Bagaimana Nasib Mobil Toyota yang Bakal Meluncur di Indonesia?

06/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bagaimana Nasib Mobil Toyota yang Bakal Meluncur di Indonesia?
Toyota telah menyiapkan sejumlah amunisi untuk pasar otomotif Indonesia. Namun bagaimana ya nasib mobil-mobil baru Toyota yang akan diluncurkan di Indonesia?

Sejumlah pameran otomotif di Indonesia harus tertunda lantaran belum meredanya penyebaran virus corona. Indonesia International Motor Show (IIMS) yang direncanakan digelar pada April harus ditunda pelaksanannya. Tak cuma itu, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di beberapa daerah juga diundur. Padahal biasanya para pabrikan memanfaatkan ajang tersebut untuk meluncurkan mobil barunya. 

Hal itu membuat peluncuran mobil baru ikut tertunda. Atau bahkan ada beberapa produsen mobil yang mengalihkan kegiatan peluncuran lewat online. 

Peluncuran Mobil Ikut Tertunda

Peluncuran Toyota Agya

Agya diluncurkan secara virtual

>>> Begini Cara Produsen Mobil Berjualan Pasca Pandemi Covid-19 di China

PT Toyota Astra Motor (TAM) pun mengamini hal tersebut. Sederet mobil Toyota yang antre bakal diluncurkan di Indonesia ikut tertunda karenanya. 

"Kami nggak menutup segala kemungkinan ya, karena seperti yang saya jelaskan tadi, ini adalah the new normal, nggak cuma Indonesia, seluruh negara, kami komunikasi dengan teman-teman Toyota di negara lain juga, kita harus berpikir ulang cara berkomunikasi, berbisnis, dan launching mobil," sebut Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam bincang virtual, Selasa (5/5/2020).

Diakui Anton, pihaknya sudah mulai mengalihkan beberapa kegiatannya melalui virtual demi mengakali kondisi pandemi ini. Mengambil contoh saat Toyota meluncurkan Agya April lalu. LCGC kembaran Daihatsu Ayla itu meluncur secara virtual melalui sebuah video di Youtube. 

>>> Mau Beli Mercedes-Benz tapi Budget Cuma Rp 30 Jutaan? Ini Pilihannya

Peluncuran secara virtual itu juga merupakan pertama kalinya bagi Toyota di Indonesia. 

"Jadi ke depannya, launching mobil itu kan bagian dari strategi, strategi itu bisa kami sesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini, baik kondisi ekonomi maupun kondisi Covid ya, itu menjadi pertimbangan kami. Nggak usah khwatir, kami tetap menjalankan dan mempersiapkan produk-produk baru ke depannya," jelas Anton. 

Layanan Home Service Meningkat

Bukan hanya peluncuran mobil. Sebisa mungkin segala aktivitas dari Toyota mulai beralih menggunakan sistem online dan bisa dilakukan dari rumah. 

Produksi mobil Sienta

Kegiatan produksi mobil di pabrik Toyota ikut terganggu

>>> Kreatif Banget! Remaja Vietnam Bikin Supercar dari Kardus Bermodalkan Rp1.5 Juta

"Di Toyota akhirya semua jalan digital kita terutilize dengan baik kami juga maksimalkan komunikasi dengan konsumen kita saya pikir suatu hal pembelajaran hal yang baru," kata Anton.  

"Yang kedua mobile sevice yang dulunya udah ada sekarang semakin banyak. saya kasih contoh di jakarta kalo kita bandingkan sebelum psbb dan setelah PSBB itu jumlah demand dari mobile service meningkat 2 kali lipat," pungkas Anton. 

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk membaca ulasan menarik dari produk Toyota lainnya

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Penjualan Mobil di Jepang pada April 2020 Terburuk Dalam 9 Tahun

04/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Serangan virus Corona (COVID-19) membuat penjualan mobil di Jepang mencapai titik terendah. Dilaporkan penjualan bulan April 2020 adalah yang terburuk dalam 9 tahun terakhir.

Lihat juga

Penjualan Mobil di India Bulan April Nihil, yang Laku Malah Traktor

04/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Lockdown yang terjadi di India berdampak besar pada industri otomotif. April lalu, India mencatatkan tanpa penjualan untuk mobil penumpang, pertama sepanjang sejarah.

Lihat juga

Mengintip Penjualan Mobil Mewah di Indonesia di Tengah Pandemi Corona

30/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia disebut-sebut telah mengalami penurunan imbas penyebaran corona. Namun apakah penjualan mobil mewah juga ikut terkena dampaknya?

Lihat juga

Review Daihatsu All New Terios R MT 2018

07/08/2018

Editor rate:

Animo penikmat mobil bertransmisi manual di Indonesia bisa dikatakan masih tinggi. Bahkan bisa dikatakan untuk mobil di segmen MPV maupun SUV yang dibanderol di bawah Rp250 jutaan sudah pasti menyediakan opsi transmisi manual, yang bisa menjadi pilihan mobil baru bagi masyarakat yang teguh pada prinsip ‘real men use three pedals’.

Lihat juga

Review Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2016, Varian Termurah Dari Daihatsu Sigra

28/07/2018

Editor rate:

Bersamaan dengan Toyota Calya, Daihatsu memperkenalkan Daihatsu Sigra yang akan bersaing dalam ketatnya persaingan MPV. Bahkan mobil ini menganut konsep LCGC sehingga lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Review Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2016 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga
 
back to top