BBNKB Naik Hanya di Daerah Tertentu Bisa Membingungkan Konsumen

20/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
BBNKB Naik Hanya di Daerah Tertentu Bisa Membingungkan Konsumen
Jangan heran jika melihat harga mobil baru di Banten kini menjadi lebih mahal. Pasalnya, ada kenaikan BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) yang berlaku semenjak 11 Maret 2019 lalu. Konsumen diharapkan tidak kebingungan melihat harga yang berlaku setelah BBNKB naik tersebut

Honda Civic 1.5L Turbo 2019 berwarna abu abu

Ilustrasi mobil baru Honda Civic 1.5L Turbo 2019.

Konsumen mobil baru di Banten harus rela meroggoh kocek lebih dalam lantaran BBNKB di daerah itu naik menjadi 12,5 persen dari yang sebelumnya 10 persen. Peraturan BBNKB naik ini otomatis memicu tambah mahal harga on the road yang dipatok oleh dealer.

Namun, sobat akan melihat kondisi berbeda di Jakarta. Di mana belum ada kenaikan BBNKB yang artinya harga mobil baru bisa lebih murah. Dengan geografis Jakarta dan Banten yang berdampingan, dikhawatirkan konsumen di dua provinsi ini kebingungan melihat harga mobil baru yang bisa-bisa terpaut cukup jauh.

“Tangerang sudah BBNKB naik, tapi yang lain belum naik. Sementara ini pastinya membuat konsumen bingung. Karena dia akan merasa kalau beli di Jakarta gak naik, tapi kalau di Tangerang kok naik. Dan naiknya besar kali ini. Kenaikan itu harus diseragamkan dan disetujui. Karena kenaikan ini akan menjadi beban masyarakat,” ungkap Jonfis Fandy Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Rabu (20/3) di Jakarta kepada CintaMobil.com.

>>> Praktis, Warga Sulsel Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Indomaret

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor

Konsumen kalau tidak bayar itu, polisi gak mau keluarin

Sebagai agen pemegang merek, ia mengaku pihaknya tidak bisa melakukan apa-apa. Karena peraturan BBNKB naik datang dari pemerintah. Di lain sisi Jonfis mengamini harga mobil baru Honda di Provinsi Banten kini sudah mengikuti penerapan tarif baru BBNKB.

“Kalau untuk di daerah yang sudah naik, ya berarti sudah naik (harga mobil Honda). Karena itu bukan dari Honda, tapi dari Polisi. Jadi mau tidak mau, konsumen kalau tidak bayar itu, polisi gak mau keluarin (surat-surat kendaraan),” ujar Jonfis.

Jonfis pun melanjutkan, “Kita hanya bisa bicara, mungkin seharusnya dikoordinasikan, misalnya untuk di Jabodetabek bersama-sama naik, jadi konsumen gak bingung. Sekarang kan bingung, kok yang di Tengerang BBNKB naik, tapi 'selangkah' lagi ke Jakarta kok belum naik.”

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Honda Mobilio Terbaru baru saja meluncur di Indonesia. Apa saja ubahan pada Honda Mobilio 2019? Siapkah bersaing dengan rival-rivalnya di kelas Low MPV?

>>> Dapat lebih banyak lagi berita otomotif mobil di sini

Share this post:
 
back to top