Bagaimana Nasib Mobil-mobil Suzuki di RI karena India Lockdown?

26/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagaimana Nasib Mobil-mobil Suzuki di RI karena India Lockdown?
Pemerintah India telah mengeluarkan kebijakan Lockdown. Hal ini juga berimbas ke pabrikan otomotif seperti Suzuki. Apa dampaknya bagi Suzuki di Indonesia?

Penyebaran virus Corona yang terus meluas tak hanya terjadi di Indonesia saja. Beberapa negara pun mengalami hal yang sama. Sejumlah imbauan pun dikeluarkan pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus Corona. Tapi itu saja tak cukup, banyak negara yang justru memilih opsi Lockdown agar penyebaran virus Corona perlahan-lahan bisa ditekan. 

Kebijakan Lockdown ini rupanya juga diambil oleh India. Negara dengan penduduk sebanyak 1,3 miliar orang itu akan memberlakukan Lockdown hingga 21 hari mendatang. Banyak pihak yang bakal menjadi 'korban' dari kebijakan Lockdown ini, tak terkecuali pabrikan otomotif. 

>>> Dealer Mobil Ikut Tutup karena Malaysia Lockdown

Suzuki Tutup Pabrik di India

Seperti diketahui, banyak merek otomotif yang membangun pabriknya di India termasuk Suzuki. Di India, Suzuki merupakan pabrikan terbesar. Suzuki sendiri telah menutup dua pabriknya di India yang berlokasi di Haryana dan Rohtak akibat adanya kebijakan Lockdown ini.

Mobil-mobil yang dilahirkan di pabrik Suzuki di India akan dikirim ke beberapa negara termasuk Indonesia. Setidaknya ada tiga model mobil Suzuki yang masih diimpor dari India ke Indonesia, yaitu Ignis, SX4 S-Cross, dan Baleno. 

Suzuki Ignis statusnya CBU

Suzuki masih mengimpor Ignis dari India

>>> Sambut XL7, Daihatsu Akan Hadirkan Terios Special Edition

Dengan adanya kebijakan Lockdown, mungkin saja impor dari Suzuki ikutan terganggu lantaran India mengunci dirinya dari segala akses keluar dan masuk. Dengan begitu bagi konsumen Indonesia yang ingin meminang ketiga model tersebut bisa jadi harus menunggu lebih lama lagi hingga akhirnya mobil bisa terparkir di garasi rumah Anda. 

Tapi rupanya kebijakan Lockdown yang dikeluarkan pemerintah India mulai hari ini hingga 21 hari ke depan belum banyak memberi pengaruh terhadap impor Suzuki ke Indonesia. 

"So far untuk posisi stock kami yang di supply dari negara tersebut masih aman," ujar Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel ketika dikonfirmasi Cintamobil.com, Kamis (26/3/2020). 

Suzuki Baleno hatchback 2020

Suzuki Baleno juga diboyong dari India tak berimbas adanya kebijakan Lockdown

>>> Review Suzuki XL7 2020: Bukan Sekadar Ertiga Ganti Muka

Suzuki Fokus Genjot Penjualan Mobil yang Diproduksi di Indonesia

Harold menegaskan, saat ini pihaknya masih fokus untuk menggenjot penjualan mobil-mobil Suzuki yang diproduksi di Tanah Air seperti Ertiga dan juga XL7. 

"Fokus kami masih di penjualan produk-produk yang diproduksi di Indonesia," tegas Harold. 

Suzuki memang kini mengandalkan dua mobil jagoannya itu untuk bertarung di pasar otomotif Indonesia. Ertiga disiapkan untuk berhadapan dengan Low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Honda Mobilio, dan Nissan Livina. 

Suzuki Ertiga diproduksi di pabrik Cikarang

Suzuki Ertiga diproduksi bareng XL7 di Indonesia

Sedangkan XL7, merupakan Low SUV yang baru dirilis Suzuki pada Februari 2020. Mobil ini bakal bertarung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V, hingga Mitsubishi Xpander Cross. 

>>> Berita otomotif terlengkap, tips & trik terbaru, dan pilihan kendaraan berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top