Baru Diluncurkan, Toyota Raize Hybrid dan Facelift Makin Santer Muncul

27/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Meski baru diluncurkan pada tahun 2021, rumor mengenai facelift dan perilisan Toyota Raize Hybrid semakin santer terdengar. Seperti apa spesifikasinya?

Toyota Raize diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019 dan diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2021. Melihat animo yang tinggi terhadap sang SUV, pabrikan asal Jepang ini langsung merencanakan facelift dan memperkenalkan varian terbaru.

Kabar yang beredar adalah varian tersebut merupakan versi hybrid dari Toyota Raize. Beberapa media di Jepang pun sudah kencang memberitakan mengenai hal ini. Rumornya, mobil itu akan diluncurkan pada November 2021.

Facelift Pada Eksterior dan Interior

Sampai saat berita ini ditulis, belum ada bocoran foto mengenai perubahan-perubahan yang terjadi pada Toyota Raize dan saudaranya, Daihatsu Rocky. Namun, salah satu sumber dari Jepang menyebut akan ada facelift minor terhadap eksterior dan interior.

>>> Orang Kaya Mulai Beralih Beli Mobil Mewah Bekas, Kenapa Ya?

Gambar Interior Toyota Raize

Akan ada penambahan fitur pada interior Toyota Raize, apakah itu?

Revisinya memang tidak signifikan tapi cukup untuk dinilai menjadi sebuah model facelift. Cintamobil.com memprediksi akan ada sedikit perubahan pada bagian bumper depan dan belakang serta desain velg yang digunakan. Untuk interior, kemungkinan hanya akan ada penambahan pada beberapa fitur

Terlepas dari facelift minor tersebut, berita yang jauh lebih menarik adalah pengembangan Toyota Raize Hybrid yang tentunya menjadi kabar segar bagi peminat Raize di Indonesia yang menginginkan mesin lebih efisien.

Pakai Sistem Hybrid Daihatsu?

Toyota sendiri sudah memiliki sistem hybrid yang dipatenkan bertajuk Hybrid Synergy Drive. Namun, menurut sumber yang sama Toyota Raize Hybrid akan menggunakan sistem e-Smart Hybrid yang kemungkinan besar merupakan buatan dan paten Daihatsu.

>>> Wadaw! Ada Toyota Avanza Terbalik di Depan Rumah Makan Padang

Gambar Mesin Corolla Cross

Kemungkinan sistem ini bekerja seperti hybrid Corolla Cross

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti mengenai spesifikasi sistem hybrid Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kemungkinan besar sistem hybrid ini akan mengawinkan mesin 1.000 cc 3-silinder tanpa turbocharger yang dikawinkan dengan baterai dan motor listrik.

Namun, mengingat ongkos pengembangan mesin baru yang cukup besar, bisa jadi mereka memilih mesin 1.000 cc turbocharged mereka. e-Smart Hybrid kemungkinan akan bekerja seperti sistem hybrid pada Toyota Prius atau Corolla Cross Hybrid yang tidak membutuhkan pengisian daya melalui charger.

>>> Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top