Baru Saja Meluncur Di Thailand, Yuk Simak Sejarah Toyota Hilux

04/06/2020

Pasar mobil

7 menit

Share this post:
Baru Saja Meluncur Di Thailand, Yuk Simak Sejarah Toyota Hilux
Toyota Hilux memang baru saja meluncur di Thailand dengan nama Hilux Revo, namun tentunya tidak ada salahnya jika kita menyimak sejarah Toyota Hilux...

Sebuah Paradigma baru mengubah arah pengembangan kendaraan pick-up Toyota. Dahulu di Indonesia Kijang jenis pick up (yang satu basis dengan model penumpang) sempat merajai kendaraan komersial. Namun setelah generasi Innova Kijang Pick Up ini dipensiunkan. Sejak generasi Toyota Kijang Innova, kendaraan legendaris ini memfokuskan diri pada model MPV. Sementara predikat kendaraan pengangkut barang dikembalikan pada Toyota Hilux di medio 2006. Itulah sepenggal sejarah Toyota Hilux di Indonesia.

Foto Toyota Hilux 2.5 V AT 2015

Mobil ini begitu bersejarah sehingga kami buatkan serial sejarah Toyota Hilux

Sejarah Toyota Hilux Di Indonesia

Sebenarnya Toyota Hilux sendiri bukanlah wajah baru. Mobil ini pernah mengisi line-up PT Toyota Astra Motor (TAM) pada kurun waktu tahun 1977 hingga tahun 1979. Well, bisa dikatakan Toyota Hilux ini memang sempat menjadi salah satu varian andalan yang ikut serta dalam menopang jalannya kehidupan ekonomi negara tercinta kita ini.

Gambar menunjukkan Toyoda G1 truck model

Toyota G1 Truck adalah suksesor Toyota Hilux

>>> Toyota Fortuner dan Toyota Hilux Facelift Resmi Meluncur di Thailand

Kalau dirunut sejarahnya, Hilux memang diciptakan oleh Toyota sebagai compact pick-up truck yang ditujukan untuk mobilitas perdagangan. Hilux generasi pertama terlahir di tahun 1965 dengan ilham yang diambil dari Toyota G1 truck. Toyota G1 truck adalah truk ringan buatan Toyota yang dibuat sekitar tahun 1935. Indonesia sendiri baru mendapatkan Hilux generasi kedua yang secara resmi berubah bentuk pada 1972.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux generasi kedua 1972

Sejarah Toyota Hilux di Tanah Air dimulai dari generasi kedua ini

Namun sayangnya kisah Hilux berkiprah di Tanah Air hanya berjalan dua tahun. Karena kemudian PT TAM lebih fokus kepada Toyota Kijang berkonsep Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) yang membuat Toyota tidak lagi memasarkan Hilux di Indonesia sejak 1979. Long story short, akhirnya sejarah Toyota Hilux di Indonesia baru muncul 27 tahun kemudian atau di tahun 2006.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Gazoo Racing Dakar Rally 2019

Kemenangan di reli dakar dua tahun lalu mengukir tinta emas sejarah Toyota Hilux di dunia

Rasanya tak perlu rasanya berbusa-busa menceritakan ketangguhan pikap Toyota satu ini. Anda penggemar acara Top Gear tentu hapal bagaimana Jeremy Clarkson mati-matian mencoba mematikan satu unit Hilux, sampai menjatuhkannya dari gedung dan membakarnya. Namun tidak berhasil. Atau bagaimana ekspedisi ke Arktik pada 2007, juga prestasinya di arena balap gila Reli Dakar. Yang berhasil memberikan gelar juara umum dua tahun lalu.

Toyota Hilux Comeback Tahun 2006 Di Pasar Mobil Indonesia

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Single Cabin

Kehadirannya di tahun 2006 seakan merestart ulang sejarah Toyota Hilux di Indonesia

Toyota Hilux akhirnya kembali hadir di pasar mobil Indonesia pada 2006. Tepatnya ketika Toyota melakukan perubahan konsep besar-besaran model Kijang dari berbasis niaga menjadi mobil keluarga murni. Proyek International Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV) pun dicetuskan, proyek ambisius ini melahirkan tiga bersaudara berbeda segmen: Kijang Innova untuk MPV, Fortuner SUV dan Hilux di segmen pikap.

