Bakal Punya Varian 1.2L, Toyota Raize Tak Pinjam Mesin Agya-Calya

02/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Toyota Raize dipastikan bakal memiliki mesin 1.2L pada semester kedua tahun 2021. Tapi mesin itu dikembangkan baru dan tak meminjam dari LCGC Agya maupun Calya.

Toyota Raize dipastikan bakal memiliki varian mesin 1.2L pada semester dua. Saat ini, Raize hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin yakni 1.0L turbo. Tapi jangan salah, mesin 1.2L yang bakal tersemat pada Raize itu dikembangkan baru bukan sekadar mengambil dari Agya maupun Calya. 

Seperti diketahui, baik Agya maupun Calya memang memiliki varian 1.2L. Keduanya pun menggendong mesin berbeda. Untuk Agya mengusung mesin tipe 1.2L NR. Sementara Calya menggunakan mesin berkode 3NR. Kedua mesin itu dipastikan tidak akan digunakan pada Raize. 

Gambar menunjukkan Mesin 3NR-VE Toyota New Calya 1.2 G 2019

Mesin pada Calya ini tak akan digunakan pada Raize

>>> Dipakai Daihatsu Rocky, Platform DNGA Bisa Bikin Harga Mobil Terjangkau

Mesin 1.2L Toyota Raize Berbeda dengan Agya-Calya

Sebagai awalan, Toyota memilih fokus untuk terhadap mesin 1.0L turbo ketimbang 1.2L pada Raize. Bukan tanpa alasan, Toyota memprediksi mobil yang bakal menggaet kaum milenial ini akan lebih laris dengan mesin 1.0L turbonya itu. Nantinya varian 1.2L Toyota Raize bakal dijual lebih murah ketimbang versi 1.0L turbo. 

"Saya rasa ada perbedaan ya, karena ini product yang totally new ya. Platformnya juga sama sekali baru jadi saya rasa good opportunity untuk meluncurkan enginenya pun dengan engine yang baru. Jadi mungkin sudah pernah dijelaskan platform dari mobil ini berbeda ya antara yang ini (Raize) dengan LCGC model," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam sesi konferensi pers belum lama ini. 

Toyota Raize

Raize dipastikan menggunakan mesin 1.2L versi baru

Toyota Raize memang diketahui mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang juga digunakan oleh saudara kembarnya Rocky. Platform ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan. 

>>> Harga Beda Tipis, Raize Bakal Senggol Rush?

Keunggulan Platform DNGA pada Toyota Raize

Dipakai Daihatsu Rocky, Platform DNGA Bisa Bikin Harga Mobil Terjangkau

Platform DNGA yang diusung Raize dan juga Rocky

Sekadar informasi, platform DNGA pertama kali dikenalkan pada tahun 2017. Platform DNGA memiliki konsep  (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetilnya, mulai pada ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien.

Platform ini diklaim menghasilkan performa mesin lebih halus dan juga maksimal. Di samping itu keunggulan lainnya adalah memberikan kenyamanan dalam berkendara, tingkat kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan, desain yang stylish dan modern, serta memiliki harga yang terjangkau.

Di samping itu, platform DNGA juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya. Ini akan mempermudah kelahiran model-model baru ke depannya.

>>> Indonesia Jadi Negara Kedua Setelah Jepang yang Cicipi Raize

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top