Baterai Bermasalah, 25 Ribu Unit Hyundai Kona Electric Direcall

12/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Baterai Bermasalah, 25 Ribu Unit Hyundai Kona Electric Direcall
Lebih dari 25 ribu unit Hyundai Kona Electric di Korea Selatan harus direcall karena ada masalah pada sel baterai yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Hyundai Motor Co melakukan recall atas mobil listrik Kona Electric dari pasar Korea Selatan. Langkah ini dilakukan menyusul ditemukannya kemungkinan korsleting pada manufaktur sel baterai bertegangan tinggi yang dapat menimbulkan risiko kebakaran. Recall dilakukan setelah sebelumnya Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi mengeluarkan pernyataan bahwa "separator di sel baterai rusak karena kesalahan dalam proses pembuatan."

25,5 ribu unit

Recall ini melibatkan sebanyak 25.564 unit Hyundai Kona Electric (EV) yang beredar di Korea Selatan tahun produksi September 2017 hingga Maret 2020. Recall juga bakal dilakukan pada lebih dari 77.000 unit Kona Electric di seluruh dunia.

“Penarikan kembali (recall) adalah tanggapan proaktif terhadap produksi yang diduga rusak dari baterai bertegangan tinggi yang digunakan dalam kendaraan, yang mungkin telah berkontribusi pada kebakaran yang dilaporkan" kata Hyundai, dikutip dari Korea Times.

Sejauh ini, telah terjadi insiden kebakaran pada sekitar 13 mobil Hyundai Kona EV, termasuk di Kanada dan Austria. Kebakaran terbaru terjadi di Kota Daegu Korea Selatan pada 4 Oktober 2020. Saat itu Hyundai Kona yang tengah diparkir dan mengisi daya tiba-tiba menyala saat baterai terisi penuh.

>>> Review Hyundai Kona Electric 2019

Foto menunjukkan Hyundai KONA Electric terbakar tengah dievakuasi

Ada masalah yag membuat mobil listrik Hyundai Kona EV rentan terbakar dan harus direcall

LG Chem Ltd membantah

Meski keluar pernyataan penyebab kebakaran pada belasan Hyundai Kona Electric adalah “kesalahan produksi baterai” hal itu dibantah pihak LG Chem Ltd selaku pembuat baterai.

LG Chem mengatakan penyebab pasti dari kebakaran tersebut belum ditentukan. Terlebih pada percobaan pemeragaan yang dilakukan bersama dengan Hyundai tidak menyebabkan kebakaran, sehingga kebakaran tidak dapat dikaitkan dengan sel baterai yang rusak. Jadi, baik LG Chem maupun Hyundai bakal melakukan penyelidikan lebih mendalam.

LG Chem mengatakan "penarikan itu dikeluarkan tanpa mengklarifikasi akar penyebab kebakaran."

Selama Hyundai Motor Company memang mengandalkan baterai buatan LC Chem Ltd untuk kebutuhan mobil listrik (EV) di pasar domestik Korea Selatan. Namun pada Desember 2019 lalu, Hyundai menambah satu lagi pemasok baterai yaitu SK Innovation, menyusul meningkatnya permintaan mobil listrik baik Kona Electric maupun IONIQ EV. Belum lagi, mulai tahun depan Hyundai berencana meluncurkan sekitar 3 varian baru dari Hyundai IONIQ. Kebutuhan baterai tentu bakal semakin besar.

>>> Dalam 2 Tahun, Penjualan Hyundai Kona EV Tembus 100 Ribu Unit

Foto menunjukkan Hyundai Kona Electric mencatatkan rekor terbaru

Hyundai Kona EV sukses mencapai rekor 1.026 Km dalam sekali pengisian daya penuh

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jelang Launching, Sosok Hyundai i20 N 2021 Bocor Lewat Teaser

07/10/2020

Mobil baru

3 menit

Jelang peluncurannya, Hyundai membocorkan hot-hatcback i20 N lewat teaser rendering 3D. Bagaimana tampilan dan detail bakal rival kuat Ford Fiesta ST ini?

Lihat juga

Cintamobil TV: Road Test Hyundai Ioniq, Efisien dan Menyenangkan

06/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mobil listrik termurah di Indonesia ini, berikut impresi kami ketika melakukan road test 3 hari bersama Hyundai Ioniq.

Lihat juga

Sudah Pernah Lihat Mobil Pertama Hyundai? Begini Nih Tampangnya

04/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil pertama Hyundai lahir perdana pada tahun 1975. Kalau sekarang desain-desain Hyundai futuristik, seperti apa ya wujud mobil perdananya yang lahir 1975?

Lihat juga

Hyundai Garap Mobil Transformers, Bisa Jalan Juga

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bukan mobil terbang, pabrikan asal Korea Selatan Hyundai diketahui tengah menggarap mobil Transformers. Mobil ini pun disebut-sebut bisa jalan layaknya robot.

Lihat juga

Hyundai Pamerkan Amunisi Terbarunya, Elantra N TCR

29/09/2020

Mobil baru

3 menit

Sudah memiliki line-up sangar seperti i30 N dan Veloster N, Hyundai menambah amunisi mobil Touringnya dengan Elantra N TCR, yang siap debut tahun 2022.

Lihat juga