masih menjadi salah satu negara yang paling lambat kembali beroperasi dengan hanya peningkatan 9% dari April hingga Juli.

>>> Hati-Hati, Mengemudi Terlalu Pelan di Jalan Tol Bisa Picu Kecelakaan

8. Sao Paolo

lalu lintas Sao Paolo pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Sao Paolo

Brasil berada dalam pengawasan ketat setelah terjadi lebih dari jutaan kasus. Meskipun Presiden Jair Bolsonaro tidak terlalu menerapkan lockdown ketat, kemacetan di salah satu kota tersibuk di dunia ini turun drastis 77% dibandingkan 2019 lalu. Sao Paolo juga menjadi kota dengan pertumbuhan yang tak terlalu tinggi, dengan kenaikan 8% antara April dan Juli.

9. Los Angeles

lalu lintas Los Angeles pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Los Angeles

City of Angels mengalami penurunan lalu lintas sebesar 80% di bulan April. Dan tampaknya menjadi salah satu kota dengan peningkatan yang tidak terlalu signifikan dengan hanya 7%. Mengingat banyak penduduk Los Angeles yang menghindari bepergian dengan mobil dan memutuskan untuk berdiam di rumah sejak lockdown diberlakukan di Amerika.

10. Johannesburg

lalu lintas Johannesburg pada April dan Juli 2020
Perbedaan lalu lintas April dan Juli 2020 di kota Johannesburg

Kota terbesar di Afrika Selatan ini mengalami tingkat kemacetan yang lebih rendah 69% pada bulan April lalu dibandingkan periode yang sama tahun ini. Selain penurunan lalu lintas yang drastis serta jalanan yang terlihat lebih sepi dari biasanya, Johannesburg juga mengalami tingkat pemulihan lalu lintas terendah dengan peningkatan 6% antara April dan Juli.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

10 Gambar Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Sering Muncul di Jalan

14/09/2020

Pengemudian

8 menit

Ada banyak sekali gambar rambu lalu lintas baik sebagai perintah, petunjuk, atau larangan. Namun kali ini Cintamobil.com akan jelaskan 10 diantaranya yang sering terlihat di jalan.

Lihat juga

Hasil Studi: Lockdown dan Menurunnya Lalu Lintas Tak Bikin Polusi Udara Berkurang

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Skotlandia menunjukkan penurunan jumlah kendaraan akibat lockdown tak membuat polusi udara berkurang signifikan.

Lihat juga

759 Personel Polisi Amankan Lalu Lintas Saat Libur Panjang

22/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Mengantisipasi kemacetan pada libur panjang bulan ini, Dirlantas Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak 759 personel untuk melakukan pengamanan lalu lintas.

Lihat juga

Jasa Marga Siapkan Pengaturan Lalu Lintas di 2 Libur Panjang

14/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Skenario pengaturan lalu lintas disiapkan Jasa Marga menghadapi arus mudik pada libur panjang HUT Kemerdekaan RI ke 75 dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.

Lihat juga

Ditlantas Polda Jatim Siapkan Aplikasi Baru Pelayanan Lalu Lintas

05/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Ditlantas Polda Jatim tengah mempersiapkan aplikasi baru pelayanan lalu lintas, rencananya aplikasi bakal diluncurkan tahun ini dengan nama yang masih rahasia.

Lihat juga