Baterai Nissan LEAF Digunakan untuk Hidupkan Stadion Terbesar di Belanda

05/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Baterai Nissan LEAF Digunakan untuk Hidupkan Stadion Terbesar di Belanda
Meskipun mobil listrik masih belum memberikan dampak signifikan terhadap konsumen, Nissan dengan senang hati buktikan ketanguhan baterai Nissan LEAF menghidupkan stadion Johan Cruijff ArenA in Amsterdam

Lupakan sejenak baterai listrik sebagai penggerak mesin mobil. Banyak wacana penggunaan baterai listrik untuk kendaraan, tapi hanya Nissan yang mengantarkan baterai listrik langsung menjadi nyawa, bukan hanya mobil, tapi sebuah stadion. Baterai listrik dari Nissan LEAF mampu memberikan kapasitas yang cukup untuk menyimpan hingga 2.8 Megawatt daya listrik.

Peresmian ini dilakukan minggu lalu, dimana Nissan mengumumkan telah selesai memasang penyimpanan energi berbasis baterai LEAF di stadion Johan Cruijff Arena in Amsterdam. Penyimpanan yang hampir menjapai 3 MWh listrik ini setara dengan 148 baterai Nissan LEAF dan akan bekerja dengan converter daya Eaton untuk menyediakan metode berkelanjutan untuk daya stadion.

Gambar yang menunjukan stadion Amsterdam ArenA yang dihidupkan oleh baterai listrik Nissan LEAF

Stadion Johan Cruijff Arena yang ada di Amsterdam

Henk van Raan, Direktur Inovasi di Johan Cruijff Arena, mengatakan sistem baru memungkinkan stadion untuk memanfaatkan lebih baik kapasitas pembangkit tenaga listrik terbarukan yang ada, serta berpotensi memberikan pendapatan tambahan untuk pengelolaan stadion.

>>> Komunitas Nissan serahkan puluhan bibit pohon untuk rehabilitasi Citarum

Bukan hanya mengandalkan baterai listrik, The ArenA memiliki 4.200 panel surya di bagian atap untuk dapat menghasilkan daya. Meskipun tidak berfungsi sebagai daya utama, daya cadangan ini digunakan ketika terjadi pemadaman listrik dan daya tambahan ketika dibutuhkan daya yang besar.

Gambar yang menunjukan rangkaian baterai pembangkit daya untuk Amsterdam ArenA

Baterai yang digunakan setara dengan 148 baterai Nissan LEAF

>>> Banyak penawaran kendaraan terbaru Nissan ada di sini

Penggunaan energi terbarukan disebut bisa mengurangi ketergantungan The ArenA pada generator diesel yang menghasilkan lebih banyak polusi serta memberikan bantuan bagi jaringan lokal ketika daya tambahan dibutuhkan.

Konser musik yang membutuhkan banyak daya menjadi salah satu ‘pengguna’ energi terbesar bagi stadion. Penggunaan daya lainnya yaitu pengisi tenaga listrik yang dijumpai di parkiran stadion bagi pengendara yang ingin mengisi kendaraan listriknya.

>>> Dapatkan beragam berita menarik seputar otomotif lainnya hanya di sini

Gambar yang menunjukan baterai pada Amsterdam ArenA dengan blueprint stadion di bagian kanan

Selain untuk daya stadion, daya ini juga digunakan untuk bagian luar stadion

"The ArenA yakin dengan sejumlah besar kekuatan, bahkan selama pemadaman," kata Henk van Raan, "Akibatnya, stadion akan berkontribusi pada jaringan energi Belanda yang stabil. Johan Cruijff ArenA adalah salah pemimpin dalam memperkenalkan inovasi cerdas seperti sistem penyimpanan energi unik ini."

Menggunakan kembali baterai EV lama bukanlah hal baru bagi industri otomotif. Chevrolet telah menggunakan baterai Volt lama untuk memasok daya cadangan ke salah satu pusat data mereka. Pembuat mobil lainnya, Fiat, telah bekerja sama dengan perusahaan yang berdedikasi untuk penyimpanan tenaga baterai diluar industri otomotif.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top