Bantu Lawan Corona, Pabrik FCA Mulai Produksi Masker

26/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Bantu Lawan Corona, Pabrik FCA Mulai Produksi Masker
Salah satu tantangan terbesar di tengah pandemi Covid-19 ini adalah menipisnya stok alat medis. Alhasil, banyak pabrik yang mulai memproduksi perlengkapan tersebut, salah satunya Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Cepatnya penyebaran virus Corona dalam skala global selama satu bulan terakhir membuat stok perlengkapan medis seperti masker dan alkohol menipis. Untuk mengatasi kelangkaan, pabrikan mobil mulai aktif terlibat dalam penumpasan wabah Covid-19, salah satunya FCA yang menyiapkan sumber daya untuk memproduksi masker bagi responden pertama.

>>> Gara-gara Corona, BYD sulap fasilitasnya jadi pabrik masker

Setelah Ventilator, lanjut masker wajah

Hari ini, FCA mengumumkan rencana untuk memproduksi satu juta masker per bulan, yang mana akan disumbangkan ke responden pertama seperti Emergency Medical Technician, Polisi, Pemadam Kebakaran, klinik, dan Rumah Sakit di kawasan Amerika, Kanada, dan Meksiko.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Fiat Chrysler saat ini menyiapkan pabrik pembuat masker di fasilitasnya, namun rilis perusahaan tidak menyebutkan secara rinci di mana pabrik masker FCA. Timeframe pembuatan dan pengiriman masker juga tak dijabarkan, meski detail lebih lanjut akan diumumkan dalam waktu dekat.

Pabrik perakitan mobil milik Fiat Chrysler Automobiles

Sebelum masker, pabrik FCA sudah lebih dulu merakit ventilator

Meski pengumuman seolah menekankan fokus di kawasan Amerika Utara, Fiat mengatakan pabrik masker FCA adalah langkah pertama untuk menumpas pandemi COVID-19 secara global.

“Melindungi responder pertama dan para pekerja medis tidak pernah lebih penting dari ini sebelumnya. Sebagai tambahan yang kami beri untuk peningkatan produksi ventilator, kami mengumpulkan kontak kami dari industri kesehatan dan sangat jelas bahwa ada kebutuhan mendesak dan kritis untuk masker wajah,” ujar CEO FCA, Mike Manley.

>>> Selalu update kabar terbaru seputar pasar mobil di sini

“Kami telah mengerahkan sumber daya FCA Group untuk segera fokus pada pemasangan alat pembuat masker, dan mendukung mereka yang paling membutuhkan di garis depan pandemi ini.”

Ikuti Jejak BYD

FCA bukanlah yang pertama mengubah pabrik mobil jadi pabrik masker, karena BYD sudah menyulap salah satu fasilitasnya jadi pabrik perakitan mesin pembuat masker dan hand sanitizer. Saat pabrik masker FCA sudah mulai beroperasi, distribusi akan diawali kawasan kritis di Amerika Utara yang ditentukan melalui koordinasi dengan pihak kota, regional, dan negara.

Masker buatan produsen mobil listrik BYD

FCA tak sendirian, BYD juga sudah menerapkan langkah serupa di Cina

FCA mengatakan distribusi akan berlangsung di Amerika Utara, namun belum dipastikan apakah masker wajah buatan pabrik masker FCA itu akan tersebar secara global.

Menurut perhitungan secara global, sampai tanggal 24 Maret kemarin jumlah penderita virus Corona telah mencapai 423.621 secara global, dengan Italia dan Amerika Serikat jadi negara dengan kasus aktif tertinggi saat ini. Kemarin, tercatat dua pegawai FCA juga terjangkit virus Covid-19.

>>> Berita otomotif terlengkap, tips & trik terbaru, dan pilihan kendaraan berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top