Beda Dengan Tahun Lalu, Ini Peringkat Wuling Sekarang

12/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Beda Dengan Tahun Lalu, Ini Peringkat Wuling Sekarang
Semua merek telah melaporkan data penjualan mobil bulan Januari 2019. Secara peringkat juga telah diketahui, ada yang naik dibandingkan tahun lalu, ada yang merosot, bahkan ada yang terlempar dari jajaran 10 mobil terlaris di Indonesia. Lalu dimana posisi peringkat Wuling sekarang?

Peringkat Wuling di pasar otomotif dalam negeri membuat banyak kalangan sedikit terkejut. Kurang dari dua tahun hadir di Indonesia pabrikan asal China itu berhasil merangsek diantara dominasi merek-merek Jepang. Wuling menutup tahun 2018 di peringkat 9 di jajaran 10 merek mobil paling laris di Indonesia dengan total penjualan mobil mencapai 17.002 unit, mengalahkan posisi Datsun, Nissan dan Mazda.

Foto Wuling Confero S warna merah dan putih

Tahun 2019, peringkat Wuling dimulai dari nomor 11

Awal tahun 2019 persaingan dimulai lagi dan sayang, Wuling tidak berhasil mempertahankan posisinya. Data penjualan mobil yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) diketahui, peringkat Wuling merosot dua strip dari akhir tahun 2018 lalu. Wuling yang sebelumnya berada di peringkat 9 turun ke peringkat 11 disalip oleh Mazda dan Nissan. Penjualan Wuling pada Januari 2019 seperti dilaporkan GAIKINDO hanya sebanyak 360 unit. Sedangkan dua rivalnya dari Jepang di atas menorehkan catatan lebih baik. Mazda berhasil menjual sebanyak 428 unit dan Nissan berhasil menjual sebanyak 387 unit.

Wuling Confero S memberi kontribusi paling besar pada penjualan Wuling dengan jumlah unit terjual sebanyak 339 unit, disusul Cortez 1.5 dan Cortez 1.8 sebanyak 20 unit, dan Formo sebanyak 1 unit.

Sampai artikel ini ditulis belum ada tanggapan dari pihak Wuling Motors soal penurunan penjualan yang cukup besar di awal 2019 ini. Wuling Motors sepertinya masih sibuk dengan line up barunya si Wuling Almaz yang baru diluncurkan pada akhir Januari 2019 lalu dengan menggelar promosi besar-besaran di berbagai kota di Indonesia. Wuling juga sibuk dengan proses pengiriman sebab tidak disangka pesanan Wuling Almaz telah melebihi angka 1.000 unit. Apakah Wuling Motors bisa mengembalikan peringkat Wuling di jajaran merek mobil terlaris di Indonesia? Ditunggu saja!

>>> Review Wuling Almaz 2019: SUV Pertama Dari Wuling Yang Diluar Ekspektasi

 Wuling Almaz siap mendongkrak penjualan Wuling Motors di Indonesia

Sebagai informasi, penjualan mobil secara nasional untuk bulan Januari 2019 sebagaimana dirilis GAIKINDO mengalami penurunan signifikan. Total penjualan dari 30 merek yang terdaftar hanya sebanyak 81.578 unit. Lebih kecil dari penjualan Januari 2019 yang mencapai 95.885 unit. Toyota masih mendominasi dengan total penjualan sebanyak 25.092 unit, disusul Daihatsu yang menjual sebanyak 14.769 unit dan Mitsubishi Motors sebanyak 11.712 unit.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Foto Nissan Livina tampak dari samping depan

Wuling harus berjuang jika tak ingin posisinya terus dibalap Nissan

>>> Ikuti terus berita seputar mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top