Baidu Berencana Bangun Mobil Listrik Bersama Geely

09/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Raksasa mesin pencari internet Baidu berencana membangun mobil listrik berteknologi otonom bekerja sama dengan produsen mobil China Geely.

Penyedia mesin pencari internet asal China Baidu berencana membentuk perusahaan untuk membangun mobil listrik pintar bekerja sama dengan Geely. Nantinya mobil listrik dari kedua perusahaan akan dirakit di pabrik Geely.

>>> Mobil  Listrik Murah Tesla Muncul September 2021, Seharga LCGC?

Baidu Ingin Masuki Pasar Otomotif

Baidu akan mengambil saham mayoritas dan hak suara mutlak di perusahaan baru tersebut. Usaha patungan ini juga akan mengubah beberapa fasilitas manufaktur mobil Geely dengan masukan perangkat lunak dalam mobil dari Baidu dan pengetahuan teknik dari Geely.

Gambar menunjukan platfom Mobil listrik

Sustainable Experience Architecture

Menurut penulursan Reuters Baidu sedang dalam pembicaraan untuk menggunakan platform yang berfokus pada mobil listrik Geely, Sustainable Experience Architecture (SEA), untuk pengembangan produk di masa depan, kata salah satu sumber yang menolak untuk diidentifikasi karena rencananya bersifat pribadi. Baidu akan mengembangkan teknologi penggerak otonom dan infrastruktur konektivitas internet dan Geely yang telah diatur untuk merakitnya juga menolak mengomentari kabar ini.

>>> 7 Rekomendasi Rental Mobil Bandung Terbaik Termurah

Bukan yang Pertama

Ini bukan pertama kalinya Baidu mengisyaratkan keinginannya masuki industri otomotif. Pada tahun 2018 silam, Baidu telah menandatangani perjanjian dengan Volvo milik Geely untuk mengembangkan mobil listrik berteknologi otonom untuk pasar China, dengan rencananya untuk mengumpulkan sumber daya dan mempersiapkan produksi massal EV tanpa pengemudi.

Baidu bukan satu-satunya pemain teknologi yang ingin masuki industri otomotif. Perusahaan teknologi saingannya Alibaba telah membentuk usaha patungan EV dengan produsen mobil terbesar di China, SAIC Motor Corp, dan penyedia layanan mobilitas Didi Chuxing juga melakukan hal yang sama dengan pembuat mobil BYD.

Gambar menunjukan Baidu dan Volvo

Baidu dan Volvo

“Dengan Baidu, kami mengambil langkah besar ke depan dalam mengkomersialkan mobil kompatibel otonom kami, yang dibangun di atas teknologi keselamatan terdepan di industri Volvo,” kata presiden dan kepala eksekutif Volvo, Håkan Samuelsson dalam kerjasamanya dengan Baidu.

"Ada perkembangan yang kuat dalam penggerak otonom di China, di mana Baidu adalah pemain terkemuka, dan pasar di sana menawarkan peluang besar bagi kami sebagai pemasok pilihan untuk armada otonom." tutupnya.

Menarik untuk menunggu bagaimana hasil prototipe hingga produksi dari rencana kedua perusahaan asal China ini. Namun bisakah keduanya bersaing secara global? Kita lihat saja.

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top