Awasi Pelanggar Lalu Lintas, Polisi Pasang Kamera di Seragam, Mobil, dan Drone

22/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Pelanggar lalu lintas di Ibu Kota kian diawasi. Kali ini lebih canggih lagi, pasalnya polisi memasang kamera di seragam, helm, dashboard, hingga drone.

Pihak kepolisian terus berinovasi guna mengurangi angka pelanggaran lalu lintas. Diketahui saat ini sejumlah wilayah telah menerapkan tilang elektronik dengan pengawasan berupa kamera CCTV di sejumlah titik. 

Pengawasan terhadap pelanggar lalu lintas kian diperketat. Kali ini, Polda Metro Jaya merilis E-TLE Mobile yang merupakan perangkat kamera pengawas bergerak.

>>> Kenali Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

Pelanggar Lalu Lintas Kian Diawasi

kamera tilang

Kalau diperhatikan di bodycamp juga terdapat kamera

Nantinya kamera ini akan merekam bukti pelanggar lalu lintas di jalanan Ibu Kota. Adapun kamera bakal tersemat di seragam, dashboard mobil, dan juga drone milik Dirlantas Polda Metro Jaya. 

“Yang ETLE mobile akan kami tempatkan pada kendaraan-kendaraan patroli yang rawan pelanggaran lalu lintas, namun di situ belum ada ETLE statis. Terdiri dari helmet cam, body cam, dash cam, dan drone cam,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021) dikutip laman NTMC Polri. 

Sejauh ini, Dirlantas telah memiliki 30 unit dash cam dan helmet cam. Alat-alat ini memiliki waktu merekam selama 4 jam non-stop. Sementara untuk body cam, sejau ini baru tersedia 10 unit.

Bagi Sambodo, keberadaan kamera yang melekat pada kendaraan hingga seragam petugas ini akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di lapangan.

“Jadi kalau dia bisa menemukan pelanggaran, dia tinggal pasang dan nyala. Jadi apa pun yang terjadi di depan dia, terekam. Bahkan teknologi terbaru apa yang terekam di body cam ini bisa terpantau di TMC,” ujar Sambodo.

Selain kamera bergerak, Polda Metro tetap mengandalkan ETLE statis yang terpasang di sejumlah ruas jalan Jakarta. Di tahun ini, mereka menargetkan memiliki 150 ETLE di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Di tahun 2021 rencananya ada 41 kamera tambahan. 

Tilang Elektronik di Banten Mulai Berlaku April 2021

ETLE Mobile diharapkan dapat mendukung tempat yang tak dilengkapi kamera CCTV

>>> Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

Tak Perlu Debat dengan Pelanggar Lalu Lintas

Pihaknya juga telah mengajukan 60 kamera tambahan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bila nantinya disetujui maka akan ada 150 kamera ETLE di seluruh Indonesia dan 30 ETLE Mobile di Ibu Kota pada akhir 2021. Sejauh ini, sudah ada 16 kamera yang sudah dipasang di jalur arteri, dan 10 kamera yang berada di koridor TransJakarta.

“Jadi kalau semakin banyak, tidak perlu lagi kejadian seperti anggota berantem berdebat dengan jalur Busway, silakan aja. Tahu-tahu, tiba-tiba tilangnya sudah dapat dikirimkan. Di jalan tol ada 7 titik,” ungkapnya.

Untuk jenis ETLE statis, Polda Metro telah mengoperasikan 4 jenis kamera, yakni speed cam, check point cam, weight in motion, dan e-police.

“Speed cam dan weigh in motion adalah teknologi terbaru di mana sekarang kita sudah bisa menindak terhadap pelanggaran jasa penindakan. Dan juga sedang dicoba untuk menindak kendaraan yang overload dan over dimention. Yang ini dipasang di jalan tol,” jelas dia.

>>> Selain Jakarta Kamera Tilang Elektronik Juga Bakal Ada di Depok dan Bekasi

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top