Baterai EV XFC Ini Cuma Butuh 5 Menit untuk Isi Daya Sampai Full

21/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Baterai EV produksi dari StoreDot ini dinamakan Xtreme Fast Charging karena sanggup diisi daya dari kosong sampai penuh hanya selama 5 menit. Dan baterai ini sudah dilakukan uji coba pada beberapa peralatan elektronik.

Seperti yang sudah diprediksi banyak pihak, seiring meningkatnya populasi kendaraan bertenaga baterai dan motor listrik, maka teknologi yang mendukung kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) pun akan semakin meningkat. Berbagai penemuan baru terkait EV akan terus diumumkan di masa depan termasuk juga semakin kuatnya kemampuan sebuah baterai EV.

>>> LG Group Teken Kontrak Investasi Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Yang terbaru, sebuah perusahaan Israel, StoreDot sudah mengumumkan jika mereka berhasil memproduksi baterai lithium-ion xtreme fast charging (XFC). Baterai EV ini hanya butuh 5 menit untuk diisi dayanya dari posisi kosong sampai penuh. Dan baterai ini pun sudah dilakukan uji coba pada kendarana listrik produksi StoreDot sendiri.

Pakai Teknologi Sel Baterai Baru

Baterai EV XFC ini diproduksi StoreDot di Cina dengan menggandeng mitra lokal Eve Energy. Menurut perusahaan, baterai ini tidak membutuhkan lini produksi khusus, sehingga masih bisa memakai jalur produksi baterai lithium-ion biasa tanpa ada investasi tambahan di peralatan baru.

"Sampel generasi pertama baterai EV ini menunjukkan penggantian grafit dalam anoda sel menggunakan partikel nano mealoid menjadi sebuah terobosan penting dalam mengatasi masalah keselamatan dan masa pakai baterai," jelas keterangan resmi StoreDot seperti dikutip dari Autoevolution, Kamis (21/01/2021).

Baterai Xtreme Fast Charging StoreDot

Baterai sudah diuji coba di ponsel dan skuter listrik

Unit pertama dari baterai xtreme fast charging ini sudah diuji coba pada skuter listrik roda dua setelah sebelumnya juga diuji coba sebagai baterai ponsel. Dan perusahaan menegaskan jika teknologi yang mereka gunakan nantinya dapat diaplikasikan untuk beberapa kebutuhan, mulai dari baterai drone sampai mobil full elektrik.

>>> Solusi Ganti Baterai Mobil Hybrid yang Lebih Murah dari Bengkel Resmi

Akan Jadi Teknologi Baru untuk Baterai Mobil Listrik

"Pengumuman ini menandai tonggak penting karena untuk pertama kalinya XFC dipindahkan dari lab menjadi produk komersial yang bisa diproduksi massal. Ini membuka jalan bagi kehadiran baterai anoda silikon yang bisa digunakan seluruh kendaraan listrik mulai akhir tahun ini," jelas Dr. Doron Myersdorf selaku CEO StoreDot.

Baterai StoreDot

Sayangnya tidak dijelaskan seberapa jauh kemampuan daya jelajah baterai ini di kendaraan listrik

Belum ada informasi terkait perusahaan otomotif yang tertarik dengan baterai EV xtreme fast charging ini. Namun perusahaan berharap teknologi baterai tersebut bisa digunakan untuk seluruh pabrikan di tahun 2025.

>>> Review Tesla Model S P100D 2020: The Fastest Accelerating Production Car In The World

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top