Baru Daihatsu yang Berhasil Produksi 7 Juta Unit Mobil di Indonesia

27/08/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Ada sejumlah pabrikan yang melakukan aktivitas produksi mobil di Indonesia. Namun yang angkanya sudah mencapai 7 juta unit di Indonesia baru ada Daihatsu.

Produksi mobil Daihatsu yang dilakukan di Indonesia mungkin tak perlu diragukan lagi. Melahirkan mobil sejak tahun 1978 di Tanah Air, 43 tahun setelahnya PT Astra Daihatsu Motor sukses melahirkan 7 juta unit mobil untuk kebutuhan dalam negeri sekalipun ekspor.

Di samping itu, mobil yang diproduksi di pabrik Daihatsu tak melulu mengusung emblem 'Daihatsu', melainkan ada juga Toyota, dan Mazda. 

Mazda Bongo

Mazda Bongo yang lahir dari pabrik Daihatsu ini diekspor ke Jepang

>>> Daihatsu Lahirkan 7 Juta Mobil 'Made in Indonesia', Apa Saja Modelnya?

Produksi Mobil di Pabrik Daihatsu Terbesar di Indonesia

Pencapaian itu tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi Daihatsu. Bahkan pencapaian produksi hingga 7 juta unit itu diklaim Daihatsu sebagai yang pertama sekaligus terbesar di Indonesia. Di Indonesia, Daihatsu memang tak sendirian, melainkan ada sejumlah pabrikan yang melakukan aktivitas produksi mobil seperti PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, DFSK, Wuling Motors, Suzuki, Honda, dan sejumlah merek lain. 

"Kami dengan bangga mengumumkan yang pertama di Indonesia bisa mencapai produksi ke 7 juta unit. Tapi sebelumnya izinkan saya menunjkan hasil produksi adm di domestik dalam 5 tahun terakhir rata-rata 40% dari pasar mobil Indonesia, ini di luar ekspor ya," ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam sesi workshop Wartawan Industri 2021 secara virtual, Jumat (27/8/2021). 

Torehan produksi 7 juta unit dari Daihatsu tentu sudah melalui perjalanan panjang. ADM memulai produksi mobil secara utuh pada tahun 1978, dan mencapai produksi ke-1 juta unit dalam waktu 27 tahun, yakni pada 2005. 

Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai dalam waktu lebih singkat, yakni 5 tahun setelahnya pada 2010. Menyusul produksi ke-3 juta unit, tercapai pada tahun 2013 hanya dalam selang waktu 3 tahun. Produksi ke-4 juta dan 5 juta unit, pada tahun 2015 dan 2017, hanya membutuhkan waktu 2 tahun. Produksi ke-6 juta unit pada tahun 2019, dicapai kurang dari 2 tahun, dan pada Juli 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19, ADM berhasil mencapai produksinya yang ke-7 juta unit.

Produksi Daihatsu

Midget atau lebih dikenal Bemo menjadi 'pembuka' jalan Daihatsu di Indonesia

>>> Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2L Tembus 19 Kilometer Per Liter!

Dirikan Pusat Riset dan Pengembangan di Indonesia

Amelia lebih lanjut menjelaskan kontribusi PT ADM terhadap industri otomotif Indonesia cukup besar. Dengan kapasitas produksi mencapai 530.000 unit mobil per tahun, 40% dari total produksi di Indonesia dilakukan di pabrik Daihatsu. 

Pabrik Daihatsu

Kapasitas produksi mobil di pabrik Daihatsu diklaim yang terbesar di Indonesia

Selain memiliki dua pabrik berkapasitas total 530.000 unit, Daihatsu juga telah mendirikan pusat riset dan pengembangan terbesar di Tanah Air. 

"Tidak lepas dari pemegang saham kami DMC prinsipal kami, untuk memberikan alih teknologi sehingga, putra putri bangsa Indonesia memiliki kemampuan rancang bangun yang profesional, kami juga memiliki test course untuk 23 jenis jalan di Indonesia," jelas Amelia. 

"Jadi sebelum diluncurkan di Indonesia, mobil-mobil keluaran PT ADM sudah mendapatkan test untukm seluruh kondisi jalan di Indonesia," pungkas Amelia. 

>>> Komparasi Daihatsu Terios vs Honda BR-V, Siapa Lebih Value for Money? 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top