Bagaimana Jadinya Jika Citroen DS Hadir Sebagai Sedan Modern?

16/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Bagaimana Jadinya Jika Citroen DS Hadir Sebagai Sedan Modern?
Masih ingat Citroen DS? Salah satu sedan mewah tahun 1960-an yang sangat ikonik itu dihidupkan lagi sebagai sedan modern lewat karya yang dibuat desainer otomotif asal Korea Selatan.

Diproduksi antara tahun 1955 sampai 1975 dengan model body sedan, wagon, serta convertible. Citroen DS adalah poster boy mobil mewah Prancis pada saat itu, dan masih dianggap sebagai mobil paling unik yang pernah diproduksi sampai saat ini.

Citroen DS milik salah satu kolektor di Indonesia

DS juga menjadi salah satu mobil yang menarik untuk dikoleksi

Didesain oleh Flaminio Bertone dan insinyur penerbangan Perancis André LeFebvre, DS mengkombinasikan sistem penggerak roda depan dan suspensi hydropneumatic yang menawarkan kenyamanan di segala medan, termasuk di jalanan berlubang sekalipun.

Kemampuannya suspensi yang sangat canggih di masanya juga sudah teruji sebagai mobil kamera di pacuan kuda, atau bahkan balap reli di mana Citroen DS merajai Rely Monte Carlo tahun 1959 dan 1966.

>>> Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM

Perpaduan desain ikonik dan teknologi modern

Citroen DS memadukan aerodinamika dan gaya menghasilkan desain eksterior yang awet muda, dan masih dianggap relevan saat ini. Tapi, kebayang ga jika sedan ikonik ini dibuat versi modern-nya?

Desainer otomotif asal Korea Selatan, Sang Won Lee, yang lebih dikenal dengan sangtheowl di Instagram membuat gambaran bagaimana Citroen DS jika dibuat versi modern, dan hasilnya sangat menakjubkan.

Tampilan depan rendering modern Citroen DS

Tampilan belakang rendering Citroen DS versi modern

Tampilan DS versi modern yang dibuat Sang Won Lee

Terlihat dari gambar di atas, karya Sang Won Lee memadukan desain khas DS dengan beberapa sentuhan modern seperti lampu depan dan belakang yang sudah LED, desain velg yang lebih modern. 

Perpaduan ciri khas asli Citroen DS sembari menambahkan desain khas mobil modern membuat desain buatan Sang Won Lee terlihat menarik. Tapi, apakah Citroen akan kembali menghidupkan line-up legendarisnya?

Warisan Citroen DS

Well, sepertinya tidak. Namun, Citroen tetap menjaga warisan sedan legendarisnya dengan DS Automobiles yang didirikan tahun 2009 sebagai merek premium dari Citroen. Salah satu model yang paling terkenal di sini adalah DS3, yang merupakan model premium dari Citroen C3 yang laku keras di Eropa.

DS Automobiles DS9

DS9 adalah suksesor spiritual DS saat ini

Sementara itu, DS9 yang baru diperkenalkan tahun ini untuk pasar Eropa dan Cina dianggap sebagai suksesor spiritual DS, dan jelas akan sangat menarik jika sedan legendaris satu ini kembali dihidupkan dengan tampilan ala rendering di atas. Bagaimana menurut para pecinta mobil?

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top