Foto mesin 1TR-FE Toyota

Mesin yang digunakan Hilux 2006 berkode 1TR-FE persis Toyota Kijang Innova bensin

>>> Modifikasi Toyota Hilux, Pick Up Monster Bermesin S63 AMG

Muncul sebagai bagian dari proyek IMV, penampilan Toyota Hilux jauh lebih modern dan berkarakter. Model yang ditawarkan saat diluncurkan adalah model single-cab. Sebagai penghasil tenaga digunakan unit bensin 2.000 cc VVT-i bertenaga 136 dk EURO2 yang serupa dengan Toyota Kijang Innova bensin. Transmisi manual 5-speed dipasang guna meneruskan daya ke sistem penggerak 4x4. Varian yang masuk saat itu masih bersifat spot order atau sesuai pesanan.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Single Cab 2006

Meski baru berupa spot order sejarah Toyota Hilux di Tanah Air kembali mulai terukir

Berselang satu tahun kemudian, secara resmi PT TAM memasarkan Toyota Hilux. Bedanya, kali ini hanya terdapat penggerak 4x2. Mesin yang digunakan pun masih menggunakan unit serupa sebelumnya yakni 1TR-FE. Toyota Hilux hadir dalam dua model. Pertama adalah model single-cab. Kedua adalah model cab & chassis, pada model terakhir dimaksudkan supaya pemilik bisa mengubah peruntukan bagian belakang kabin tunggal.

Model Dual Cabin Mulai Melantai Di Indonesia Tahun 2008

Gambar menunjukkan Toyota Hilux 2006

Model dual cabin mulai muncul di tahun 2008

Tahun 2008 line-up Hilux terus berkembang. Terjadinya pengembangan fungsi dari mobil barang ke lifestyle ala perkotaan membuat Hilux double-cabin masuk ke pasar. Hanya tersedia satu pilihan tipe, yaitu E. Berbekal mesin diesel 1KD-FTV 3.000 cc 4-silinder intercooler plus aplikasi teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) mampu menghilangkan gejala turbo lag.

Gambar menunjukkan mesin 1KD-FTV D4D

Hilux jadi model dengan mesin diesel tercanggih di Tanah Air saat itu

Tak ayal, berbekal mesin tersebut, Hilux mampu menghasilkan tenaga puncak mencapai 163 dk dan torsi 345 Nm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur keempat roda melalui transmisi manual 5 speed. Karena punya mode 4x4 maka via transfer case mekanikal yang terletak di depan tuas transmisi, Anda dapat memilih mode mana yang diinginkan, mau mode 2H, 4H atau 4L dapat digunakan saat dibutuhkan.

Gambar menunjukkan interior Toyota Hilux G 2006

Interior tipe G sedikit lebih mewah dari tipe E

Memasuki tahun 2009 Toyota Hilux kabin ganda tipe G diluncurkan. Fitur yang dimiliki tentunya lebih lengkap dari tipe E. Diantaranya foglamp depan dan imbuhan beberapa panel krom. Di dalam, bangku dan pintu berlapis kulit sintetis. Dasbor diberi sentuhan panel krom. Dual airbags turut disematkan mendampingi rem ABS. MID serupa Fortuner diletakkan di atas head unit. Sistem penggerak serupa tipe E.

Menjadi Cikal Bakal Toyota Fortuner Dengan Mesin VNT

Gambar menunjukkan Toyota Hilux 2.5 V AT 2011

Penjualan yang baik membuat catatan sejarah Toyota Hilux kian baik

Tahun 2011 keluarga IMV kembali menggeliat. Selain lebih segar, rupa yang diperlihatkan membuatnya semakin stylish dan mewah. Revisi bentuk juga terdeteksi pada corak kabin lebih mewah. Ketangguhannya sebagai moda pengangkut barang diperkuat dengan tampilan up to date dan fresh. Pada tahun ini terdapat beberapa ubahan major pada sektor powertrain.

Foto Toyota Fortuner 2.5 G 4x4 2014

Mesin berteknologi VNT akhirnya digunakan Fortuner dua tahun kemudian

Perubahan besar ada di mesin varian Double Cabin. Unit 2KD-FTV 2.500 cc menggantikan unit lama. Penggunaan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler membuat tenaga jauh lebih baik dari versi yang digunakan Fortuner dan Innova. Tenaga mencapai 136 dk dengan torsi 345 Nm. Transmisi manual 5-speed tetap dipakai beserta penggerak 4x4 tangguh. Sementara itu, tipe Single Cabin pada line-up baru dibekali mesin diesel 2KD-FTV turbo common-rail yang menawarkan efisiensi lebih.

