Bawa Teknologi Balap ke Mobil Jalanan Toyota, TAM: Kenapa Enggak?

17/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Bawa Teknologi Balap ke Mobil Jalanan Toyota, TAM: Kenapa Enggak?
Pernahkah Anda berharap bisa memiliki edisi spesial Toyota Agya atau Yaris dengan livery balap? Rupanya PT. Toyota Astra Motor (TAM) pernah menerima masukan serupa.

Tampak depan Agya Slalom

Mungkin saja akan ada Toyota Agya dengan livery tim gymkhana TTI

Sentuhan balap dari mobil komersial menambah daya tarik pada segmen pasar tertentu, terutama penyuka motorsport. Tidak jarang beberapa pemilik mobil mengandalkan bengkel modifikasi untuk mengubah penampilan bawaan tunggangan mereka semirip mungkin dengan aslinya.

Melirik potensi tersebut, beberapa model mobil mendapat varian sport, seperti Datsun GO Live yang terlihat lebih garang. Di Eropa, Toyota Yaris Gazoo Racing Sport diluncurkan akhir 2018 lalu. Yaris dengan livery balap tersebut nampak siap turun di sirkuit dengan gril lebih rapat serta sentuhan stiker warna khas Gazoo Racing, divisi balap Toyota.

>>> Baca juga: Ini dia dua pembalap baru Toyota Team Indonesia musim ini!

Dalam acara konferensi pers peluncuran Toyota Team Indonesia, Rabu (13/3), Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor, menuturkan bahwa selama ini desain dari semua produk pabrikan asal Perfektur Aichi, Jepang tersebut selalu mendapatkan persetujuan dari Toyota Racing Development, divisi tuning in-house mereka.

“Selama ini dalam mengembangkan produk kita selalu mendapat persetujuan dari Toyota Racing Development,” tutur pria yang akrab dipanggil Soerjo tersebut. “Jadi Toyota Astra Motor tidak bisa semena-mena membuat desain mobil tanpa persetujuan dari tim TRD.

“Kita juga melihat ada juga permintaan dari beberapa customer. Kalau di luar negeri ada edisi Gazoo Racing. Untuk market di Indonesia, kita tetap mengutamakan mobil yang bisa dipakai untuk sehari-hari.”

Saat ditanya apakah akan ada livery balap Toyota di Yaris, Soerjo menjawab, “Kenapa enggak? Pecinta otomotif itu bervariasi, ada yang suka model stylish, ada yang suka power. Sekali lagi kita masih mempelajari hal tersebut,” tutupnya.

Rio Haryanto, kini sebagai advisor pebalap TTI menambahkan bahwa sangat memungkinkan untuk mengaplikasikan teknologi dan livery balap ke produk-produk komersial Toyota.

>>> Sedang mencari Toyota Yaris dan Toyota Agya?

Skuat Gymkhana TTI, Anjasara Wahyu, Demas Agil, Herdiko Setya Putra

Anjasara, Demas, dan Herdiko siap membawa Toyota Agya untuk berbagai kejuaraan Gymkhana

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Adanya livery balap dari berbagai lini mobil tidak bisa lepas dari peran rumah modifikasi, baik in-house maupun independen. Rudy Ghupta, Media Relation Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 mengamini hal tersebut, serta berharap makin banyak ATPM menggandeng tuner dalam negeri untuk membuat berbagai desain spesial.

“Bukan tidak mungkin kedepannya modifikator akan digandeng oleh ATPM. Kita bisa membuat satu varian spesial dari brand otomotif untuk dijual secara reguler,” ujar Rudy di sela-sela acara IMX 2018. 

>>> Berita otomotif terbaru lainnya, baca di sini!

Share this post:
 
back to top