Ini Dia Taksi Tanpa Sopir Pertama di Dunia dari Baidu

04/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Sebagai persiapan untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Baidu akhirnya meresmikan peluncuran layanan taksi tanpa sopir untuk masyarakat umum di China.

Sebagai persiapan untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan diselenggarakan tahun depan, raksasa kecerdasan buatan Baidu akhirnya meresmikan layanan Robotaxi atau taksi tanpa sopir di Taman Shougang, China. Dilansir dari Cision PR Newswire, layanan ini siap mengangkut pengunjung yang menghadiri setiap pertandingan dari kompetisi dunia empat tahunan tersebut.

Pertama di dunia

Guidehouse, raksasa konsultasi global, menyebutkan Baidu sebagai vendor pengemudian otonom teratas dibandingkan pabrikan lainnya. Hingga saat ini, AI milik Baidu telah mematenkan 2.900 teknologi untuk pengemudian cerdas.

taksi tanpa sopir Baidu berwarna putih
Pengembangan Robotaxi sudah dilakukan sejak 8 tahun

>>> Wuling Almaz RS Bukan Mobil Otonom, Nyetir Tetap Butuh Bantuan Sopir

Hingga pada awal Mei ini, Baidu merilis secara resmi layanan taksi tanpa sopir di China. Layanan Apollo Go Robotaxi ini merupakan layanan kendaraan otonom berbayar pertama di dunia. Di mana pengguna bisa naik taksi tanpa campur tangan pengemudi di belakang setir.

"Memperkenalkan layanan tak berawak adalah keadaan yang sangat diperlukan untuk komersialisasi mengemudi otonom," kata Wakil Presiden dan Manajer Umum Teknologi Mengemudi Otonom Baidu, Yunpeng Wang dalam keterangan resminya.
“Hari ini, kami membuka layanan robotaxi tanpa pengemudi di Beijing untuk umum, yang kami capai hanya setelah melakukan tes tanpa pengemudi yang tak terhitung jumlahnya di banyak kota dalam jangka waktu yang lama.”

>>> IIMS 2021: Prestige Mau Bawa Taksi Terbang Ehang 216 ke Indonesia

Pemesanan dan perjalanan otomatis

Berbeda dibandingkan taksi pada umumnya, pelanggan bisa memesan taksi yang ada di sekitar mereka hanya dengan menggunakan aplikasi Apollo Go, seperti layaknya pemesanan ojek online di Indonesia. Jika pelanggan tak bisa menemukan mobil yang mereka pesan, pemesan bisa membunyikan klakson taksi tersebut dari jarak jauh untuk mendeteksi mobilnya.

aplikasi Apollo Go dari baidu untuk membuka pintu
Penumpang bisa membuka pintu menggunakan kode QR

Nah, pelanggan bisa menggunakan serangkaian kode QR yang terdapat pada smartphone dan taksi tersebut untuk verifikasi identitas, termasuk mencegah penularan COVID-19 di masa pandemi. Setelah masuk, penumpang cukup menekan tombol “Start the journey” untuk memulai perjalanan. Mobil akan otomatis melaju setelah memastikan pintu tertutup rapat dan sabuk pengaman penumpang sudah terpasang.

Baidu memang sudah lama dilaporkan mengembangkan kecerdasan buatan untuk kendaraan otonom. Beberapa media melaporkan bahwa Baidu telah berinvestasi dalam pengendaraan otonom selama hampir delapan tahun. Sehingga teknologi ini dianggap aman untuk penumpang dan bisa digunakan oleh masyarakat umum. 

>>> Dapatkan mobil baru terbaik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top