Baru Diluncurkan, Nissan Livina Sudah Menggoda Pasar Mobil Bekas

22/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Baru Diluncurkan, Nissan Livina Sudah Menggoda Pasar Mobil Bekas
Baru diluncurkan beberapa hari All New Nissan Livina sudah menggoda pasar mobil bekas. Berbagai prediksi dibicarakan pebisnis mobil bekas terkait peluang Nissan Livina rasa Xpander ini menjadi mobil bekas suatu haru nanti. Kira-kira ini jadi pertanda baik atau buruk ya?

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) begitu bergairah dengan resmi diluncurkannya model terbaru All New Nissan Livina. Sebagai pengganti Nissan Grand Livina dengan platform Mitsubishi Xpander, NMI berhadap bisa mengikuti jejak kesuksesan Xpander. Belum ada target angka dicanangkan, namun target sukses tentu saja sangat realistis mengingat Mitsubishi Xpander yang dijadikan panutan telah meraih sukses.

Foto Nissan Livina tampak dari samping depan

Semua yang ada pada All New Nissan Livina adalah baru

Semua yang ada pada All New Nissan Livina adalah baru. Nissan bahkan menolak kalau Livina dikatakan sebagai Xpander 'rebadge' meski faktanya sangat mirip, Livina adalah Nissan yang memiliki perbedaan dibanding dengan Xpander. Nissan Livina lebih kalem dan dinamis dengan garis fender yang melengkung mengikuti lengkung ban. Bagian mukanya yang V-Motion khas Nissan juga berbeda dengan Dynamic Shield-nya Mitsubishi Xpander.

By the way, terlepas klaim dan komentar apapun tentang Nissan Livina, yang jelas low MPV yang satu ini mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan. Termasuk para pelaku bisnis mobil bekas juga menyambut baik kehadiran Livina rasa Xpander ini. Menurut Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih momen kehadiran Nissan Livina saat ini bisa dibilang cukup terlambat. Meski demikian, Livina punya potensi besar menjadi pesaing berat Mitsubishi Xpander di pasar mobil bekas.

"Kalau mau dilihat dari momen sebenarnya Nissan ini sangat telat sekali, mungkin kalau di pasar mobil baru sedikit kehilangan momen karena tertinggal cukup jauh. Secara potensi, kalau sudah ada sekennya, Livina bisa jadi rival buat Xpander sendiri, karena desain 11-12 tapi harga pasti akan bersaing," tutur Herjanto seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/2/2019).

>>> Dapatkan berita terbaru pasar mobil hanya di sini

Untuk soal harga Livina bekas ini nanti, Herjanto belum bisa memperkirakan. Hanya saja jika melihat dari beberapa fitur Xpander yang ditiadakan pada Nissan Livina seperti cruise control dan transmisi CVT (continuously variable transmission) harga Nissan Livina bekas kemungkinan bakal berada di bawah harga Xpander bekas dan Mobilio bekas yang sudah CVT juga. "Susah diprediksi, tapi kalau lihat spek mungkin bisa di bawah Xpander, atau Mobilio yang sudah CVT. Tapi itu kan relatif tergantung kondisi juga dan selera konsumen. Mungkin kalau masih pakai CVT harga bekasnya bisa menarik," kata Herjanto.

Foto Misubishi Xpander di dealer mobil bekas

Tidak butuh waktu lama buat Mitsubishi Xpander bekas untuk berpindah tangan

Saat ini mobil bekas Mitsubishi Xpander memang tengah jadi buruan. Seperti tidak ada lawan yang setara, calon pembeli Xpander bekas kebanyakan enggan jika harus beralih ke model lain seperti Avanza atau Xenia. Hal ini membuat Xpander bekas punya harga lebih tinggi dibanding yang lain. Perputaran Xpander di pasar mobkas juga sangat cepat. Tidak butuh waktu lama begitu unit tersedia biasanya bakal langsung laku. "Kalau sudah ada bekasnya bisa bikin pasar mobil bekas banyak pilihan. Sekarang ini orang banyak buru Xpander seken, tapi kalau sudah ada Livina mungkin akan bergeser atau ada persaingan juga. Seperti dulu saat Avanza dengan Mobilio saja," tutur Ridwan pemilik showroom mobkas Cemerlang, di Jakarta Timur.

Sekedar tambahan All New Nissan Livina sepertinya memang lebih menggoda ketimbang Nissan Grand Livina karena desainnya yang lebih kekinian, kabin yang lebih lapang serta ground clearance yang lebih tinggi dan tak mudah ceper. Soal fitur cruise control yang dihilangkan agar tidak menambah beban harga diyakini tidak akan banyak berpengaruh. Low MPV lain juga lebih banyak yang tidak punya cruise control sebab fitur ini tidak terlalu berguna untuk konsumen di daerah yang kontur jalanannya berbeda dengan di kota-kota besar yang rata, lebar dan panjang.

>>> Baca di sini Perbedaan Detail Antara All New Nissan Livina 2019 dan Mitsubishi Xpander 2019

Simak ulasan All New Nissan Livina dari tim Cintamobil TV berikut:

>>> Simak artikel otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Menakar Potensi Nissan Livina Jadi Duet Serasi Mitsubishi Xpander

15/02/2019

Pasar mobil

Meski belum resmi diluncurkan, Nissan Livina sudah digadang jadi pasangan duet serasi Mitsubishi Xpander dalam menggoyang dominasi Toyota Avanza - Daihatsu Xenia. Mungkinkah itu terjadi dan seberapa besar potensinya?

Lihat juga

Nissan, Tak Laris di Indonesia Tapi Booming di Mancanegara

04/02/2019

Pasar mobil

7 menit

Tidak laris berjualan di Indonesia bukan berarti Nissan juga tak laris di mancanegara. Nissan justru mencatatkan penjualan paling tinggi dibanding rekan satu aliansi, Renault dan Mitsubishi di ranah global. Seberapa besar penjualan Nissan di dunia?

Lihat juga

Keren, Livery Design Mitsubishi XPANDER Terpampang di Pesawat Garuda Indonesia

20/02/2019

Pasar mobil

Sukses menjadi mobil operasional awak pesawat Garuda Indonesia, Mitsubishi XPANDER kini benar-benar terbang mengangkasa. Livery design Mitsubishi XPANDER resmi terpasang pada badan pesawat Garuda Indonesia berjenis Boeing 737-800 NG sebagaimana nama dan logo Garuda Indonesia terpasang pada bodi Mitsubishi Xpander yang jadi operasional awak pesawat.

Lihat juga

Review All New Nissan Livina VL 2019

19/02/2019

Editor rate:

Akhirnya yang ditunggu datang juga, karena sejak tahun 2007 Nissan Livina dan Nissan Grand Livina nyaris tidak pernah berganti model. Hari ini (19/2) All New Nissan Livina2019 resmi diluncurkan ke publik. Bagaimana pendapat kami mengenai All New Nissan Livina 2019? Jika mobil ini hanya sekadar Mitsubishi Xpander ganti baju, siapkah melawan Toyota Avanza?

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Nissan Livina terbaru Oktober Di Indonesia

01/10/2020

Nissan

Kehadiran Nissan Livina yang kini satu basis dengan Mitsubishi Xpander memang sudah menjadi desas-desus yang ramai diperbincangkan publik. Hal ini semakin diperkuat saat Low MPV Nissan ini saat diluncurkan secara resmi pada Februari 2019. Kira-kira apa yang membuat Nissan Livina 2019 lebih menarik, dan berapakah harga Nissan Livina ini?

Lihat juga
 
back to top