>>> Ingin beli Toyota Hilux bekas? Simak di sini pilihannya, beragam dan menarik

Tahun 2015 Toyota Hilux Generasi Kedelapan Masuk Indonesia

Foto Toyota Hilux 2.5 V AT 2015

Tampilan ganteng ada di Hilux generasi kedelapan ini

Memasuki tahun 2015 All New Toyota Hilux meluncur di pasar mobil Indonesia, tampilannya kini lebih tampan dengan desain headlamp serta bumper depan lebih besar dan grille model baru. Coakan di kap mesin yang berfungsi mengalirkan udara segar ke intercooler membuatnya terlihat kian macho. Saat itu Hilux hadir di Tanah Air dengan tiga model, yakni pick up, extra cabin, dan dual cabin.

Foto tampilan belakang Toyota Hilux 2.5 V AT 2015

Bukan hanya tampan, tampilannya pun kian mewah

Mesin yang digunakan juga masih sama dengan generasi sebelumnya yakni bensin dan diesel non VNT untuk model pick up, dan diesel VNT untuk model extra cabin dan dual cabin. Berbekal mesin bertenaga dan tampilan tangguh, enggak salah rasanya kalau Hiroki Nakajima, selaku Officer Toyota Motor Corporation yang juga menjadi Chief Engineer Hilux generasi kedelapan ini mengatakan jika Hilux ini hadir dengan membawa fokus ke daya tahan dan ketangguhan.

2017 Hilux Kembali Ganti Mesin

Foto mesin 2GD-FTV Toyota

Jantung pacu 2KD digantikan 2GD yang lebih ringkas namun bertenaga

Tahun 2017 Hilux mendapat sedikit revisi pada jantung pacu yang digunakan, mesin 2KD lawas digantikan mesin 2GD-FTV serupa dengan Toyota Fortuner dan Innova Reborn saat itu. Meski kapasitas silinder totalnya menciut 100 cc dari mesin 2KD, namun tenaganya meningkat 8 dk dari mesin lama, begitu juga dengan torsinya yang naik 57 Nm. Jadi diatas kertas, meskipun mesin baru ini kapasitasnya lebih kecil namun mampu menyemburkan tenaga dan torsi lebih besar.

Foto tombol power mode Toyota Hilux 2.4 V AT 2017

Hilux kini punya tiga mode berkendara

Mesin diesel berkode 2GD-FTV ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk pada kitiran mesin 3400 rpm serta torsi 400 Nm di rentang putaran mesin 1600 hingga 2000 rpm. Tak hanya makin perkasa saat berakselerasi, mesin ini juga terbukti hemat, hasil pengetesan Cintamobil.com saat melaju konstan di tol dengan kecepatan rata-rata 81 km/jam hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk 15,8 km. Macet di jalan dalam kota di kecepatan 18 km/jam menenggak 1 liter solar “subsidi” untuk 11,4 km. Kami sengaja tes dengan solar busuk karena pada hakikatnya mobil dual cabin di daerah pertambangan menenggak solar subsidi.

Model Xtra Cabin Menghilang Tahun 2019

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Xtra Cabin 2015

Permintaan yang sedikit menbuat model Xtra cabin ditiadakan

Memasuki tahun 2019 Toyota Hilux kembali mendapat penyempurnaan varian, PT TAM menyampaikan jika permintaan atas Toyota Hilux Xtra Cabin agak kurang peminat, maka mereka menggantikan dengan versi Single Cabin Diesel 4x4 yang dibekali mesin 2GD. Padahal Toyota Hilux Xtra Cabin memberikan tampilan lebih unik dan juga ruangan ekstra dibelakang kursi penumpang depan dan pengemudi.

Gambar Toyota Hilux 4x4 Single Cabin Diesel

Hilux 4x4 pick up diesel ini bersaing ketat dengan Triton di kelas yang sama

Nah, pada tahun 2020 ini, tepatnya bulan Juni ini Toyota Motor Thailand mengeluarkan model facelift dari Toyota Hilux. Setidaknya terdapat empat model yang hadir di negeri Gajah Putih itu, mulai dari yang paling murah Toyota Hilux Revo Standard Cab atau disebut juga B-Cab, lalu ada Hilux Revo Z Edition, disusul Hilux Revo Prerunner, dan terakhir Hilux Revo Rocco sebagai model termahal. Masing-masing model ini dibedakan dari aksesoris, desain eksterior, dan ukuran kabinnya.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Facelift Single Cabin 2020

Sejarah Toyota Hilux pun berlanjut ke model penyegaran ini

Hingga artikel sejarah Toyota Hilux ini disusun oleh tim Cintamobil, belum jelas kapan Toyota Hilux facelift ini masuk ke Indonesia, jadi begitulah ulasan kami soal sejarah Toyota Hilux di pasar mobil Tanah Air. Ya, kita do'akan saja agar Toyota Hilux model terbaru segera masuk ke Indonesia dan meramaikan pasar kendaraan dual cabin dan 4x4 di sini.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top